Pakai saja knalpot bawaan pabrik jika tidak ingin terkena pasal penjerat knalpot tak standar. Soal denda, paling maksimal yang akan diterima karena knalpot adalah sekitar 250 ribu. Pasal ini berlaku karena knalpot racing sangat memberikan dampak buruk ke publik.

Bagi anak muda yang memiliki motor, pergantian knalpot seakan telah menjadi hal wajib. Padahal, ini mengundang bahaya yang tidak kita sadari sebelumnya. Semua ini dilakukan hanya untuk pamer dan bangga untuk diri sendiri, tetapi tidak berlaku untuk orang lain.

Suara knalpot standar sudah dibuat sedemikian rupa oleh pabrik agar tidak membuat telinga merasa bising. Tetapi karena jika anak muda, sepeda motor menjadi kurang asik jika tidak ada suara dari knalpot. Dan seiring berjalannya waktu, hal demikian juga lebih sering terjadi.

Padahal perlu diketahui, untuk Anda yang ingin atau sudah mengganti knalpot, jenis knalpot standar sudah bagus dengan memperhatikan batasan db suara knalpot agar tidak menganggu pengguna jalan lain. Belum lagi bahaya lain yang berkaitan dengan nyawa langsung.

Kenapa Terdapat Pasal Penjerat Knalpot Tak Standar?

Suara knalpot tak standar biasa akan diubah settingannya ke level racing. Tetapi sebelum kita masuk ke pembahasan soal hukumannya, kita perlu tahu dulu apa yang membuat aturan ini bisa berlaku, dari 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, hingga periode saat ini.

Pergantian knalpot racing akan membuat adrenalin sang pengendara menjadi lebih meningkat hingga membawa kendaraan dengan lebih kebut. Beberapa part dalam motor selain knalpot juga sering kali ditingkatkan agar semakin asik dalam berkendara motor.

Hal demikian juga yang sering kali menyebabkan kecelakaan. Karena asiknya mendengar suara knalpot yang dihasilkan, pengendara tidak sadar sudah melewati batas aman. Bahkan ada yang semakin menambah kecepatan melawan aturan larangan knalpot racing.

Bahan bakar juga akan semakin boros jika kita bergantung pada knalpot. Selain boros, maka motor juga dalam beberapa kasus lebih cepat rusak karena berkendara di atas kecepatan yang wajar. Tetapi di samping itu semua, yang membuat adanya aturan ini adalah publik.

Suara knalpot sangat bising dan memekakkan telinga. Tidak ada yang suka terganggu dengan suara knalpot bising, kecuali pengendara itu sendiri. Sehingga adanya pasal untuk menjerat knalpot tak standar akan membuat tingkat polusi suara menjadi turun dan lebih rendah.

Pasal Penjerat Knalpot Tak Standar Hingga Denda 250 Ribu

Perlu juga Anda tahu kalau semua aturan ini untuk nyawa pengendara itu sendiri, dan juga kenyamanan masyarakat luas. Peraturan tentang knalpot ini sebenarnya sudah berlaku sejak tahun 2013, tetapi baru efektif digunakan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Semakin banyak motor yang bahkan non moge menggunakan knalpot ini untuk kesenangan belaka. Soal batasan motor yang tidak terjerat pasal penjerat knalpot tidak standar, maka untuk motor 80 sampai 175 cc, rata-rata motor matik biasa, batasannya ada di 83 dB.

Sementara untuk motor di atas 175 cc, tingkat dB maksimal ada di angka 80. Jika ada indikasi pelanggaran, maka menurut pasal 106 ayat 3 dan pasal 48 ayat 2 dan 3, pidana penjara untuk pelanggar knalpot standar adalah kurungan selama 1 bulan atau denda 250 ribu rupiah.

Polisi memiliki wewenang untuk mempraktikkan pasal ini kapan saja menemukan pelanggar yang tidak di arena khusus menggunakan knalpot racing. Sifat penindakan ini bersifat tangkap tangan, sesuai Pasal 111 UU KUHAP sehingga petugas tidak perlu dilengkapi surat tugas.

Penilangan juga bisa dilakukan oleh masyarakat itu sendiri dengan menyebutkan plat dan jenis pelanggaran ke layanan terpadu yang disediakan pihak kepolisian. Tetapi jika Anda tidak terbukti melanggar, ada langkah hukum jika knalpot standar di tilang sembarangan.

Polisi wajib memberikan bukti kalau desibel knalpot melebihi batasan dengan alat pengukur desibel yang bisa dari mana saja, bahkan HP. Ada juga pengecualian bagi motor gede yang suara standarnya memang memekakkan telinga, dan itu juga tidak salahi aturan.Suara knalpot bising memang terbukti sangat membuat tidak nyaman. Maka dari itu, ada aturan yang wajib dipatuhi selama berada di jalan raya. Pasal penjerat knalpot tak standar juga pada dasarnya untuk keselamatan pengemudi dan kenyamanan pengguna jalan.

Konsultasikan Tanpa Ragu Dengan Justika, Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa mengkonsultasikan perihal langkah hukum dan peraturan hukum tentang pasal penjerat aksesoris kendaraan bermotor termasuk knalpot yang tidak standar dengan mitra advokat andal dan profesional Justika.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.