Sebelum membeli rumah, ketahui daftar developer penipu agar Anda tidak menggunakan jasanya. Bayangkan saja, sudah bayar mahal untuk uang muka, malah berakhir kena penipuan dan rumah yang dimaksud tidak pernah Anda tempati bersama keluarga.

Kebutuhan rumah memang menjadi bagian dari hal primer. Sudah sepantasnya permintaan pembelian properti tiap tahun meningkat. Di saat pasaran ini sedang ramai, ada beberapa oknum yang menyusup dan memanfaatkan keadaan.

Perlu diketahui juga, jika sudah mendapatkan rumah perlu juga didaftarkan asuransi. Akan tetapi, jangan sampai kena modus penipuan asuransi. Be smart dalam memilihnya agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Bagaimana Ciri Daftar Developer Penipu?

Sebenarnya apa tugas dari seorang developer sesungguhnya? Developer itu pengembang, bisa dalam bentuk perusahaan atau perorangan. Mereka bekerja untuk membangun rumah. Mulai dari membeli tanah, membangun rumah, hingga memasarkannya.

Memang cukup praktis membeli hunian langsung dari developer. Namun, baru-baru ini beberapa daftar developer penipu bermunculan dan mereka meresahkan masyarakat.

Niatnya membeli tempat tinggal langsung tanpa adanya pihak ketiga atau calo, dengan langsung menuju ke pengembangnya. Tapi justru kena penipuan mereka. Belum lagi, uang langsung lenyap seketika.

Maka dari itu, jika ingin membeli hunian dari developer, coba cek daftar developer penipu. Lihat perusahaan yang Anda tuju, masuk ke dalam daftar tersebut atau tidak.

Biasanya juga pihak pengembang yang menipu memiliki ciri khas yang membuat pembeli cerdas akan langsung curiga. Sebelum terlambat, memang Anda perlu mempelajari hal ini.

Sebab, jika sudah tertipu meski hanya uang muka, bukankah harga untuk rumah sangat besar? Tabungan Anda akan lenyap seketika padahal tujuannya untuk membeli tempat tinggal.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk tidak terjebak pada salah satu daftar developer penipu itu? pertama, cek kejelasan informasi yang Anda dapatkan dari brosur dengan penjelasan dari customer service. Bila berbeda, memang perlu dicurigai.

Kedua, mereka mematok harga rumah dengan harga miring tidak masuk akal. Rumah di pedesaan saja mungkin masih mahal melihat berapa mahalnya material bangunan sekarang. Jadi, perlu mengecek harga rumah di pasaran dulu.

Salah satu bukti jika mereka masuk dalam daftar developer penipu apabila surat perizinan pendirian perusahaan tidak ada. Mereka sungkan memberikan legalitas perusahaan dan bahkan tidak mencantumkannya.

Perlu berhati-hati juga, para pengembang yang memang ada niatan untuk menipu pasti memaksa klien untuk membayar uang muka dulu. Padahal, KPR dari bank belum disetujui.

Tips Memilih Developer Rumah yang Terpercaya

Developer itu memiliki kewajiban untuk memberikan kesempatan konsumen untuk melihat dan mencoba rumah dan lokasinya. Hal itu sebagai bahan pertimbangan mereka jika ingin membeli.

Namun, ciri dari beberapa daftar developer penipu mereka memaksa untuk langsung menyerahkan uang, tanpa diajak untuk melihat atau survey kondisi rumah. Hati-hati juga bila mereka menawarkan asuransi properti sekaligus.

Developer yang terpercaya, terkadang ada yang bekerjasama dengan agen asuransi properti. Namun, ketika penawaran rumah belum deal tapi sudah ditawari asuransi, jangan mau dulu.

Karena jika tertipu asuransi juga, harus melaporkan agen asuransi penipu yang prosesnya lebih panjang lagi. Jangan mau juga diajak transaksi online, tanpa melakukan pertemuan dengan pihak developer.

Jika tidak ingin tertipu, hal yang harus Anda lakukan adalah lihat kelengkapan perizinan pendirian perusahaan dan juga latar belakangnya. Sebab itu penting untuk melajutkan ke tahap selanjutnya.

Perusahaan tersebut tidak masuk dalam daftar developer penipu jika dengan berani menunjukkan rumah yang sudah jadi. Bila belum jadi, setidaknya memberitahu alamat dan bahkan memperlihatkan langsung lokasinya.

Jangan lupa, lihat manajemennya bagaimana. Perusahaan terpercaya, manajemennya bagus dan jelas. Hindari pembayaran DP sebelum KPR disetujui oleh bank. Sebab, kebanyakan developer menerapkan sistem biaya booking.

Jika tidak jadi beli, uang DP langsung hangus begitu saja. Perlu diingat juga, status lahan dari rumah tersebut jelas dan memiliki surat-surat yang komplit dan sah. Sehingga di masa depan nanti aman.

Bila tidak ingin bingung memilih bank untuk mengajukan KPR, pilih developer jelas yang bekerjasama dengan bank penyedia KPR tersebut.

Saat ini internet sudah sangat cepat. Dengan satu genggaman saja, Anda sudah bisa mencari banyak informasi jika mencari rumah. Jangan sampai menggunakan jasa pengembang properti yang masuk daftar developer penipu.

Konsultasikan Masalah Penipuan Developer Pada Justika

Penipuan tidak hanya terjadi secara online saja, namun juga bisa dilakukan oleh developer. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.