Hukum Pencemaran Nama Baik – Sebagai makhluk sosial manusia akan selalu berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung atau secara tidak langsung. Dalam melakukan interaksi sosial tak jarang seseorang akan bergesekan satu sama lain, dan akhirnya menimbulkan konflik

Dalam menyampaikan sebuah pendapat, atau hanya sekedar bersenda gurau dapat menimbulkan permasalahan yang dapat menjadi masalah hukum. Salah satu permasalah tersebut yaitu adanya kasus pencemaran nama baik. Kemudian bagaimana hukum pencemaran nama baik di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Pencemaran Nama Baik? 

Secara definisi pencemaran nama baik dapat diartikan sebagai sebuah tindakan yang menyerang kehormatan seseorang, kelompok, agama, orang yang telah meninggal atau para pejabat. Pencemaran nama baik dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan. 

Kemudian perbuatan pencemaran nama baik sudah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dan telah dibagi kedalam beberapa macam perbuatan yang termasuk pencemaran nama baik sesuai dengan hukum pencemaran nama baik.

Hukum Pencemaran Nama Baik

Berdasarkan Pasal 310 sampai dengan 321 KUHP, perbuatan yang dapat menjadi pencemaran nama baik yaitu;

  • Penistaan Pasal 310 Ayat 1 KUHP

Berdasarkan pandangan hukum menurut R. Soesilo seseorang dapat di hukum pencemaran nama baik dan dijerat Pasal 310 Ayat (1) KUHP, dengan hanya menuduh seseorang melakukan perbuatan buatan tertentu agar diketahui orang banyak. Perbuatan yang dimaksud tidak selalu harus melanggar hukum, namun cukup perbuatan biasa

  • Penistaan dalam Tulisan Pasal 310 Ayat 2 KUHP

Hukum pencemaran nama baik untuk pelaku dalam penistaan tulisan ini, jika seorang pelaku melakukan penghinaan dalam bentuk tulisan atau gambar. 

  • Fitnah Pasal 311 KUHP

Contoh pencemaran nama baik yang dapat dituntut oleh Pasal 311 Ayat 1 KUHP, jika seseorang melakukan pembelaan terhadap dirinya atau kepentingan umum dalam persidangan. Hakim akan memberikan kesempatan kepada dirinya untuk melakukan pembelaan terhadap tuduhan yang didapatkannya. jika soal pembelaan itu dinyatakan tidak benar oleh hakim, maka orang tersebut akan dijerat dengan Pasal 311 (Memfitnah)

  • Penghinaan Ringan Pasal 315 KUHP

Pada hukum pencemaran nama baik kasus penghinaan ringan yaitu ketika seseorang mendapatkan perkataan yang menyakitkan di depan umum, seperti (anjing, brengsek, keparat) dan tindakan tidak sopan seperti, mendorong, menepuk kepala, meludahi wajah. 

  • Pengaduan Palsu Pasal 317 KUHP

Seseorang yang dapat dijerat dengan Pasal 317 KUHP adalah mereka yang dengan sengaja membuat surat pengaduan palsu terhadap seseorang kepada penegak hukum. Selain itu isi dalam surat pengaduan palsu tersebut berakibat kepada kehormatan dan nama baik seseorang. 

  • Tuduhan Perbuatan Dengan Memfitnah Pasal 318 KUHP

Hukum pencemaran nama baik selanjutnya yaitu perbuatan yang dilakukan seseorang dengan sengaja menaruh bukti hasil kejahatannya pada orang lain, dengan tujuan orang tersebut dituduh yang melakukan kejahatan tersebut. 

Hukum Pencemaran Nama Baik Sosial Media

Pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial diatur dalam UU ITE No.11 Tahun 2008 Pasal 27 sampai dengan Pasal 37. Penjelasan mengenai Pasal 27 Ayat 3  UU ITE tindakan atau perbuatan yang dapat dimasukan kedalam kategori pencemaran nama baik yaitu, apabila perbuatan tersebut dilakukan tanpa izin dan disengaja dengan tujuan untuk menyerang nama baik seseorang dan dapat diketahui oleh masyarakat umum.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hukum pencemaran nama baik yang dapat dijerat sesuai dengan Pasalnya. Dengan demikian, sebagai langkah preventif sebaiknya Anda mengetahui cara melaporkan pencemaran nama baik.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa berkonsultasi langsung, jika diharapkan perlu penjelasan lebih lanjut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

hukum pencemaran nama baik

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

hukum pencemaran nama baik

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.

hukum pencemaran nama baik

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.