Beberapa orang yang sudah mengetahui mengenai adanya kompensasi apabila terjadi keterlambatan pesawat. Cara klaim kompensasi delay pesawat bisa Anda lakukan agar dapat ganti rugi dari pihak maskapai.

Saat berlibur dan harus menggunakan penerbangan tentu karena ingin perjalanan cepat. Namun, apabila terjadi delay dengan waktu yang lama tentu akan sangat menganggu. Sehingga pihak penerbangan memberikan kompensasi kepada penumpangnya.

Karena ada hak penumpang pesawat delay yang bisa menjamin bahwa uang Anda tetap aman. Apalagi jika ada pembatalan penerbangan secara sepihak, maka uang untuk membeli tiket bisa kembali lagi.

Cara klaim kompensasi delay pesawat ini berbeda-beda. Jika Anda memesan tiket pesawat di aplikasi tertentu, maka biasanya dapat di klaim pada aplikasi perjalanan penerbangan tersebut.

Walaupun tiket pesawat bagi sebagian orang murah, namun jika kembali tentu Anda tidak akan rugi. Untuk klaimnya sangat mudah dan cepat, penumpang bisa mengajukan sendiri.

Cara Klaim Kompensasi Delay Pesawat

Banyak cara untuk melakukan klaim bila mengalami keterlambatan pesawat baik dari aplikasi perjalanan atau lainnya. Sedangkan jika secara langsung maka Anda harus menyiapkan beberapa dokumen, sesuai ketentuan kompensasi untuk penumpang pesawat delay.

Berikut hal yang harus Anda persiapkan sebelum mengajukan klaim kompensasi.

  1. Siapkan dokumen asli boarding pass, tiket ataupun itinerary
  2. Passport/ KITAS atau (Kartu izin tinggal terbatas)

Kemudian dokumen lain yang harus dilengkapi jika Anda mengalami keterlambatan penerbangan. Hal ini juga termasuk cara klaim kompensasi delay pesawat, yaitu dengan konfirmasi tertulis dari agen mengenai alasan keterlambatannya.

Kemudian masih ada hal lain yang perlu Anda lengkapi, yaitu bukti pembayaran mengenai perubahan ataupun tambahan maupun pengurangan perjalanan. Karena ada aturan keterlambatan atau delay pesawat, maka tidak asal terlambat.

Walaupun begitu, tentunya setiap agen maskapai penerbangan kemungkinan mempunyai cara klaim kompensasi delay pesawat sendiri. Sehingga Anda sesuaikan dengan persyaratan yang diberlakukan oleh agen pesawat.

Terkadang beberapa orang juga mempunyai asuransi perjalanan agar tetap aman. Hal ini juga ada jika Anda memesan tiket di beberapa aplikasi yang menyediakan tiket pesawat.

Tentu beberapa orang sudah mengetahui mengenai aturan keterlambatan pesawat, seperti adanya faktor cuaca yang sering menghambat perjalanan udara. Ataupun masalah lain yang sering jadi persoalan maskapai.

Hak kompensasi bagi para penumpang bisa diklaim dengan mudah memakai aplikasi jika tidak ingin ribet dengan banyaknya dokumen. Hal tersebut juga bisa di klaim jika memang sesuai dengan ketentuan kompensasi.

Besar Kompensasi Keterlambatan Pesawat

Beberapa orang tentu belum mengerti besar kecilnya kompensasi, padahal ini bisa dilihat di ketentuan ganti rugi hak calon penumpang. Untuk itu, ada yang ingin tahu cara klaim kompensasi delay pesawat.

Mengenai besar kecilnya ganti rugi berdasarkan dengan lama keterlambatannya tersebut. Biasanya ganti rugi akan diberikan setelah 30 menit penundaan penerbangan. Biasanya Anda akan diberi minuman cup.

Minuman tersebut diberikan jika lamanya sampai 30-60 menit. Tetapi setelah 61- 120 menit biasanya akan diberi makanan ringan atau snack juga minuman. Tentunya semakin lama maka kerugian yang terganti menjadi tinggi.

Sedangkan cara klaim kompensasi delay pesawat tersebut mudah, apalagi jika Anda menggunakan aplikasi. Maka untuk klaim tidak perlu ribet untuk menyiapkan beberapa data seperti bukti pembayaran dan lainnya.

Setelah 180 menit hingga menit 240 maka Anda diberi makanan berat atau asi kotak, snack serta minuman. Baru kemudian jika keterlambatan hingga 240 menit maka Anda bisa mendapatkan uang kompensasi.

Mengklaim maka Anda harus tahu cara klaim kompensasi delay pesawat yang benar. Hal ini tentunya menjadi tanda ganti rugi pesawat karena keterlambatan jadwal penerbangan tersebut.

Apalagi jika pihak maskapai melakukan pembatalan penerbangan, maka Anda harus meminta keterangan yang jelas mengenai keterlambatan tersebut. Apakah sesuai dengan aturan keterlambatan pesawat atau tidak.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.