Pasti sebagai masyarakat awam, Anda penasaran mengenai hal yang dapat meringankan vonis terdakwa. Dalam persidangan pidana, jika seseorang mau bebas atau mendapatkan hukuman, maka ada dua jalan.

Jika Anda mau dibebaskan dari hukuman, maka bukan perkara gampang untuk dilakukan. Sebab umumnya pasti ada bukti-bukti dimana sudah dikumpulkan dan dimasukkan dalam persidangan, bahkan sudah dirasa cukup untuk disidangkan.

Akan tetapi, jika bukti semua terkumpul masih kurang mencukupi untuk diadili atau orang bersangkutan merasa difitnah, maka wajib untuk berusaha bebas. Namun ada beberapa hal yang dapat meringankan vonis terdakwa.

Tentunya hal ini berbeda dengan orang bersalah, Anda akan dikenakan hukuman yang sesuai dengan perbuatan. Apabila sudah terbukti bersalah, mengatakan pengakuan, serta tertangkap basah, maka pastinya akan dihukum.

Orang tersebut nantinya bukan akan meminta kebebasan, melainkan pengurangan masa hukuman. Atau jika pidana ringan, maka minta hukuman percobaan dan beberapa keringanan hukuman.

Mengenai hukuman percobaan umumnya dilakukan jika Anda melakukan perbuatan dan sudah dimaafkan oleh pihak bersangkutan. Seperti dari usanya masih dibawah umur atau bahkan lansia, asalkan hukumannya hanya kurang satu tahun.

Jika Anda melanggar masa percobaan tersebut, maka akan langsung dimasukkan ke LP (lembaga pemasyarakatan). Anda bisa belajar mengenai hal-hal yang meringankan hukuman supaya lebih paham lagi.

Tentunya peraturan masa percobaan tersebut juga sudah sesuai dengan KUHPidana pasal 14a. Jadi sangat penting jika Anda tahu serta paham apa saja hal-hal yang bisa membuat hukuman menjadi ringan/berat.

Menjalankan hukuman dengan sungguh-sungguh juga bisa membantu Anda untuk menjadi manusia lebih baik lagi. Beberapa hal yang dapat meringankan vonis terdakwa misalnya saja menjaga postur tubuh selama di persidangan.

Hal yang Dapat Meringankan Vonis Terdakwa

Mendapatkan masa tahanan, tentunya ada beberapa hal yang dapat memberatkan vonis terdakwa atau meringankan juga. Untuk hal dimana bisa meringankan masa hukuman, maka setidaknya terdakwa setidaknya belum pernah dihukum.

Hal ini merupakan paling utama dimana nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan oleh hakim. Apabila terdakwa ternyata belum pernah mendapat hukuman karena tindak pidana, maka hal itu dapat dijadikan keringanan hukuman.

Beda lagi ketika orang tersebut sudah pernah mendapat hukuman atau residivis. Selain itu keringanan bisa diberikan jika Anda kepala rumah tangga atau tulang punggung keluarga.

Ibu atau ayah apabila ditahan karena tindak pidana, maka hukumannya bisa dikurangi karena nantinya anaknya tidak ada yang merawat dan menafkahi anaknya. Itu juga jadi dasar pertimbangan hakim memberikan keringanan.

Berperilaku baik atau bersikap sopan saat dipersidangan merupakan hal yang dapat meringankan vonis terdakwa. Selain itu juga jika Anda sudah menyesali dan mengakui perbuatan dilakukan.

Jika Anda menunjukkan penyesalan dan mengaku secara terus terang akan perbuatan yang dilakukan, maka bisa jadi pertimbangan dalam mengurangi masa hukuman. Serta berjanji pada hakim tidak mengulanginya lagi.

Dalam perkelahian atau penganiayaan, maka perdamaian bisa jadi salah satu hal yang memberikan keringanan bagi terdakwa. Dengan berdamai baik tertulis atau lisan saat sidang, bisa membuat hakim yakin korban memaafkan.

Hal yang Dapat Meringankan Vonis Terdakwa Lainnya

Jika Anda merupakan terdakwa dan dikenakan hukuman pidana, maka pastinya harus tahu apa pertimbangan hakim dalam penetapan vonis. Jika sudah terbukti bersalah, maka hal yang bisa dilakukan ialah mengurangi masa tahanan.

Anda tidak akan mendapat kebebasan kecuali memenuhi persyaratan dimana sudah ditetapkan oleh pengadilan dan hukum. Alasan lain yang bisa membuat hukuman diringankan ialah jika terdakwa sudah lansia dan sakit-sakitan.

Jika sudah lansia dan sering sakit, maka tidak memungkinkan untuk mendapatkan hukuman lebih lama. Jadi hakim dapat mempertimbangkannya sebagai salah satu hal yang meringankan hukuman.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan keringanan hukuman jika belum pernah menikmati semua hasil kejahatannya. Disini hukuman yang diterima jadi lebih tingan dibandingkan terdakwa lainnya.

Untuk terdakwa jika mau memperbaiki atau mengganti kerusakan maupun kerugian karena tindakannya, maka tidak akan membuat mereka bebas. Namun Anda bisa mengurangi masa hukuman jadi lebih ringan.
Masih ada banyak alasan untuk meringankan hukuman seperti jika terdakwa masih muda atau korban memaafkan saat persidangan. Penting untuk Anda paham apa saja hal yang dapat meringankan vonis terdakwa.

Tanyakan Pada Justika Tentang Hal Yang Dapat Meringankan Vonis

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online menyediakan beberapa layanan untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan keringanan vonis pidana. Mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun bisa membantu permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau yakni Rp 30.000 saja. Kunjungi laman konsultasi via chat, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 dengan biaya Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.