Syarat Administrasi Penyelenggara Reklame yang baik seharusnya dapat dilakukan secara rapi. Karena dalam hal pemasangan tersebut, tidak boleh melakukan asal-asalan saja ketika sudah berada di dalamnya. Walaupun memiliki tujuan promosi, namun harus dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Karena pemasangan dari papan itu sendiri akan sangat menguntungkan bagi para penyelenggara tersebut. Promosi akan semakin mudah dikenal ramai oleh masyarakat luas, dan pada akhirnya mendapatkan hasil dari promosi melakukan reklame tersebut.

Prosedur secara tepat harus dilakukan agar dapat memperoleh ketersediaan khusus. Jika Anda sendiri adalah seorang penyelenggara dari papan tersebut, harus bisa memperhatikan beberapa aturan pemasangan reklame berikut ini dengan seksama, agar di kemudian hari tidak mendapatkan pelanggaran.

Papan yang terbuat dari kayu, dan kemudian dipakai dalam proses pembangunan berbagai macam konstruksi bagi penyelenggara reklame sendiri perlu diperhatikan. Perihal tersebut, beragam ketentuan dari adanya pemasangan reklame sendiri sebenarnya diberlakukan oleh beberapa pihak peraturan daerah setempat.

Persiapkan Syarat Administrasi Bagi Penyelenggara Reklame 

Sebelum melakukan pemasangan dari reklame sendiri, perlu memperhatikan beberapa persyaratan administrasi dari ketentuan yang masuk tersebut. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu akan beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam hal administrasi memasang papan.

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memfotokopi pada tata letak dari bangunan dalam pembuatan reklame tersebut. TBL dari adanya reklame dapat dipergunakan dengan pasti, ketika Anda ingin melakukan proses pemasangan dari reklame tersebut dengan baik di syarat administrasi penyelenggara reklame.
  2. Kemudian berikutnya, Anda dapat melakukan fotokopi dalam melakukan izin mendirikan bangunan apabila papan pengumuman Anda melekat pada sebuah bangunan. Perhatikan hal ini agar pemilik bangunan tidak merasa terganggu akan perbuatan Anda.
  3. Selanjutnya, ada perizinan dalam pelaksanaan teknis bangunan yang sudah dilakukan. Karena dari penanggung jawab perencana bangunan dapat diberikan dari arsitektur tempat tersebut tersedia, dan bisa dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan dari papan.
  4. Ada juga mengenai bukti kepemilikan tanah berdasarkan pada hak milik, kemudian jenis sertifikat tanah, lalu ada sertifikat bagi hak bangunan, hak pakai, dan juga mengenai hak pengelola. Semua hal tersebut harus Anda persiapkan dengan sebaik mungkin sebelum memasang papan secara baik.
  5. Surat permohonan juga perlu disiapkan, untuk mendapatkanya Anda harus memberi materai di atas permohonan peraturan izin reklame tersebut. Ketika sudah melakukan permohonan tersebut, maka nantinya akan mendapatkan pernyataan mengenai keabsahan dari data Anda.

Beberapa jenis persiapan di atas harus diperhatikan dengan teliti, sebelum melakukan pemasangan sebuah reklame sendiri. hal terpenting adalah ketika mempersiapkan segala administrasi tersebut, sesuaikan dengan segala prosedur yang sudah disediakan dengan baik.

Menyiapkan Berkas yang Penting Lainnya

Berikutnya, siapkan juga mengenai berkas yang berasal dari akta pendirian berasal dari Kantor Pusat, kemudian SK tersebut harus dikeluarkan oleh Kemenkumham. Hal tersebut jika ada PT oleh yayasan, kemudian ada kementrian atau dinas koperasi apabila terdapat sebuah koperasi, dan pengadilan negeri apabila ada CV.

Berikutnya, perlu untuk mempersiapkan oleh adanya akta perubahan SK yang dikeluarkan juga beberapa Kemenkumham. Begitu juga untuk NPWP pada badan hukum yang diadakan, apabila terdapat sebuah penguasaan cara hitung tarif pajak reklame, maka adanya surat kuasa di atas materai 6000 dan bukti KTP berdasarkan orang tersebut.

Berkas berikutnya adalah reklame pada sebuah bangunan perjanjian dari sewa menyewa sebuah tanah. Berikutnya mengenai fotokopi KTP oleh para pemilik tanah juga diperlukan pada setiap melakukan proses pemasangan dari reklame tersebut, perlu diperhatikan dengan benar.

Jika beberapa persyaratan di atas sudah Anda lakukan dengan baik, maka berikutnya perhatikan prosedur dalam melakukan pemasangan oleh reklame tersebut. Mulai diperhatikan pertama adalah dengan mendatangi dinas kantor pendapatan daerah setempat, untuk melakukan pengisian sejumlah formulir.

Jika NPWP sudah berhasil Anda dapatkan darinya, maka berikutnya melakukan pengisian surat pemberitahuan yang dilakukan pada pajak daerah. Dengan melampirkan sejumlah fotokopi oleh surat izin pada sebuah tempat usaha, (SITU) dan formulir pada pemasaran reklame oleh camat.

Berbagai hal terkait teknis di atas, sebaiknya Anda perhatikan dengan mudah dan jangan sampai terlewatkan sedikit saja. Beberapa rekomendasi oleh camat dapat Anda lakukan, jika mendapatkan perolehan beberapa syarat ketentuan di atas, dan mematuhi segala aturan dan semua syarat administrasi penyelenggara reklame di dalamnya.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.