Kegiatan jual beli saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang mana saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual beli melalui perangkat gadget yang mereka miliki, yang sering dikenal sebagai online shopping. Tak terkecuali dalam pembelian suku cadang atau spare parts secara online, bisnis Astraotoshop merupakan terobosan terbaru yang saat ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait pembelian suku cadang secara online.

Bagaimana penjelasan bisnis Astraotoshop dan cara memulai bisnis tersebut? Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap dalam artikel ini.  

Apa itu Bisnis Astraotoshop?

Bisnis Astraotoshop merupakan bisnis yang menjual berbagai macam suku cadang atau spare parts kendaraan baik mobil maupun motor, yang langsung diluncurkan oleh Astra Otoparts sebagai upaya mempermudah dan pemberian fasilitas terbaik untuk konsumennya.

Tujuan daripada dihadirkannya Astraotoshop ini merupakan langkah untuk terus mengikuti perkembangan jaman, yang saat ini serba digital. Bisnis ini dinaungi langsung oleh PT Ardendi Jaya Sentosa, yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Otoparts (AOP) yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi suku cadang kendaraan di Indonesia.

Cara Memulai Bisnis Astraotoshop

Sebetulnya, dalam memulai bisnis Astraotoshop ini tidak begitu sulit dan cukup terbilang mudah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan mengunjungi langsung website resmi di astraotoshop.com
  2. Setelah laman tersebut terbuka, selanjutnya jika sebelumnya Anda tidak pernah memiliki akun Astraotoshop, Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu
  3. Lakukan pengisian identitas sesuai dengan keterangan asli identitas Anda
  4. Jika sebelumnya Anda pernah membuat akun di Astraotoshop, maka Anda hanya cukup login dengan akun Anda
  5. Setelah akun Anda terverifikasi dan aktif maka Anda dapat langsung menuju halaman www.astraotoshop.com/spare-parts
  6. Anda dapat melakukan pembelian suku cadang sesuai dengan kebutuhan Anda
  7. Anda juga dipermudah dengan adanya fitur filter yang telah disediakan oleh pihak Astraotoshop
  8. Setelah Anda melakukan semua pembelian, langkah terakhir dengan melakukan check out pada suku cadang yang sudah Anda pilih

Dengan demikian, Anda sudah dapat memulai bisnis Astraotoshop tersebut, dan dapat melakukan penjualan kembali kepada konsumen lainnya.  

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Astraotoshop

Walaupun membuka bisnis Astraotoshop terbilang cukup mudah dan cepat, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskan membuka bisnis Astraotoshop, yaitu:

1. Pelajari jenis produk

Tentunya dalam memulai bisnis tentu setiap calon pebisnis harus mempelajari produk yang akan diperjualbelikannya, walaupun produk Astra telah banyak dikenal oleh masyarakat akan tetapi kita sebagai penjual harus paham keunggulan dan kelemahan setiap produk yang akan kita jual belikan.

2. Mempelajari syarat dan ketentuan pembelian di Astraotoshop

Selanjutnya Anda perlu mempelajari syarat dan ketentuan terkait pembelian yang dilakukan di Astraotoshop, hal ini tentu sangat penting mengingat Anda akan menjadi distributor dari suku cadang Astraotoshop.

3. Pikirkan Promosi

Setiap melakukan bisnis kegiatan pemasaran atau promosi merupakan hal penting yang harus dilakukan, sehingga Anda pikirkan jenis promosi apa yang akan Anda lakukan ketika semua barang sudah berada di tangan Anda, dan akan diperjualbelikan kepada konsumen lain.

Kelemahan Dalam bisnis Astraotoshop

Kelemahan ketika Anda menjalani bisnis Astraotoshop yaitu produk yang akan Anda dapatkan hanya produk genuine dari PT Astra, dan Anda tidak dapat membeli produk dengan brand lain. Sehingga Anda akan mengikuti perkembangan produk yang diproduksi oleh PT Astra tersebut.

Kelebihan Dalam Bisnis Astraotoshop

Untuk segi kelebihan dalam menjalani bisnis Astraotoshop yaitu:

  1. Astraotoshop memiliki fitur unggulan;
  2. Produk tersedia lengkap;
  3. Spare parts merupakan produk original dari Astra;
  4. Harga dapat bersaing;
  5. Metode pembayaran mudah; dan
  6. Layanan informasi lengkap

Aspek Hukum yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Astraotoshop

Perlu diketahui bahwa dari segi hukum, apabila Anda membuka bisnis Astraotoshop, maka bisnis tersebut merupakan salah satu bentuk perjanjian waralaba. Perjanjian waralaba di Indonesia mempunyai aturannya tersendiri. Waralaba diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007.

Menurut Peraturan Pemerintah ini, waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Pemberi dan penerima waralaba akan memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Pemberi waralaba, atau dalam hal ini PT. Astra Otoshop, memiliki kewajiban untuk memberikan prospektus penawaran waralaba dan memberikan pelatihan dan bimbingan operasional kepada penerima waralaba. Sedangkan, penerima waralaba berkewajiban membayar biaya waralaba kepada pemberi waralaba.

Perjanjian Yang Diperlukan Dalam Bisnis Astraotoshop

Isi perjanjian waralaba diatur dalam PP Nomor 42 Tahun 2007. Menurut Pasal 5, perjanjian waralaba mengatur setidak-tidaknya tentang hal-hal berikut ini:

  1. Nama dan alamat para pihak;
  2. Jenis HKI;
  3. Kegiatan usaha
  4. Hak dan kewajiban para pihak
  5. bantuan , fasilitas, bimbingan operasional, pelatihan dan pemasaran yang diberikan Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba;
  6. Wilayah Usaha
  7. Jangka waktu perjanjian
  8. Tata cara pembayaran imbalan
  9. Kepemilikan, perubahan kepemilikan dan hak ahli waris
  10. Penyelesaian sengketa
  11. Tata cara perpanjangan, pengakhiran dan pemutusan perjanjian.

Baca juga: Apakah Perlu Memiliki Izin Usaha Makanan Non Halal?

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis,  dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.