Jika dahulu model penipuan dengan cara menelepon korban dan mengaku dari pihak kepolisian, saat ini banyak yang menggunakan akting tilang. Korban akan ditelepon dengan nomor reguler yang seolah-olah mengaku saudara dari Anda. Penipu tersebut hafal dengan hubungan keluarga Anda, dan mengaku bahwa dia sedang ditilang oleh polisi. Anda diminta menjadi penjamin yang katanya perintah dari komandan polisi. Pada akhirnya, polisi tersebut akan meminta Anda mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu.

Cara melaporkan rekening penipu cukup gunakan:

  1. Cekrekening.id

Anda bisa masukkan ke dalam kolom nomor rekening yang penipu tersebut kemudian pilih banknya dan klik tombol periksa rekening. Jika terindikasi rekening mencurigakan maka Anda bisa mengisi kolom laporan dengan log in ke situs tersebut. Kemudian Anda bisa menceritakan kronologisnya dan berapakah uang yang telah disetorkan. Kendati uang tidak kembali tetapi setidaknya pihak berwajib akan melacak keberadaan rekening abal tersebut agar tidak terulang kembali.

  1. Kredibel.co.id

Situs berikutnya yang bisa dipakai Cara melaporkan rekening penipu adalah kredibel.go.id dengan memasukkan rekening penipu dan klik cek. Anda juga akan mendapati kolom pengaduan, isilah dan nantikan respons dari pihak pemilik situs. Biasanya akan diberikan keterangan asal nomor ponsel penipu tersebut agar Anda kelak bisa berhati – hati lagi.

Penipu akan menggunakan nomor berbeda dan akting yang lainnya lagi agar korbannya mau mengirimkan uang.

  1. Lapor.go.id

Situs ini juga malayani aksen berbau penipuan dengan cara, Anda harus log in dahulu dan menceritakan ke kolom pengaduan. Kolom pengaduan bisa berisikan nomor telepon penipu, atau nomor rekeningnya. Akan ada beberapa konsep tipuan yang akan ditulis di sana, mungkin Anda bisa membaca untuk menambah wawasan pengalaman agar kelak tidak ditipu.

  1. Cs layanan ojk

Ojk atau otoritas jasa keuangan juga getol menyediakan layanan CS ke nomor 1-500-655 sebagai nomor resmi pengaduan. Cara melaporkan rekening penipu juga bisa dikirim aduan ke email konsumen@ojk.go.id dengan mengambil bukti nomor ponsel atau rekaman panggilan.

Bagaimana Nomor Rekening Penipu Bisa Terindikasi ke Pihak Bank Padahal Sudah Ketat?

Nah, penipu akan membayar orang lain untuk membuka rekening atas nama orang lain beserta data yang asli. Pihak bank tidak akan mendetil jika pembuka rekening adalah seseorang dengan data asli yang disertakan. Saat rekeningnya jadi, maka penipu hanya akan memberikan uang tip atau komisi. ATM dan buku tabungan masih atas nama pembuka yang belum tentu penipu. Jelas ya? Cara melaporkan penipuan online dengan melacak nomor rekening penipu memang tidak akan mengembalikan uang Anda tetapi jika pihak berwajib tepat dan cepat melacak maka rekening tersebut bisa segera dibekukan dan berharap tidak ada korban lagi. Hati-hati saat Anda mengisi pulsa karena nomor ponsel bisa dicuri dan disalahgunakan oleh penipu.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.