Dalam hal bertindak dan bertutur kata, Anda patut menjaga sopan santun dan berhati-hati. Bagaimana tidak saat ini banyak orang dapat dengan mudah melaporkan setiap ucapan Anda maupun tulisan Anda sebagai tindak pencemaran nama baik seseorang. Ada batasan yang sangat tipis dalam hal bercanda dan mengkritik perkataan dan perilaku seseorang. Salah-salah Anda dapat terkena pasal pencemaran nama baik.

Contoh laporan pencemaran baik paling banyak dialami oleh public figure. Terkadang maksud mereka adalah mengkritik akan tetapi bahasa yang digunakan kurang tepat sehingga menimbulkan ketidaksukaan dan kerugian nama baik pihak yang dikritik.

Apa Yang Di Maksud Pencemaran Nama Baik?

Pencemaran nama baik adalah sebuah tindakan yang secara langsung ataupun tidak langsung menyerang kehormatan seseorang baik secara lisan ataupun tulisan. Dalam penggolongannya pencemaran nama baik tergolong kedalam beberapa macam, antara lain: perorangan, kelompok, agama ataupun tokoh masyarakat.

1. Pencemaran Nama Baik Secara Lisan Atau Penistaan

Pasal 310 Ayat 1 KUHP adalah pasal pencemaran nama baik yang mengatur tentang pencemaran nama baik yang dilakukan secara lisan. Hal ini berkaitan dengan tindakan seseorang melakukan penghinaan kepada orang lain secara lisan dan dengan tujuan agar diketahui oleh orang banyak sedangkan dia tidak dapat membuktikan apa yang telah dia ucapkan itu adalah benar maka hal tersebut akan menyebabkan seseorang tersebut dihukum paling lama 4 tahun.

Akan tetapi jika seseorang tersebut melakukan demi membela kepentingan umum atau terpaksa melakukan hal tersebut demi membela diri sendiri dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan bukti-bukti yang nyata maka seseorang tersebut tidak dapat dihukum.

2. Pencemaran Nama Baik Secara Tertulis

Pasal 310 Ayat 2 KUHP mengatur pencemaran nama baik secara tertulis. Dalam hal ini penghinaan terhadap orang lain dilakukan dengan menggunakan tulisan maupun gambar. Jika orang lain tersebut tidak terima dan ternyata tidak melakukan seperti yang dituduhkan maka pelaku penghinaan akan menerima hukuman pencemaran nama baik.

3. Fitnah

Tindakan melakukan pencemaran nama baik salah satunya adalah tindakan fitnah. Pasal 311 KUHP mengatur tentang hal tersebut. Jika pelaku tidak dapat membuktikan apa yang dikatakan maka pelaku bisa dikenakan pasal pencemaran nama baik dan fitnah.

4. Penghinaan Ringan

Selanjutnya ada Pasal 315 KUHP yang mengatur penghinaan ringan. Yang dimaksud dalam kategori penghinaan ringan ini adalah kata-kata umpatan yang tidak pantas diucapkan dan menyakiti seseorang. Selain itu, tindakan penghinaan yang tidak pantas yang merendahkan orang lain seperti meludah, mendorong kepala dan tindakan tidak sopan lainnya juga masuk dalam kategori ini.

5. Pengaduan Palsu

Pengaduan palsu diatur dalam Pasal 317 KUHP ini. Yang masuk kategori pengaduan palsu adalah melakukan pengaduan palsu kepada petugas hukum atas tindakan yang tidak dilakukan seseorang. Hal tersebut dapat menyebabkan nama baik seseorang menjadi tercemar.

6. Persangkaan Palsu

Pasal pencemaran nama baik terakhir diatur dalam Pasal 318 KUHP, yaitu berkaitan dengan persangkaan palsu. Yang dimaksud tindakan persangkaan palsu adalah dengan sengaja melakukan tindakan yang menyebabkan orang lain seolah-olah terlibat dalam tindak kejahatan.

Termasuk Kemana Pencemaran Nama Baik Di Media Sosial?

Pasal pencemaran nama baik di media sendiri di atur dalam Undang Undang ITE No. 11 tahun 2009 dari pasal 27 hingga pasal 37. Tak hanya itu, KUHP juga mengatur pasal pencemaran dalam sosial media di pasal 310 ayat (1) (2) dan (3).

Dimana dalam pasal 27 ayat 3 UU ITE menyatakan jika pencemaran nama baik dalam media sosial dikatagorikan sebagai perbuatan yang dilakukan atas tindakan kesengajaan dan juga tanpa izin dengan maksud dan tujuan di konsumsi oleh khayalak umum guna menyerang nama baik seseorang.

Berapa Biaya Pengacara Pencemaran Nama Baik?

Besaran biaya pengacara pencemaran nama baik memang tidak memiliki aturan pasti. Namun biaya tersebut dapat disepakati antara pihak advokat dengan klien guna mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut beberapa biaya pengacara pencemaran nama baik yang mesti di siapkan.

  • Lawyer fee, merupakan biaya yang dibayarkan dimuka sebagai salah satu biaya profesional seorang pengacara.
  • Operational fee, atau biasa disebut dengan biaya operational merupakan biaya yang mesti disiapkan
  • Success fee, merupakan biaya yang besarannya dihitung dari kesepakatan antara klien dengan advokat. Namun berbeda dengan biaya sebelumnya, biaya succes fee hanya akan dibayarkan jika advokat tersebut berhasil memenangkan kasus yang tengah di hadapinya.

Baca juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.