Melakukan cek izin kemenkes patut Anda lakukan untuk lebih menjamin alat kesehatan sebelum digunakan. Pada masa pandemi ini banyak masker beredar dan sulit mengetahui produk yang memang sudah memiliki izin produksi.

Menjadi salah satu yang rawan terhadap masalah peredaran alat kesehatan ini biasanya terjadi pada masker. Banyak pengusaha rumahan menjual dan melakukan produksi masker sendiri tanpa mengurus perizinan sesuai aturan.

Lalu apakah masker buatan rumahan yang tidak memiliki izin tidak layak pakai atau tidak boleh digunakan? Sebenarnya tidak ada larangan namun untuk penggunaan medis lebih disarankan memakai masker sesuai SOP.

Cara Cek Izin Kemenkes yang Harus Dilakukan

Untuk mengetahui produk atau alat kesehatan yang memang sudah layak edar dan harus urus Izin Penyalur Alat Kesehatan (IPAK). Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Kunjungi Halaman Resmi Milik Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan telah menyediakan halaman resmi dan khusus untuk melakukan pengecekan pada izin penyaluran dan produksi alkes. Anda bisa mengunjungi halaman infoalkes.kemkes.go.id untuk mendapatkan info lengkapnya.

Untuk mengunjungi halaman tersebut Anda bisa menggunakan browser melalui ponsel mobile atau komputer. Sampai saat ini belum rilisan aplikasi untuk mengecek status alkes melalui mobile.

  1. Pilih Menu Pencarian

Setelah memasuki halaman resmi portal database mengenai info lengkap alat kesehatan Anda akan menemukan form Pencarian. Pada form tersebut Anda harus menentukan terlebih dahulu kategori yang akan dicari.

Diantaranya kategori menurut nomor izin edar, produsen, nama produk, tipe dan pendaftar tentukan pilihan dengan bijak. Silahkan pilih kategori sesuai jenis alat kesehatan yang akan Anda cek status perizinannya melalui web.

  1. Masukan Kata Kunci

Setelah menentukan kategori Anda akan diberikan isian kata kunci, isikan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan saat pencarian data. Jika pada kategori dipilih nama produk nama Anda bisa menuliskan nama produk sesuai kategori sebelumnya.

Tahap akhir yaitu klik Cari, setelah mengisi kata kunci yang akan dicari, kemudian tunggu sampai proses pencarian berhasil ditemukan. Jika berhasil data akan muncul sesuai kebutuhan cek izin kemenkes yang Anda cari.

Mengenal Pentingnya Izin dari Kemenkes

Karena kebutuhan masker yang tinggi membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan dan banyak yang mencoba peluang ini. Namun tidak banyak pebisnis pemula yang mengetahui kalau produksi masker tidak bisa sembarangan.

Karena masker termasuk dalam alat kesehatan yang produksi dan penyalurannya sudah diatur dalam peraturan Menteri dan mempunyai dasar yang jelas. Dampaknya banyak produksi rumahan yang dilakukan tanpa mengurus perizinan.

Ketika masker sudah memiliki izin kemenkes maka sudah terjamin kualitas dan kemanannya. Ada tahapan jelas dalam melakukan produksi dan menyalurkan alat kesehatan dikeluarkan resmi oleh pemerintah.

Bahkan masker dengan izin kemenkes harus memiliki standar pembuatan produk kesehatan. Misalnya seperti telah melewati uji bacterial filtration efficiency, breathing resistance dan partie filtration. 

Kementerian kesehatan tidak memberi saran untuk menggunakan masker yang tidak memiliki izin produksi dan penyaluran. Karena diwaspadai penggunaan masker tersebut malah akan meningkatkan risiko penularan virus.

Pengawasan Terhadap Peredaran Alat Kesehatan Palsu

Dalam upaya memberikan produk kesehatan terbaik kepada masyarakat, Kemenkes telah melakukan pengawasan ketat terhadap peredaran alat kesehatan. Terutama menanggulangi beredarnya alat kesehatan palsu.

Apalagi zaman saat ini sudah serba digital, perdagangan masker palsu melalui daring paling rentan dilakukan. Belanja daring yang semakin banyak diminati menjadi cara produksi masker palsu untuk meraih keuntungan.

Kebanyakan orang berbelanja online menginginkan produk dengan harga murah untuk dijual kembali dan mendapatkan untung besar. Hal inilah yang dimanfaatkan produsen masker palsu untuk mengedarkan masker dan alkes produksinya.

Maka dari itu Anda wajib waspada dan teliti dalam membeli masker secara online, jangan mudah tertipu harga murah. Jika ingin mendapatkan kualitas maka Anda harus rela mengeluarkan harga sesuai kualitas.Semakin banyak jenis masker dan produk alat kesehatan beredar dipasaran harus membuat Anda menjadi lebih hati-hati. Penting juga bagi Anda untuk melakukan cek izin kemenkes untuk memastikan produk yang akan dibeli benar-benar sudah berizin dan terjamin.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.