Ada beberapa contoh mal praktik dalam dunia kesehatan. Tentu hal ini perlu ditindak lanjuti lebih dalam. Jika Anda mengalaminya, ada langkah hukum jika menjadi korban mal praktik yang bisa ditempuh.

Sebab telah ada aturan hukum mal praktik yang telah ditegakkan di Indonesia. Ada juga sanksi hukum bagi pelaku mal praktik. Jadi, Anda bisa langsung melaporkannya.

Tidak perlu takut untuk melaporkannya, Anda akan mendapatkan perlindungan hukum. Selain itu, dengan melaporkannya, diharapkan akan ada efek jera bagi para pelaku. Dan juga agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Contoh Mal Praktik Dalam Dunia Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa contoh mal praktik yang ada di dalam dunia kesehatan atau medis.

1. Kesalahan dalam menangani persalinan

Mal praktek ini terjadi di Palembang. Sepasang suami istri harus rela menerima kenyataan pahit, bahwa bayi mereka tewas usai dilahirkan. Dengan kondisi kulit yang terkelupas dan juga leher patah.

Kondisi tersebut diduga sebab kesalahan dari bidan dalam menangani proses persalinan. Menurut berita, ini bukan kali pertama, sebelumnya juga sempat terjadi hal serupa yang dilakukan bidan ini.

2. Kebutaan usai operasi usus buntu

Kali ini, kasus mal praktek terjadi di Nusa Tenggara Timur. Kejadian ini menimpa anak berusia 14 tahun. Setelah baru saja menjalani operasi usus buntu, justru malah mata kanannya mengalami kebutaan.

Padahal sebelumnya, kedua matanya baik-baik saja. Pada mulanya, mata kanannya hanya bengkak. Ayahnya lantas mengeluhkan kondisi mata anaknya itu yang mulai memburuk. Namun kelamaan penglihatan mata sang anak benar-benar hilang.

3. Buta setelah lahir

Contoh mal praktik dalam dunia kesehatan selanjutnya adalah buta setelah lahir. Seorang ibu yang baru saja melahirkan bayi kembar harus menerima kenyataan pahit. Sebab, salah satu bayinya mengalami kebutaan.

Ibu itu bernama Juliana, melahirkan 2 bayi bernama Jared dan Jayden. Jared memiliki berat 1,5 dan Jayden 1,3. Mereka lahir premature, sehingga selama 42 hari harus dirawat di dalam incubator.

Kondisi fisik mereka memang baik-baik saja, namun mata mereka bermasalah. Mata Jeyden harus mengalami silinder 2,5 sedangkan Jared mengalami hal yang lebih parah, sebab kedua matanya buta.

Diduga masalah tersebut terjadi diakibatkan karena dokter yang menangani tidak melakukan SOP dan kurang mengontrol. Jared mengalami kebutaan total akibat kelebihan oksigen saat berada di dalam incubator.

4. Usai disuntik, balita meninggal

Kasus ini terjadi pada tahun 2015. Korban yang bernama Falya Rafaan meninggal dunia akibat mal praktik. Mal praktik diduga dilakukan oleh salah satu dokter di Rumah Sakit Awal Bros, Bekasi.

Falyaa sempat dirawat di ICU pada tanggal 29 Oktober sebelum akhirnya meninggal pada tanggal 1 November. Pada waktu itu, pihak keluarga merasa ada yang janggal.

Sebab, awalnya dokter mendiagnosa bahwa falya hanya menderita dehidrasi ringan. Menurut pengakuan kakaknya, adiknya sebelumnya sudah ceria, dan sudah mulai bisa bermain dengan dia. Bahkan dia sudah bisa berlari.

Namun naas, sebelum Falyaa pulang ada seorang dokter menyuntikkan cairan ke infusnya. Setelah disuntikkan cairan tersebut, Falyaa mendadak kritis, badannya membiru, keluar busa di mulut dan tidak lama dia meninggal.

5. Infeksi setelah operasi Caesar

Kejadian ini terjadi di Bintan Utara. Perempuan berusia 30 tahun harus mengalami infeksi setelah dia melakukan operasi Caesar. Contoh korban yang perutnya berlubang dan juga mengeluarkan bau busuk akibat mal praktik dalam dunia kesehatan.

Hal itu disebabkan karena pasca operasi, dia harus menjalani rawat inap selama 3 hari. Selama 3 hari itu, pihak Rumah Sakit tidak memeriksa luka operasinya bahkan perbannya juga tidak diganti.

Sampai dia akhirnya mulai mengeluh sakit pada bagian perut. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata dinding perutnya sudah basah serta menimbulkan bau tidak sedap. Bahkan hingga berlubang.

6. Salah obat

Awalnya, seorang petani di Kabupaten Bone memeriksakan diri ke Dokter karena mengeluh sakit kepala. Dokter itu lantas memberikan salep, yang harus dioleskan dipinggir mata atas dan bawah.

Tidak lama setelah itu, kedua mata petani itu mengalami rasa panas yang kuat sekali. Sampai akhirnya, kedua mata petani itu sama sekali tidak bisa melihat, dia mengalami kebutaan.

7. Akibat sunat laser, alat vital hampir hilang

Seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun, terancam cacat seumur hidup akibat alat vitalnya nyaris terpotong sepenuhnya. Hal tersebut terjadi setelah disunat menggunakan laser oleh seorang mantri yang ada di Jambi.

Mantri tersebut diduga melakukan kecerobohan ketika melakukan sunat menggunakan laser. Meskipun alat vitalnya tidak sampai terpotong sepenuhnya, namun jaringan kelamin bocah itu harus mengalami kerusakan. Kasus mal praktek ini merupakan salah satu kasus yang sangat perlu diperhatikan. Sebab, telah banyak sudah contoh mal praktik dalam dunia kesehatan yang telah terjadi di Indonesia.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.