Adakah cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer? Banyak orang bisa menjadi panik jika mereka melakukan kesalahan dengan pengiriman uang mereka. Dengan kemudahan bertransaksi saat ini, seringkali konsumen salah menginput dan mentransfer uang kepada orang yang salah atau dalam jumlah yang tidak sesuai.

Di masa internet sekarang ini, Anda bisa mengirim uang dengan menggunakan Internet Banking atau Mobile Banking. Kenyataannya, banyak orang sudah terbiasa menggunakan platform digital untuk mentransfer dana. Sebenarnya, ada cara yang bisa dicoba untuk menarik uang kembali, sehingga Anda tidak perlu terlalu panik.

Cara Menarik Kembali Uang Yang Sudah Ditransfer ke Rekening Orang Lain

Siapa pun dapat membuat kesalahan saat melakukan transfer uang mereka. Anda mengirim uang ke rekening orang lain karena Anda salah memasukkan nomor atau karena Anda sedang terburu-buru dan tidak bisa fokus. Atau mungkin Anda menjadi korban penipuan online sehingga sudah terlanjur transfer. Jika kesalahan disebabkan oleh Anda sendiri, Anda harus segera mengurusnya agar bisa dikembalikan. Ikuti cara untuk menarik uang kembali setelah transfer berikut:

1. Tenangkan Diri

Tenangkan diri Anda sejenak agar dapat berpikir jernih. Anda salah mentransfer uang dan hal itu sudah terjadi. Daripada memikirkan tentang kesalahan Anda, sebaiknya Anda memikirkan tentang hal yang tepat untuk mengurus cara menarik dan batalkan uang yang sudah ditransfer ke penipu. Tidak perlu memikirkan tentang bagaimana jika dana tidak kembali.

2. Laporkan ke Bank

Cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer tentu harus menghubungi bank terlebih dahulu untuk menceritakan kronologi salah transfer. Telepon call center atau layanan pelanggan bank untuk mengadukan masalah ini. Jika Anda transfer ke lain bank, Anda juga harus menelepon layanan pelanggan bank tersebut.

3. Siapkan Data Diri dan Bukti

Cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer selanjutnya yaitu antri di  jalur Customer Service (CS) setelah tiba di bank untuk melaporkan kesalahan transfer. Anda dapat memberi tahu CS seluruh rangkaian kejadian terhadap kasus salah transfer Anda. Ingatlah untuk membawa informasi atau identitas pribadi Anda. Siapkan kartu identitas dan buku tabungan. Anda juga wajib membawa ponsel atau laptop jika transfer dilakukan menggunakan Internet banking atau SMS banking. Keberadaan data pribadi diperlukan agar data dapat dicek kebenarannya.

4. Verifikasi dari Bank

Sebelum cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer bisa dilakukan, bank akan melakukan verifikasi data dan aktivitas transfer. Jika CS mengklaim akan mengurus semuanya dan Anda harus menunggu, maka ikutilah saran dari CS. Seorang CS atau petugas bank lain akan bertindak sebagai perantara untuk mengurus uang Anda dengan penerima uang. Apakah bank akan mengembalikan uang? Tidak, bank hanya akan menjadi perantara.

5. Pengembalian Uang

Jika penerima setuju untuk mengembalikan uang, bank akan memotong dana dari rekening penerima dan mengembalikannya kepada Anda. Cara mengembalikan uang yang sudah ditransfer ini akan memakan waktu sekitar dua minggu. Jika penerima tidak bersedia mengembalikan uang Anda, mak Anda dapat mengajukan gugatan di pengadilan. Biasanya, tidak mengembalikan uang adalah ciri ciri kena penipuan online.

Baca Juga: Kasus Salah Transfer, Penggunaan Pasal 85 UU Transfer Dana Harus Hati-hati

Cara Menghindari Salah Transfer

Kasus salah transfer seringkali terjadi di antara para nasabah yang menggunakan bank untuk mentransfer sejumlah uang. Nasabah yang tidak hati-hati dalam membaca rekening dan identitasnya dapat melakukan kesalahan hingga menjadi korban penipuan transfer dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Setelah mengetahui cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer, ada baiknya bagi para pembaca untuk mengetahui tips agar tidak salah transfer ke rekening orang lain.  Jadi, apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari salah transfer?

Beberapa bank menyatakan bahwa dana yang telah ditransfer ke rekening orang lain akan sangat sulit untuk ditarik kembali oleh bank. Terutama karena kesalahan transfer nasabah bukan merupakan tanggung jawab bank. Akibatnya, nasabah harus berhati-hati saat melakukan transfer.

  1. Perhatikan nama lengkap dan nomor rekening penerima transfer.
  2. Periksa kembali bahwa penerima transfer dana yang Anda tuju memiliki nama yang sama dengan yang tertera di catatan Anda sebelum melakukan transfer.
  3. Periksa juga nomor rekening penerima. Agar lebih aman, selalu periksa dua hingga tiga kali untuk memastikan.
  4. Untuk menghindari salah pencet, hapus data nomor rekening yang tidak lagi diperlukan dari akun M-Banking Anda.

Cara menarik kembali uang yang sudah ditransfer ke rekening yang salah memang tidak terlalu mudah. Namun, Anda tetap harus mencoba melakukannya terutama bila jumlah uang yang salah transfer cukup besar.

Tanyakan Pada Justika Jika Uang Salah Transfer

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online menyediakan beberapa layanan untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan hukum perbankan seperti salah transfer. Mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun bisa membantu permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau yakni Rp 30.000 saja. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 dengan biaya Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.