Jika berbicara terkait dengan perseroan terbatas dan organisasi memang tidak bisa dipisahkan dengan AD/ART, mengingat AD/ART merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh perseroan terbatas atau organisasi. Kemudian sudahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan AD/ART beserta fungsinya?

Dalam artikel ini kami akan mengulas pemahaman dasar mengenai AD/ART dan fungsinya dalam organisasi, maka dari itu simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga

Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga merupakan dokumen yang berisikan panduan untuk seluruh anggota organisasi dalam menjalankan suatu kegiatannya.

Peraturan yang tercantum dalam AD/ART berupa ketentuan mengenai keanggotaan, sanksi jika anggota melanggar, hak dan kewajiban untuk pengurus dan anggota organisasi dan mengatur hal-hal lainnya agar suatu organisasi dapat mencapai tujuannya.

Sebetulnya AD/ART ini memiliki perbedaan dan perbedaan mengenai AD/ART dapat Anda lihat dalam artikel kami yang berjudul Perbedaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

Fungsi AD/ART Dalam Organisasi

Seperti yang disebutkan diatas bahwa AD/ART memiliki peranan penting untuk sebuah organisasi bahkan perseroan terbatas, hal tersebut dikarenakan AD/ART memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. AD/ART memiliki fungsi sebagai pedoman dasar atau sebuah aturan hukum mengenai organisasi tersebut;
  2. AD/ART juga memiliki fungsi sebagai gambaran umum mengenai mekanisme kerja organisasi tersebut;
  3. AD/ART juga merupakan pedoman untuk menyusun sebuah peraturan yang sifatnya internal, dimana peraturan ini akan mengatur hal seperti manajemen organisasi, hak dan kewajiban setiap anggota dan pengurus serta hubungan antara pengurus dengan anggota;
  4. Terakhir, AD/ART juga berfungsi sebagai aturan eksternal yang mengatur perihal perjanjian atau kesepakatan dengan pihak lain diluar organisasi.

Siapa yang Berhak Membuat AD/ART?

Dalam penyusunannya AD/ART harus dibuat dan disusun oleh orang-orang yang awalnya akan mendirikan sebuah organisasi tersebut, dan isi dari AD/ART harus disepakati oleh pengurus dan anggota organisasinya.

Cara Membuat AD/ART Dalam Organisasi

Perihal cara membuat AD/ART memang tidak ada prosedurnya seperti apa, namun dalam penyusunannya tentu terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan, diantaranya:

  1. Daftar nama pendiri organisasi;
  2. Nama dan kedudukan para pendiri organisasi;
  3. Maksud dan tujuan didirikannya organisasi;
  4. Kegiatan usaha yang dijalankan oleh sebuah organisasi tersebut;
  5. Ketentuan terkait keanggotaan organisasi;
  6. Ketentuan mengenai pengurus organisasi;
  7. Ketentuan terkait pengawas organisasi;
  8. Ketentuan terkait pengelola organisasi;
  9. Ketentuan terkait rapat anggota;
  10. Ketentuan terkait permodalan organisasi;
  11. Jangka waktu berdirinya organisasi;
  12. Ketentuan tentang Sisa Hasil Usaha (SHU);
  13. Pembahasan mengenai sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh anggota organisasi;
  14. Ketentuan terkait pembubaran organisasi;
  15. Ketentuan mengenai perubahan Anggaran Dasar;
  16. Ketentuan mengenai Anggaran Rumah Tangga dan peraturan khusus lainnya.

Kesimpulan

Dengan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan AD/ART yaitu dokumen yang menjadi pedoman bagi seluruh anggota organisasi dalam menjalankan organisasinya, serta berupa aturan mengenai sanksi dan juga peraturan mengenai hak dan kewajiban.

Dilihat dari fungsinya memang benar bahwa AD/ART memiliki peranan penting atas suatu organisasi atau bahkan Perseroan Terbatas. Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat memberikan informasi tambahan untuk Anda.

Baca juga: Pentingnya Sebuah AD/ART Dalam Organisasi

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.