Apa jadinya jika sebuah organisasi tanpa AD/ART ibaratkan jika Anda berjalan ke salah satu tempat, tanpa adanya arah dan tujuannya. Dimana tujuan dan maksud dari organisasi akan dituangkan dalam AD/ART tersebut. Oleh sebab itu, kami akan membahas mengenai pentingnya AD/ART dalam organisasi.

Seperti yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya mengenai fungsi dari AD/ART untuk sebuah organisasi, saat ini Anda wajib mengetahui pula pentingnya sebuah AD/ART dalam organisasi.

Pentingnya AD/ART Dalam Organisasi

Menjalankan sebuah organisasi tidak semerta-merta hanya berjalan berdasarkan tujuan yang dibuat sesaat, dan peraturan untuk organisasi juga dibuat seadanya saja. Artinya, setiap tujuan dan peraturan organisasi harus tertuang jelas dalam AD/ART. Dengan demikian, berikut tujuan dari dibentuknya AD/ART.

1. Mengatur ketentuan berjalannya organisasi

Ketua organisasi memang tidak dapat menjalankan sebuah organisasi sendirian, maka dari itu peran lain dari anggota organisasi sangat diperlukan. Demi menjaga kestabilan dan ketentuan berjalannya organisasi maka dibutuhkan pembuatan peraturan yang dituangkan dalam AD/ART.

Fungsi AD/ART seperti yang telah kita ketahui merupakan pedoman dari sebuah organisasi, sehingga tujuan dan maksud dibentuknya organisasi tersebut akan diatur dalam AD/ART.

2. Untuk kesepakatan setiap pihak

Selanjutnya pentingnya AD/ART dalam organisasi untuk menyesuaikan kesepakatan dan keputusan bersama antara para pengurus dan anggota organisasi tersebut. Dimana dalam AD/ART akan diatur mengenai hak dan kewajiban para anggota dan juga para pengurus serta pengawas organisasi.

3. Sebagai landasan organisasi

Terakhir, AD/ART merupakan landasan bagi semua pihak untuk menjalankan organisasi tersebut, seperti yang disebutkan diatas sebuah organisasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika tidak memiliki AD/ART.

Seperti jika terdapat pengurus, pengawas atau anggota organisasi yang dalam menjalankan organisasinya tidak sejalan dengan pedoman organisasi, maka dapat diberikan sanksi sesuai yang diatur oleh organisasi.

Maka dari itu AD/ART merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi agar semua tujuannya tercapai.

Kesimpulan

Dengan demikian, AD/ART memiliki peran penting dalam sebuah organisasi. Mengingat peran AD/ART sebagai pedoman untuk menjaga ketentuan berjalannya sebuah organisasi, dan sebuah peraturan tertulis untuk seluruh anggota organisasi.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.