Sebelum menjadi seorang fotografer, Anda wajib tahu apa saja yang dibutuhkan untuk izin pendirian usaha fotografi. Sebab, izin tersebut yang akan digunakan sebagai syarat legalnya sebuah bisnis.

Legalitas sebuah bisnis juga akan menjadi pertimbangan klien untuk memakai jasa yang Anda berikan. Surat izin bisa menunjukkan bahwa usaha tersebut tidaklah fiktif, sehingga memberikan dampak baik kepada pemiliknya.

Momen bahagia bersama keluarga, teman, ataupun pasangan perlu untuk diabadikan agar bisa dikenang pada masa yang akan datang. Cara terbaik untuk mengabadikannya adalah dengan menggunakan media foto atau video.

Namun, beberapa momen tidak bisa diabadikan sendiri sehingga membutuhkan bantuan penyedia jasa fotografi. Misalnya saja momen wisuda, pernikahan, maternity, dan lainnya demi mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.

Peluang Usaha Jasa di Bidang Fotografi

Seiring berkembangnya tren fotografi di beberapa kalangan masyarakat Indonesia, peluang bisnis ini sangat terbuka lebar. Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus melihat peluang dan mengetahui izin pendirian usaha fotografi.

Peluang bisnis fotografi sendiri tidak lepas dari kemajuan teknologi . Misalnya saja sosial media yang digunakan untuk saling pamer hasil foto atau video, sehingga bisa membuka peluang bisnis.

Tidak ada salahnya mencoba jenis bisnis ini, karena memiliki jangkauan cukup luas. Berikut di bawah ini adalah beberapa peluang dalam dunia fotografi yang menguntungkan dan perlu Anda ketahui.

  1. Pernikahan

Pernikahan merupakan momen bahagia yang perlu diabadikan secara sempurna. Untuk mewujudkannya tentu Anda membutuhkan jasa wedding photography professional di mana akan memberikan pelayanan mulai dari prewedding sampai hari H.

Dengan memanfaatkan jasa fotografi ini Anda akan mendapatkan hasil maksimal. Keuntungan lain juga akan didapatkan adalah dokumentasi berupa foto dalam bentuk album dan video shooting.

  1. Produk

Banyak digunakan para pemilik usaha untuk mengambil gambar sebuah produk, dilakukan dengan tujuan memberikan detail kepada calon pembeli. Foto sebuah produk sendiri bisa mempengaruhi calon pembeli untuk membelinya.

Setelah menerima klien dengan permintaan foto produk ini, Anda bisa mengembangkannya dengan memberi layanan tambahan seperti membantu pemasaran. Anda perlu mempelajari cara mendirikan perusahaan digital agency.

  1. Maternity

Maternity sendiri saat ini sedang banyak dilakukan oleh para artis Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendokumentasikan masa kehamilan dengan mengabadikan perubahan bentuk tubuh saat hamil.

Usia kandungan yang tepat untuk melakukan foto maternity sekitar 7-8 bulan kehamilan. Pada waktu tersebut, bagian perut memiliki bentuk dan kondisi paling baik untuk dilakukan pemotretan.

Panduan Mengurus Izin Pendirian Usaha Fotografi

Melihat peluang yang sangat besar di bidang fotografi, saat ini banyak sekali bermunculan usaha tersebut baik bentuk perorangan atau perusahaan. Namun, tidak semua usaha tersebut memiliki izin.

Surat izin bisnis sebenarnya harus dimiliki sebagai bentuk tanggung jawab dari berdirinya bisnis tersebut. Banyak orang tidak mendaftarkan bisnisnya karena berpikir prosesnya akan ribet dan memakan waktu lama.

Padahal, untuk proses pendaftaran sampai penerbitan surat izin tersebut hanya membutuhkan waktu 6 hari kerja. Anda perlu menyiapkan berbagai persyaratan dokumen persyaratan sebelum mengajukan permohonan izin pendirian usaha fotografi.

Dokumen syarat mendirikan media online yang dibutuhkan berupa pas foto dan ktp dari pemilik bisnis, surat keterangan domisili, neraca perusahaan, materai, dan NPWP. Jangan lupa untuk melakukan kewajiban pajak.

Prosedur dalam mengajukan perizinan sendiri bisa dilakukan secara daring melalui website oss kementerian investasi/BKPM. Unggah dokumen tersebut, khusus NPWP dan akta pendirian perlu disahkan melalui pelayanan terpadu satu pintu.

Anda akan mendapatkan nomor induk berusaha (NIB), BPJS Ketenagakerjaan, perizinan lokasi, fasilitas fiscal, dan rencana penggunaan tenaga asing. Data tersebut otomatis tersedia dalam cloud sehingga tidak perlu repot menginputnya lagi.

Tahap terakhir dalam prosedur pengurusan izin pendirian usaha fotografi adalah melengkapi komitmen. Komitmen tersebut berupa upaya atas kelayakan lingkungan, pengelolaan, izin bangunan, serta sertifikat lainnya.

Setelah komitmen dipenuhi, secara otomatis sistem akan menerbitkan izin berdirinya bisnis tersebut. Proses yang cepat, apalagi dilakukan secara daring tentu memudahkan pemilik bisnis dalam mengurusnya.

Legalitas berkaitan dengan bentuk bisnis yang dijalankan. Untuk kelas fotografi sendiri paling banyak menggunakan jenis perusahaan perorangan, perseroan terbatas, serta persekutuan komanditer atau lebih dikenal dengan CV.Setiap pengusaha atau pemilik bisnis fotografi perlu mengurus surat izin pendirian usaha fotografi kepada lembaga pengurusnya. Anda juga bisa mempromosikannya di internet dengan mempelajari syaratnya.

Selesaikan Terkait Urusan Perizinan dengan Justika

Justika memiliki Mitra Advokat yang sudah diseleksi dengan ketat dan berpengalaman lebih dari 5 tahun dan mampu diandalkan dalam membantu bisnis Anda terkait dengan legalitas sebuah usaha atau bisnis.

Dari mulai review dokumen hukum, hingga kebutuhan lain, seperti pengurusan perizinan yang terkait legalitas dalam sebuah bisnis. Semua dapat diselesaikan melalui Layanan Bisnis Justika.

Mitra Advokat Justika yang akan membantu Anda dalam mengurus perizinan memiliki pengalaman telah berhasil membantu berbagai jenis perizinan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah