Cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa – Saat ini dengan semakin banyak majunya teknologi membuat sebagian besar orang memiliki media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi hal ini juga menyebabkan beberapa orang dengan sengaja membuat akun palsu atau fake account.

Akun palsu tersebut bisa digunakan untuk tujuan yang kurang baik sehingga akan merugikan orang lain. Untuk itu Anda perlu tahu mengenai ciri ciri akun palsu di Instagram yang perlu Anda ketahui. Selain itu ketahui juga cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa jika terutama jika Anda merasa dirugikan dengan adanya akun tersebut.

Hukum membuat fake akun di sosial media sendiri sudah tertuang pada Undang-Undang ITE dimana orang tersebut bisa dikenai hukuman denda hingga penjara.

Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah akun Instagram tersebut fake atau benar.

1. Melihat informasi atau riwayat perubahan nama

Nantinya pada akun Instagram tersebut akan ada menu untuk menampilkan daftar dari nama yang digunakan sebelumnya. Daftar tersebut juga lengkap dengan rincian berupa waktu dan tanggal penggantiannya.

Jika ada perubahan nama mengenai akun tersebut, coba untuk mencari nama yang pernah digunakan itu pada bagian pencarian Instagram. Kemudian jika Anda menemukan akun dengan nama yang mirip atau bahkan sama namun ada pada akun yang berbeda, maka kemungkinan akun yang Anda curigai tersebut adalah akun palsu. Berikut adalah tahapannya:

– Anda bisa menekan 3 tanda titik pada bagian pojok kanan atas akun tersebut

– Kemudian pilih opsi tentang akun ini dan pilih bagian nama pengguna sebelumnya.

2. Apakah akun tersebut diatur dengan baik atau tidak

Cara selanjutnya adalah dengan melihat bagaimana si pemilik akun memposting postingannya. Akun asli biasanya akan memiliki postingan yang rapi atau memiliki informasi yang jelas di bagian bio nya.

Namun biasanya berbeda dengan akun palsu dimana akan terlihat kurang rapi dalam postingannya. Selain itu dari segi informasinya juga kurang jelas menggambarkan pemilik akun tersebut.

3. Apakah ada centang biru

Paling mudah yang menjadi cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa adalah dari adanya tanda centang biru. Instagram sendiri memiliki fitur berupa centang biru dimana hal ini menjadi tanda bahwa akun Instagram tersebut adalah asli.

Jika akun tersebut belum memiliki centang biru, maka Anda perlu curiga bahwa akun tersebut palsu. Namun cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa bukan berarti semua akun yang tidak memiliki centang biru berarti adalah akun yang palsu. Hanya saja Anda perlu mencurigai kembali akun tersebut.

4. Menggunakan nomor telfon

Selain itu juga ada cara melacak orang di ig dengan nomer telfon. Terkadang ada beberapa orang yang hanya memiliki nomer telfon orang tersebut tanpa tahu Instagram dari orang tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

·         Setelah Anda membuka akun Instagram, kemudian tekan ikon 3 garis di halaman profil.

·         Kemudian masuk dan pilih menu “temukan orang”

·         Selanjutnya pilih menu “connect contact”

·         Pilih “mulai” dan berikan izin untuk mengakses kontak Anda.

·         Nantinya akan muncul akun ig dari nomor yang ada pada kontak Anda.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mengetahui akun tersebut fake atau tidak.

Konsultasikan Masalah Akun Fake di Instagram Melalui Justika

Tidak jarang adanya akun Instagram palsu yang bahkan menyalahgunakannya. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.