Timbul banyak pertanyaan mengenai somasi langsung menuntut ganti rugi apakah bisa untuk dilakukan. Hal ini tidak perlu diragukan lagi oleh masyarakat luas ketika sedang menghadapi permasalahan utama di persidangan.

Somasi telah diatur lengkap di dalam pasal 1238 KUHPerdata untuk memberikan sebuah peringatan kepada pihak digugat. Penggugat yang dirugikan berhak menjalankan somasi apabila memang ingin menuntut keadilan secara penuh.

Namun timbulnya pertanyaan tuntutan ganti rugi dalam somasi harus diperhatikan secara baik. Biaya kerugian dan bunga menjadi kewajiban untuk ditanggung oleh pihak digugat agar perkara dapat diselesaikan lebih cepat.

Umumnya, somasi diajukan sebanyak 2-3 kali sampai mendapatkan respon dari pihak yang bersangkutan. Karena setiap pihak bersangkutan harus harus merespon somasi ketika memang ingin menyelesaikan permasalahan di sebuah pengadilan.

Ingin tahu bagaimana cara meluncurkan somasi untuk menuntut sebuah ganti rugi secara langsung kepada pihak tergugat? Ikutilah penjelasan ini. berikut adalah cara melakukan tuntutan ganti rugi dari surat somasi.

Hak Somasi Langsung Menuntut Ganti Rugi

Dalam melakukan somasi, ada berbagai hak yang perlu diperhatikan pihak saat akan melakukan somasi. Mengingat proses hukum perdata akan bisa berjalan lancar setelah somasi diluncurkan oleh pihak penggugat.

Hak somasi pertama adalah menuntut pemenuhan perikatan sesuai jumlah tertera. Hak kedua ada pemenuhan perikatan dan ganti rugi, ketiga ada hak ganti rugi.

Selanjutnya terdapat hak pembatalan persetujuan timbal balik, terakhir hak pembatalan perikatan dan ganti rugi. Seluruh hak dapat diterapan pada saat somasi diterapkan agar memenuhi peraturan resmi yang berlaku.

Sampai sekarang, somasi langsung menuntut ganti rugi masih membutuhkan proses kurang lebih 2 minggu. Karena rentang waktu pemberian somasi pertama sampai ketiga biasanya 7-14 hari, tanpa bisa diproses instan.

Ganti rugi harus ditanggung pihak tergugat sesuai dengan biaya nyata yang telah dikeluarkan. Hal tersebut belum disertai bunga dari penggantian kerugian yang wajib ditanggung secara keseluruhan oleh pengguna.

Tips Meminta Ganti Rugi Saat Somasi

Meminta ganti rugi dengan somasi harus mengetahui tips dengan etika yang baik. Di bawah ini adalah tips ampuh untuk meminta pengganti kerugian terhadap pihak digugat secara benar.

1. Menunggu Respon Somasi

Penggugat dapat mengajukan somasi sambil menunggu respon dari pihak tergugat dalam kurun waktu tertentu. Kalau sudah ada respon, baru Anda membaca kembali isi surat somasi untuk memahami seluruh isinya.

2. Berikan Somasi Kedua

Jika somasi diabaikan Anda tidak perlu cemas karena bisa memberikan somasi kedua untuk meminta pergantian kerugian. Jangan lupa lampirkan kerugian secara valid supaya bisa ditukar oleh pihak digugat.

3. Menunggu Persetujuan

Setelah itu, tunggulah persetujuan agar bisa memperoleh ganti rugi dengan jumlah yang tepat. Setelah kerugian disetujui, Anda berhak mengambil uang hasil rugi setelah hakim memutuskan di persidangan.

4. Uang Diambil

Somasi langsung menuntut ganti rugi berakhir dengan mengambil uang hasil penggantian kerugian dari pihak tergugat. Kesempatan memperoleh ganti rugi sangat terbuka bila Anda telah mengajukan surat somasi secara benar.

Fungsi dan Manfaat dari Somasi

Aturan somasi diberikan dengan tujuan tertentu, yaitu penggugat agar memenangkan di persidangan. Karena somasi dilakukan setelah pihak penggugat merasa dirugikan dalam jumlah tertentu sehingga ada tanggungjawab dari orang digugat.

Fungsi lain somasi langsung menuntut ganti rugi untuk mencegah kerugian fatal bagi seorang penggugat. Mengingat ada banyak jenis kerugian yang diterima oleh penggugat apabila sudah mengajukan somasi tuntutan ganti rugi.

Manfaat lain dari somasi adalah untuk memberikan kesempatan bagi seorang tergugat agar menghentikan perlakuannya. Setiap perlakuan dapat menimbulkan dampak merugikan bagi diri penggugat, jadi harus dicegah sejak dini.

Jika Anda ingin mengajukan somasi, sebaiknya pelajari contoh surat balasan somasi tanpa pengacara tetap sah. Tidak perlu memakai pengacara, kini somasi dapat diluncurkan ke pengadilan tanpa mengalami kendala apapun.

Dalam memecahkan perkara melalui somasi, Anda dapat memperoleh keuntungan karena bisa menyelesaikan masalah lebih cepat. Sidang hukum bisa dilalui dengan lancar bersama hakim dan pihak tergugat tanpa mengalami masalah.

Itulah cara untuk mengajukan ganti rugi dengan perkara yang sesuai di Indonesia. Melalui somasi langsung menuntut ganti rugi bisa dilakukan dengan mudah sesuai peraturan KUHPerdata yang berlaku.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.