Mengetahui beragam jenis jenis koperasi merupakan hal penting agar Anda tidak salah dalam bergabung ke unit koperasinya. Nah, maka dari itu agar tidak salah dalam memilih jenis koperasinya simak terus artikel di bawah ini hingga selesai!

Koperasi adalah organisasi ekonomi didirikan menggunakan asas kekeluargaan. Beragam jenis badan usaha rakyat ini dapat membantu perekonomian masyarakat terutama bagi para anggotanya. Namun, tahukah Anda koperasi telah ada sejak zaman Belanda di Indonesia.

Koperasi dapat memberikan banyak manfaat khususnya bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Mendirikan badan usaha ekonomi rakyat ini harus sesuai dengan dasar hukum pendirian koperasi agar dapat sah secara hukum.

Beragam Jenis koperasi dapat dibedakan dari segi kepentingannya. Selain itu tujuan dibuatnya beragam jenis badan usaha rakyat ini tidak lain untuk membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari para anggotanya.

Jenis Jenis Koperasi yang Ada di Indonesia

Cara mendirikan koperasi yang mudah membuat saat ini banyak jenis koperasi yang mulai bermuncul dari berbagai sektor kehidupan masyarakat baik di lingkungan masyarakat hingga Pendidikan. Nah, agar lebih mengerti berikut di bawah ini beragam jenis koperasinya.

1. Berdasarkan Tingkatannya

Badan usaha rakyat ini memiliki cakupan atau tingkatan yang berbeda-beda. Selain itu tingkatan yang lebih tinggi juga berpengaruh terhadap kesejahteraan para anggotanya. Berikut di bawah type koperasinya berdasarkan tingkatan.

  1. Primer yang terdiri minimal anggota 20 orang.
  2. Sekunder gabungan dari badan koperasi dan cakupannya terbilang luas.
  3. Koperasi pusat terdiri dari minimal 5 anggota primer.
  4. Gabungan koperasi anggota minimal 3 koperasi pusat.
  5. Induk anggotanya minimal 3 dari gabungan koperasi.

2. Berdasarkan Usahanya

Syarat mendirikan koperasi yang mudah membuat banyak jenis koperasinya berdasarkan usahanya. Jenis ini mencakup hampir semua kegiatan masyarakat Indonesia. Beriku di bawah beragam type badan usaha ekonomi rakyat ini.

  1. Jenis produk membantu usaha para anggotanya.
  2. Jenis konsumsi menjual berbagi kebutuhan untuk para anggotanya.
  3. Jenis simpan pinjam bergerak di ekonomi anggotanya.
  4. Jenis serba usaha terdiri dari berbagai usaha dari para anggotanya.

3. Berdasarkan Luasan Daerah Kerjanya

Jenis selanjutnya adalah berdasarkan luas daerah kerjanya. Biasanya jenis koperasi ini berkaitan erat dengan peran pemerintah. Berikut di bawah beragam type koperasinya berdasarkan cakupan daerah kerjanya.

  1. Koperasi Nasional.
  2. Provinsi.
  3. Kotamadya atau Kabupaten.

Semua jenisnya di atas akan sah jika terdapat akta koperasinya. Maka dari itu Anda perlu mengetahui contoh akta pendirian koperasi agar bisa membedakan antara yang resmi secara hukum atau tidak.

Tujuan Hadirnya Koperasi bagi Masyarakat Indonesia

Hadirnya beragam jenis koperasi atau badan usaha ekonomi rakyat ini  tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi para masyarakat Indonesia terkhusus untuk meningkatkan taraf hidup. Nah, berikut di bawah ini beragam tujuan koperasinya berdasarkan dengan UU no.25/1993/pasal 3.

  1. Tujuan hadirnya badan ekonomi rakyat ini yaitu untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan juga Makmur.
  2. Hadirnya badan usaha ekonomi rakyat ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia, terkhusus bagi anggotanya.
  3. Bagi UKM, hadirnya organisasi ini dapat menjadi tempat untuk memperoleh modal dan tentunya dapat mengadakan acara atau kegiatan usaha Bersama.
  4. Tujuan selanjutnya adalah untuk membangun atau meningkatkan tatanan perekonomian nasional.
  5. Tujuan selanjutnya adalah untuk menjadi tempat menawarkan barang dengan harga relatif tinggi bagi para anggotanya.

Koperasi sangat menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan juga kerja sama antar anggotanya. Hal ini sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan utamanya yaitu untuk meningkat taraf hidup, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat terkhusus bagi para anggotanya.

Tujuan dari badan usaha ekonomi rakyat ini akan terwujud jika semua anggotanya ikut berpartisipasi. Para anggota perlu berpartisipasi dalam semua kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pengurus koperasinya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain keikutsertaan anggotanya, penerapan prinsip koperasi yang tertuang di pasal UU pasal 5 ayat 1 nomor 25 1992. Dengan seluruh anggota menerapkan prinsip koperasinya tentu dapat mewujudkan tujuan utama didirikan koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya.

Hadirnya badan usaha ekonomi rakyat ini tentunya memberikan dampak besar khususnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu pahami jenis jenis koperasi agar Anda tidak salah dalam memilih jenis koperasinya dan sesuai dengan visi Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.