Contoh surat balasan somasi tanpa pengacara wajib diketahui agar Anda tidak mengalami kesalahan ketika membuatnya. Sampai sekarang, somasi masih menjadi cara ampuh untuk menyelesaikan hukum sebelum ke pengadilan.

Somasi merupakan surat yang diberikan penggugat kepada calon pihak tergugat dengan tujuan tertentu. Adapun maksud memberlakukan somasi agar pihak digugat menghentikan kegiatan yang merugikan penggugat atau melakukan sesuatu penyelesaian perkara.

Berbagai contoh surat balasan somasi tanpa pengacara harus dipelajari demi menyelesaikan permasalahan dengan orang lain. Anda bisa mengajukan somasi ketika sedang dirugikan secara sepihak agar tidak semakin bermasalah.

Tidak adanya titik temu dalam menyelesaikan masalah, somasi menjadi solusi meskipun tanpa pengacara tetap sah lho. Surat somasi atau teguran diberikan khusus kepada calon tergugat pada proses hukum.

Adapun cara menuliskan surat somasi dan balasannya tanpa membutuhkan pengacara agar tetap berlaku sah. Inilah contoh lengkap yang wajib diketahui mulai sekarang, jangan sampai melewatkan pembahasan kami di bawah ini.

Contoh Surat Balasan Somasi Tanpa Pengacara

Adapun contoh dari surat somasi yang dapat diberikan kepada pihak gugatan agar bisa memberikan sebuah respon jelas. Contoh pertama akan kami berikan di bawah ini.

1. Contoh Surat Somasi

No : 0222/AKP/I/2022 Jakarta, 6 Februari 2022

Kepada Yth:

Rumah Sakit Putra Medika

Jl Sudirman No.77 Jakarta Pusat

Up. : dr. Sinto

Dokter umum

PERIHAL : SURAT PERINGATAN AGAR KLAIM FORM/ARM 0222P SEGERA DIPERBAIKI

Yang bertandatangan di bawah ini:

Madara, S.H.,M.H.

Berdasarkan surat kuasa tertanggal 6 Februari 2022 ( terlampir ) bertindak untuk dan atas nama Dr.Ir. Nina, S.H,M.H sebagai orang tua (ibu) dari almarhum Satria selanjutnya disebut (“KLIEN”), bersama ini kami sampaikan Surat Peringatan I kepada dr. Sinto sebagai TERGUGAT, sehubungan dengan peringatan agar claim Form/arm 0222P segera diperbaiki dengan keterangan yang sebenarnya. Berdasarkan fakta- fakta sebagai berikut:

  1. Bahwa keterangan dr. Sintodalam form/arm 0222P tidak sesuai dengan kenyataannya
  2. Bahwa keterangan dr. Sinto yang tidak sesuai keadaan asli

Sebenarnya, kami sudah memperoleh penolakan klaim

Berdasarkan hal- hal tersebut di atas dengan segala kewenangan yang diberikan kepada kami, maka kami meminta kepada dr. Sinto pada dalam waktu 2 minggu dimulai dari dibuatnya surat ini untuk segera memperbaiki keterangan klaim form/arm 0222P dengan kenyataan sebenarnya, untuk keperluan klaim ke perusahaan asuransi.

Jika dalam waktu tersebut dr.Sinto belum mengubah form/arm 0222P dan mengakibat kerugian klien kami atas ditolaknya asuransi jiwa almarhum Satria, kami akan memberi tuntutan dr.Sinto untuk membayar ganti rugi sbb:

  1. Kerugian materiil sebesar Rp. 3.000.000.000,- (tiga miliar rupiah):
  2. Kerugian immaterial sebesar Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah)

Kami dalam hal ini masih mencadangkan hak-hak yang dimilikinya guna memperoses permasalah di jalur hukum, sesuai peraturan perundang-undangan Indonesia.

Demikian Surat Somasi I/ Surat peringatan I ini kami sampaikan kepada Saudara, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Law Firm VM & Partners

Madara, S.H.,M.H.

2. Balasan Surat Somasi

Dalam menanggapi surat somasi, balasan bisa tanpa pengacara tetap sah dan berlaku sehingga tidak perlu khawatir bagi pihak digugat. Inilah contoh surat balasan atas tanggapan somasi yang diberikan pihak penggugat.

Jakarta, 11 Februari 2022

Perihal : Surat Tanggapan Somasi

Kepada Yth:

Dr. Ir. Nina

di tempat

Plaza Senayan

Jl. Imam Bonjol 178

Jakarta Selatan

Yang bertandatangan dibawah ini:

Madari, S.H. M.H.

berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 6 Februari 2022 (terlampir) bertindak untuk dan atas nama selanjutnya,

Dr. Sinto

disebut (“KLIEN”), bersama ini Kami sampaikan tanggapan atas somasi saudari Dr. Ir. Nina

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dan dengan segala kewenangan yang diberikan kepada kami, kami meminta Saudara dapat meluangkan waktu bertemu dan diskus dengan para pihak terkait di RS Putra Medika.

Demikian Surat Tanggapan atas surat somasi saudara ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Madari, S.H. M.H.

Tidak perlu takut jika somasi diabaikan dapat diupayakan dengan langkah lain secara tegas. Itulah contoh surat balasan somasi tanpa pengacara yang memudahkan jalannya pidana hukum dengan resmi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.