Cara menghindari cyberstalking tentunya penting untuk dilakukan semua pihak yang tengah aktif bermedia sosial saat ini. Pertimbangan untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu alternatif dalam melakukan kegiatan sehari-hari tentu juga perlu filter kuat.

Pertimbangan yang cukup bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu menghindari sejak awal adanya cyberstalking ialah dampak buruknya yang sangat besar. Tidak banyak mungkin yang sadar bahwa penyebab dari depresi umumnya diawali oleh cyberstalking.

Keberadaan cyberstalking secara tidak langsung memang menjadi salah satu ancaman bagi korban. Korban yang tengah mengalami ancaman dari media sosial seperti cyber stalking ini umumnya akan lebih tertutup dan tentunya sangat ketakutan dalam membuka media sosial.

Contoh kasus cyberstalking di Indonesia yang seringkali terjadi ialah suatu pihak yang seringkali dibully karena memiliki hal tidak wajar. Umumnya proses bully dan cemoohan menjadi hal yang seringkali ditemukan sebagai alat utama pelaku dalam cyberstalking.

Jika korban tengah mengalami ancaman serta tekanan secara terus menerus maka ada dampak negatif berupa depresi tingkat tinggi yang umumnya berakhir pada bunuh diri. Sehingga tidak jarang ditemukan beberapa aspek kasus bunuh diri oleh beberapa pihak secara diam-diam.

Mekanisme kerja para pelaku dalam melakukan aksi tersebut umumnya dilakukan dengan cara mengintai setiap gerak gerik korban. Apabila Anda informasi lebih dan ada peluang untuk mengomentari atau bahkan menyebarkan maka tindakan cyberstalking akan dilakukan.

Pentingnya keberadaan masalah berat ini secara tidak langsung juga telah diatur oleh pasal penjerat pelaku cyberstalking. Akan tetapi sebelum masuk pada ranah hukum ada baiknya semua pengguna media sosial harus tahu bagaimana cara mencegah hal tersebut.

3 Cara Menghindari Cyberstalking dengan Aman

Pentingnya untuk menghindari adanya ancaman dari cyberstalking ini perlu dilakukan sejak dini sebab secara tidak langsung bisa mencegah adanya ancaman besar berupa depresi yang berlanjut bunuh diri. oleh sebab dibawah ini merupakan tips menghindari cyberstalking.

Meningkatkan Keamanan Online

Salah satu langkah dini yang bisa dijadikan aspek penting dalam melakukan pencegahan cyberstalking ini adalah meningkatkan keamanan secara online. Pertimbangan untuk bisa melakukan hal ini tentu sangat berhubungan dengan media sosial.

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan seringnya melakukan perubahan pada kata sandi dan password media sosial. Dengan perubahan secara berkala maka kemungkinan keamanan akan lebih meningkat khususnya dari ancaman cyberstalking.

Aspek selanjutnya adalah dengan menggunakan VPN sebagai alternatif awal dalam menyambungkan media sosial Anda melalui perangkat yang terhubung pada wifi. Sehingga kapasitas untuk melakukan pencegahan tersebut akan lebih cepat.

Menjaga Jejak Digital

Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah menjaga jejak digital agar tetap aman. Hal ini perlu dilakukan untuk menyiapkan berbagai macam aspek penting berupa keamanan data Anda selama menggunakan media sosial tersebut.

Salah satu aspek dalam melakukan keamanan jejak digital adalah dengan tidak menggunakan nama lengkap. Selanjutnya juga menghindari untuk menggunakan lokasi pada saat akan memposting foto atau juga video.

Aspek untuk menjaga jejak digital selanjutnya bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan fungsi privasi dan persetujuan. Sehingga semua pengguna media sosial yang hendak mengikuti Anda perlu persetujuan terlebih dahulu untuk bisa mengikuti.

Hal ini terbukti bisa memberikan dampak keamanan lebih baik bagi semua pengguna media sosial khususnya untuk menghindari adanya cyberstalking.

Menyiapkan Payung Hukum

Aspek terakhir yang perlu untuk Anda perhatikan ialah menyiapkan payung hukum sejak dini. Hal ini tentunya penting disadari sebagai salah satu pencegahan awal bagi semua pengguna agar tetap merasa aman dalam bermedia sosial.

Sebab tidak ada satu pihak yang bisa mengetahui kapan persoalan seperti cyberstalking ini tengah menjerat korban. Sehingga pada saat terjadi Anda sudah bisa memperkirakan dan mengetahui bagaimana cara melaporkan pelaku cyberstalking sesuai prosedur.

Menyediakan payung hukum sejak dini akan membuat Anda juga merasa lebih aman dalam bermedia sosial. Apabila ada indikasi ancaman atau ada akun yang sedang mengintai maka bisa disiapkan strategi awal misalnya catatan jejak digitalnya.

Itu dia cara untuk menghindari adanya cyberstalking. Semua aspek mengenai semua hal dalam cara menghindari cyberstalking ini akan terus dikembangkan semua pihak.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.