Cara melaporkan arisan online ilegal sekarang sudah bisa dan mudah untuk dilakukan. Penipuan online memang membuat siapa pun mesti waspada dan berhati – hati. Ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi, peluang penipuan juga semakin berkembang. 

Sehingga siapa saja harus selalu waspada dengan aksi kejahatan satu ini. Seperti halnya dugaan penipuan berupa arisan online yang sering kali terjadi. Korbannya pun tidak 1 atau 2 orang saja, melainkan sudah banyak dari kalangan masyarakat yang juga jadi korban. 

Namun belum berani dan enggan melaporkan pelaku ke pihak kepolisian. Tidak main – main, total kerugian yang dialami oleh para korbannya pun sangat besar, bahkan bisa menyentuh angka ratusan sampai miliaran rupiah.

Begini Cara Melaporkan Arisan Online Ilegal 

Jika Anda menjadi salah satu korban penipuan artisan online ilegal, tidak perlu takut dan panik. Hal yang mesti Anda lakukan pertama kalinya adalah dengan melaporkan penipuan berkedok arisan online tersebut kepada pihak berwajib. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melaporkan adanya arisan online yang ilegal dan mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda :

  1. Melaporkan Arisan Online Ilegal Melalui Lapor.go.id 

LAPOR! atau kepanjangan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, merupakan sebuah layanan yang telah dikelola resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kementerian PANRB guna menampung seluruh aduan dari masyarakat.

Layanan LAPOR! juga telah terhubung dengan puluhan kementerian lainnya, lembaga pemerintah, dan ratusan pemerintah daerah yang ada di Indonesia. Selain bisa melaporkan kasus kriminal, Anda pun bisa juga cara melaporkan arisan online ilegal, serta bentuk penipuan yang lainnya.

Langkah pelaporannya juga sangat sederhana sekali, hanya perlu membuka situs LAPOR! dan isi seluruh data yang dibutuhkan. Lalu, instansi bakal menindaklanjuti laporan tersebut dalam waktu 5 hari.

  1. Melaporkan Melalui Situs Cekrekening.id 

Selain bisa melaporkan kasus penipuan yang sedang dialami, Anda pun dapat melaporkan nomor rekening yang digunakan oleh penipu. Hal tersebut bertujuan agar langsung diketahui oleh seluruh masyarakat sehingga bisa mencegah kasus yang serupa.

Cekrekening.id adalah salah satu tempat yang bisa untuk Anda laporkan nomor rekening penipu. Situs ini dimiliki oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Di dalamnya sudah ada banyak nomor rekening yang berhubungan langsung dengan tindak pidana penipuan.

Proses pelaporan rekening ini pun bisa dilakukan secara online, baik melalui website atau pun aplikasi, serta secara offline dengan Anda langsung kunjungi call center Kominfo dengan membawa bukti salinan dugaan tindak penipuan arisan online.

  1. Langsung Lapor ke Kepolisian 

Selanjutnya cara terakhir untuk melaporankan tindak penipuan berupa arisan online ini adalah dengan langsung datang ke kantor kepolisian terdekat. Anda juga bisa menyiapkan beberapa bukti untuk memperkuat aduan tersebut. 

Di antaranya adalah bukti screenshot, foto, rekaman suara, serta video. Lalu, Anda bisa datang ke kantor kepolisian, kami sarangkan untuk mendatangi di Polres guna tindak pidana siber. Langkah hukum jika arisan online bubar di tengah jalan pun bisa langsung Anda laporkan.

Mengenal Jenis Arisan yang Populer di Kalangan Masyarakat

Sebenarnya tujuan utama dari diadakannya arisan ini adalah mempererat silaturahmi, kebersamaan dan juga keakraban. Nominal uang yang sudah dikumpulkan juga tidak melulu jadi tujuan utamanya.

Bagi anggota yang telah keluar sebagai pemenang, maka bisa memeroleh pinjaman tanpa bunga. Sistem arisan juga berupa undian atau kocokan, maka tiap anggota mesti sabar sembari menunggu giliran.

  1. Arisan biasa 

Umumnya arisan ini dimulai dengan mengadakan pertemuan anggota yang waktunya sudah disepakati bersama. Kemudian, sejumlah anggotanya menyetorkan uang dengan jumlah yang sama.

Sesudah uang arisan terkumpul, lalu ketua akan mengundi dengan cara mengocok sejumlah nama – nama dari para anggota. Lalu, nama anggota yang keluar dari undian kocokan tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sistem arisan ini dikenal secara menyeluruh oleh masyarakat Indonesia. Sistemnya pun tidak selalu dengan kocokan, ada juga dengan nomor dari pemenang berdasarkan dari nomor urutan undian.

  1. Arisan online 

Untuk jenis arisan online ini hampir sama seperti arisan pada umumnya, di antara anggota pun ada yang kenal atau tidak. Sistemnya kadang dibuat menurun berdasarkan pada pemilihan nomor urutan dan jumlah setoran yang disepakati.

Nah untuk arisan online ini ternyata cukup riskan dan memiliki risiko tinggi seperti rawannya penggelapan uang. Banyak juga kasus penipuan yang berkedok seperti arisan online. Perlu diketahui bahwa aturan hukum arisan online bisa dikenakan tindak pidana.Di atas ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari modus penipuan. Cara melaporkan arisan online ilegal sudah bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari online hingga datang langsung ke kantor kepolisian terdekat.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.