Aturan pemasangan reklame sendiri, sangat diperlukan di zaman sekarang bagi orang-orang yang memiliki keperluan untuk memasarkan produk atau yang lainnya. Namun dalam pemasangan tersebut tentu tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, ada beberapa aturan harus diperhatikan.

Reklame sendiri merupakan sebuah papan yang terbuat dari kayu, atau calli brete, atau menggunakan vinyl yang termasuk dari seng atau bahkan dari bahan lainya. Papan tersebut dipasang pada sebuah bangunan tertentu, yang nantinya diperlukan pada penayangan reklame tersebut.

Begitu halnya dalam melakukan pemasangan dari reklame sendiri, ada aturan yang tidak memperbolehkan nya, dan juga memperbolehkannya. Jika Anda ingin melakukan pemasangan tersebut, sebaiknya memperhatikan kedua aturan tadi, agar tidak melanggar peraturan dan ketertiban.

Memasang baliho untuk meningkatkan promosi Anda tentu diperbolehkan, namun harus dengan beberapa syarat yang ada di dalamnya. Tidak hanya asal-asalan memasang saja, karena reklame sendiri ada berbagai macam jenisnya, maka harus dipahami secara tepat.

Aturan Wajib Dilakukan pada Pemasangan Reklame

Berikut ada beberapa aturan yang wajib ditaati ketika ingin memasang berbagai jenis reklame agar tepat dan sesuai dengan peraturan yang diwajibkan. Mengenai beberapa hal yang sifatnya administratif, dapat kami sampaikan pada beberapa informasi peraturan izin reklame berikut.

  1. Jika Anda ingin memasang reklame di wilayah DKI Jakarta, pasti ada beberapa ketentuan tersendiri yang harus benar ditaati. Perihal mengenai estetika, kemudian adanya keserasian bangunan juga perlu diperhatikan, serta beberapa pengkondisian lingkungan lainya.
  2. Kemudian selanjutnya, tentang peletakan dari reklame sendiri diletakkan berdasarkan pada suatu kawasan. Memperhatikan seluruh rancang bangun dari sebuah reklame juga perlu, meliputi adanya berbagai macam ukuran, kemudian konstruksi, dan juga dalam hal penyajian.
  3. Begitu halnya untuk pengetikan naskah dari reklame sendiri, sang penyelenggara harus memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Mengenai penggunaan hurufnya, maka dapat menggunakan huruf latin di dalamnya.
  4. Penggunaan dari papan nama, kemudian juga pada papan petunjuk, serta di kain rentang pada sebuah naskah reklame maka harus disertai penulisan bahasa asing di bawahnya bagian bahasa Indonesia. Penulisan tersebut dapat menggunakan huruf latin yang kecil saja.
  5. Aturan selanjutnya, dari penyelenggara harus memberikan tempelan penning, atau sejenis tanda lainnya dalam sebuah reklame tersebut. Penggunaan dari penning tersebut pastikan bahwa sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Gubernur daerah setempat.
  6. Perihal pencantuman dari nama biro atau nama penyelenggara juga wajib untuk dilakukan. Jangan lupa juga akan pencantuman dari tanggal berlakunya reklame tersebut, pastikan bahwa penulisanya sendiri sangat jelas dan mudah dipahami oleh orang lain.
  7. Memperhatikan kondisi dari lingkungan, kemudian dari adanya konsep tata ruang, nilai estetika dan konstruksi Prosedur pemasangan reklame, semua hal tersebut harus dipastikan secara tertata. Jangan sampai lalai akan beberapa peraturan yang sudah dipersiapkan di atas dengan baik.

Hal yang Dilarang Ketika Pemasangan Reklame

Jika di atas Anda sudah memperhatikan beberapa hal yang harus ditaati ketika pemasangan papan, maka ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Perhatikan beberapa hal berikut ini dengan baik, agar tidak melakukan pelanggaran terhadap pemasangan dari papan pengumuman tersebut.

Hal pertama adalah dengan memasang papan tersebut dengan memiliki nilai komersial pada beberapa tempat khusus. Tempat tersebut meliputi adanya gedung atau pada halaman kantor, kemudian gedung atau di halaman cara hitung tarif pajak reklame tempat bersekolah, tempat ibadah, atau beberapa tempat lain pasti menjadi ketetapan dari Gubernur setempat.

Selanjutnya, dilarang juga untuk menyelenggarakan beberapa papan yang berisi tentang minuman atau makanan khusus mengandung alkohol. Hal ini hanya dapat dilakukan ketika pada beberapa tempat khusus nanti diperbolehkan untuk mengkonsumsi tersebut.

Begitu halnya dalam penyelenggaraan dari papan tertentu berada di luar daerah atau wilayah khusus sebelumnya tidak pernah ditetapkan oleh Gubernur. Hal ini akan mengakibatkan penyelenggara mendapatkan sanksi, begitu pula beberapa hal yang sudah disebutkan di atas.

Memasang papan tertentu tidak sesuai berdasarkan pada tata letak dari sebuah bangunan sendiri juga akan menjadi sebuah masalah. Hal ini tentu tidak diperbolehkan adanya, juga ketika tidak sesuai pada rekomendasi dari adanya konstruksi penting disediakan sebelumnya. Sebaiknya perhatikan beberapa hal di atas agar tidak terkena sanksi pelanggaran dari aturan pemasangan reklame.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.