Menyimak dan memahami contoh surat panggilan polisi perlu dilakukan bagi Anda yang baru pertama kali mendapat panggilan polisi. Sebab, tidak sedikit penipuan kini berdalih panggilan pemeriksaan dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Oleh karena itu, sebelum menentukan langkah lebih lanjut terhadap pemanggilan, Anda perlu mengetahui seperti apa surat panggilan polisi yang sesuai ketentuan. Jika ternyata surat tersebut tidak wajar Anda berhak menolaknya.

Sebaliknya, jika surat tersebut memenuhi syarat dan ketentuan yang dibenarkan, maka Anda wajib memenuhi panggilan kepolisian. Simak cara menghadapi panggilan polisi jika Anda masih bingung.

Lalu, seperti apa contoh surat panggilan polisi yang benar sesuai ketentuan hukum? Apa saja hal-hal yang harus ada di dalam surat tersebut? Simak pembahasannya berikut.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Contoh Surat Panggilan Polisi

Surat panggilan yang disampaikan penuntut umum kepada saksi merupakan ketentuan syarat sah sebuah panggilan kepolisian. Di dalam surat panggilan polisi setidaknya harus memuat sejumlah elemen berikut.

1. Instansi Kepolisian yang Melakukan Pemanggilan

Dalam surat pemanggilan, harus memuat keterangan terkait instansi kepolisian yang melakukan pemanggilan. Informasi ini harus jelas agar Anda tahu surat tersebut dikeluarkan oleh instansi mana.

2. Nomor Surat, Pertimbangan dan Dasar Hukum Pemanggilan.

Sebelum informasi terkait identitas pihak yang dipanggil dan keperluan pemanggilan, terdapat pertimbangan dan dasar hukum yang menjadi landasan pemanggilan saksi. Biasanya akan tercantum sejumlah Pasal serta Laporan Kepolisian terkait.

3. Identitas Pihak yang Dipanggil

Informasi terkait identitas pihak yang dipanggil akan dijabarkan secara lengkap, mulai dari data diri, pekerjaan, hingga alamat. Hal ini supaya tujuan penerima jelas dan tidak terjadi salah panggil.

4. Waktu dan Tempat Pemanggilan

Waktu pemanggilan berisi informasi tanggal, hari, dan jam pelaksanaan sidang. Selain itu di dalam surat panggilan juga harus memberikan keterangan detail terkait dimana dan kepada siapa saksi harus menghadap.

5. Keperluan Pemanggilan dan Informasi Perkara

Di dalam surat panggilan polisi juga harus memuat keterangan soal keperluan pemanggilan dan informasi perkara. Keperluan pemanggilan di sini mengacu pada tujuan pemanggilan, sebagai apa serta dalam kasus apa.

6. Tanda Tangan Petugas Langsung

Surat panggilan kepolisian harus memuat informasi penyidik pemanggil dan ditandatangani langsung oleh yang bersangkutan. Surat tersebut harus sudah diterima saksi paling lambat 3 hari sebelum waktu sidang.

Contoh Surat Panggilan Polisi Berdasarkan Keperluan Pemanggilannya

Surat panggilan polisi dilihat dari keperluan pemanggilannya ialah surat panggilan dimintai keterangan dalam penyelidikan dan surat panggilan pemeriksaan dalam penyelidikan. Berikut pembahasannya.

Surat Panggilan Dimintai Keterangan dalam Penyelidikan

Pada kasus ini Anda hanya akan dimintai keterangan dan belum sampai pada tahap pemeriksaan. Tujuan pemanggilan ini adalah untuk meminta keterangan sehingga diketahui di dalamnya ada pelanggaran ataukah tidak

Meski masih di tahap penyelidikan, upaya paksa yang dilakukan saat pemanggilan terhadap saksi bisa saja terjadi. Sebab secara prinsip, siapapun yang dipanggil untuk dimintai keterangan wajib datang.

Jika tidak hadir, Anda bisa saja dianggap jadi menghalangi proses penegakan hukum. Ada risiko hukum jika mangkir dari panggilan polisi. Meski ancaman pidana biasanya hanya dikenakan pada tahap penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di pengadilan.

Surat Panggilan Pemeriksaan dalam Penyelidikan

Pada dasarnya, pemanggilan dari polisi merupakan salah satu upaya paksa dalam fase penyidikan. Hal ini selain penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan surat. Ketahui perbedaan jemput paksa, panggil paksa dan penangkapan.

Pemanggilan oleh penyidik untuk keperluan pemeriksaan ini terbagi dalam 3 status. Di antaranya yaitu sebagai saksi, sebagai keterangan ahli atau bahkan sebagai tersangka.

Bentuk surat panggilan dapat berbeda-beda tergantung dari instansi mana yang mengeluarkan serta apa tujuan surat pemanggilan tersebut. Namun, secara umum beberapa hal di atas bisa menjadi gambaran terkait contoh surat panggilan polisi.

Anda juga perlu mengetahui kapan polisi bisa melakukan jemput paksa agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan tersebut. Atau seandainya harus terjadi, Anda bisa menangani segera.Apabila mendapat panggilan dari kepolisian, baik untuk dimintai keterangan ataupun diperiksa dalam penyelidikan. Selama memuat hal-hal yang diuraikan dalam contoh surat panggilan polisi di atas, Anda tidak perlu ragu untuk mengikuti prosedurnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.