Syarat mendirikan media online resmi dan berbadan hukum seperti sebuah situs ataupun aplikasi. Media online atau siber merupakan platform digital yang berisikan konten, baik berupa foto, video, maupun sebuah artikel.

Cara kerja dari media siber ini adalah menyebarkan berbagai berita, promosi, dan lainnya dengan publikasi menggunakan internet. Jangkauan pemirsa juga lebih luas dibandingkan dengan sarana offline.

Sebagai media siber baik milik perusahaan atau lembaga yang melakukan kegiatan jurnalistik atau pengiklanan tentu harus berbadan hukum. Hal itu digunakan sebagai bentuk tanggung jawab dari konten yang dibuat.

Internet yang luas seringkali memberikan informasi tidak sesuai dengan kenyataan. Maka dari itu, Anda sebagai pengguna perlu melihat dari mana sumber bacaan, foto, ataupun video yang beredar.

Biaya dan Syarat Mendirikan Media Online

Indonesia merupakan negara hukum dengan sistem demokrasi yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu poin penting di dalamnya adalah jaminan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, pikiran, dan pendapatnya.

Anda sebagai masyarakat Indonesia diberi jaminan kemerdekaan tersebut baik yang diserukan dengan lisan maupun tulisan. Maka dari itu, banyak website bertebaran dan berisi informasi, promosi, ataupun sebagai wadah menuangkan pikiran masyarakat.

Semua situs, sosial media, aplikasi yang digunakan oleh perusahaan atau lembaga resmi harus terdaftar secara legal. Maka dari itu, Anda perlu memahami cara mendirikan perusahaan digital agency dan mematuhi persyaratannya.

Biaya tersebut memang terlihat besar namun, apabila Anda sudah mendapatkan pemasukan hasilnya akan jauh lebih banyak dari modal. Berikut ini syarat mengurus izin pendirian usaha online.

1. Modal Cukup

Sebuah perusahaan yang akan mengurus sebuah perizinan membutuhkan modal sekurang-kurangnya 50 juta rupiah. Dalam kasus lain ditemukan nominal berbeda dengan ketentuan dari peraturan dewan pers.

2. Dokumen Persyaratan

Syarat kedua merupakan faktor diterima atau tidaknya perusahaan untuk mendapatkan izin pendirian usaha fotografi, digital agency, atau lainnya. Dokumen tersebut berupa fotokopi KTP dan NPWP.

3. Perusahaan Jelas

Walaupun berada di dunia maya, sebuah situs perusahaan maupun lembaga harus memiliki alamat yang bisa dipertanggung jawabkan. Alamat tersebut harus tertera di situs, atau aplikasi milik perusahaan.

Persyaratan terakhir adalah melengkapinya dengan legal formal. Pada aspek ini akan membuat para pengunjung dan pembaca merasa yakin terkait konten yang dimuat dalam situs tersebut.

Mendirikan Media Online di Zaman Modern

Penggunaan sebuah media siber tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, hal itu tergantung dari sikap Anda sebagai pengguna yang harus bisa menyikapinya dengan bijaksana.

Di zaman modern seperti ini yang semuanya sudah menggunakan internet tentu akan lebih mudah jika melakukan kegiatan secara online. Walaupun harus melengkapi syarat mendirikan media online demi mendapatkan legalitas.

Penyebaran informasi sangat cepat dan bisa menjangkau dari Sabang sampai Merauke. Ini merupakan salah satu ciri serta kelebihan media online yang paling mencolok apabila dibandingkan dengan cara konvensional.

Penggunaan internet lainnya adalah bisa melakukan interaksi dengan banyak audiens. Kegiatan ini bisa menarik lebih banyak pemirsa, apalagi jika Anda manfaatkan untuk menjual barang atau jasa.

Selain itu, informasi yang diberitakan bisa diperbarui secara terus menerus. Pembaruan informasi dilakukan secara berkala, ini biasa digunakan oleh banyak situs bisnis untuk memberitahukan produk baru yang tersedia.

Para pengguna diberikan kebebasan dalam memilih konten apa yang ingin dibaca atau ditonton. Hal ini tentu berbeda dengan media konvensional dimana penggunanya hanya bisa membaca apa yang ada saja.

Namun, informasi atau berita di media online tidak semuanya benar karena perusahaan hanya berfokus terhadap pembaruan agar situs tetap naik. Pengguna internet harus pandai memilih bacaan atau tontonannya.

Selain itu, pengguna harus selalu memiliki koneksi internet untuk mendapatkan pembaruan informasi. Masalahnya, tidak semua masyarakat Indonesia memiliki jaringan internet stabil di daerah sekitar tempat tinggalnya.

Kekurangan lainnya yakni berupa penggunaan perangkat seluler secara berlebihan akan mengakibatkan masalah pada mata. Sedangkan untuk menerima informasi, berita, promosi, dan lainnya melalui media online membutuhkan perangkat seluler.

Internet semakin maju tiap harinya, sehingga memudahkan aktivitas manusia, contohnya adalah promosi dengan media sosial. Menyiapkan situs atau aplikasi untuk perusahaan tentu harus melengkapi syarat mendirikan media online terlebih dahulu.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman.