Ancaman Hukuman penganiayaan hewan di Indonesia bisa dikatakan sudah cukup tegas. Akan tetapi masih banyak orang bertanya-tanya Mengapa tindak kekerasan terhadap hewan peliharaan di Indonesia masih sangat tinggi.

Mungkin Salah satu alasan utamanya yaitu adalah untuk melakukan penindakan terhadap pelaku kekerasan terhadap Hewan cukup rumit. Salah satunya yaitu adalah karena tidak adanya peran aktif masyarakat dalam melaporkan ketika terjadi tindakan kekerasan terhadap hewan.

Undang undang penganiayaan hewan peliharaan sendiri sudah menyatakan dengan jelas dan tegas mengenai hukuman bagi para pelaku penganiayaan terhadap hewan. Dalam beberapa tahun terakhir ada beberapa kasus penganiayaan terhadap hewan kembali viral di media sosial. 

Jaga terus dibiarkan seperti ini nantinya bisa menyebabkan terjadinya kepunahan. Banyak hewan disiksa dan dibunuh tentunya akan menyebabkan penyesalan tersendiri nantinya. Tersebut harus segera dihentikan untuk menyelamatkan hewan-hewan dari kepunahan.

Ancaman Hukuman Penganiayaan Hewan di Indonesia Sangat Nyata

Walaupun belum berjalan dengan maksimal sebenarnya aturan mengenai perlindungan hewan di Indonesia sudah sangat jelas dan nyata. Berikut beberapa aturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menjamin kesejahteraan hewan.

  1. Jika terjadi praktik kekerasan di masyarakat seperti, pemukulan, pencekikan, pembuangan, maka bisa dikenakan hukuman maksimal 12 tahun penjara.
  2. Dalam hal pengandangan dan perantaian jika sampai terjadi pengandangan yang tidak layak, ketersediaan makanan dan air yang tidak cukup, kemudian penyiksaan bisa dikenakan hukuman maksimal 2 tahun penjara.
  3.  Tindakan pembunuhan dan atau peracunan anjing atas permintaan masyarakat atau pemerintah akan dikenakan hukuman maksimal 12 tahun penjara.
  4. Perdagangan daging anjing juga akan digunakan hukuman akan tetapi berbeda-beda antara pemasok, penjual dan pembeli. Hukumannya tidak main-main, hukuman maksimal yaitu mencapai penjara seumur hidup.

Jika melihat beberapa data diatas tentunya sudah sangat tegas. Akan tetapi masih sangat menjadi pertanyaan mengapa kasus kekerasan terhadap hewan sangat marak terjadi di Indonesia. Sanksi hukum penganiayaan hewan peliharaan terlihat sangat tegas.

Penerapannya dilakukan dengan baik tentunya bisa membuat jera para pelaku penyiksaan terhadap hewan. Untuk melakukan hal ini Tentunya pemerintah harus dibantu oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat harus berperan aktif dalam melaporkan berbagai macam tindakan Kekerasan terhadap hewan. Karena sampai saat ini masih ada banyak sekali para pelaku kejahatan terhadap hewan akan tetapi tidak mendapatkan hukuman apapun.

Masyarakat juga harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem di bumi. Menjaga kelestarian hewan itu sama artinya menjaga ekosistem yang ada di Indonesia tetap seimbang.

Masih Banyak yang Peduli Terhadap Kesejahteraan Hewan

Walaupun masih banyak terjadi kasus kekerasan Terhadap hewan, Sebenarnya masih banyak orang atau komunitas yang peduli terhadap kesejahteraan hewan di Indonesia.

Ancaman hukuman penganiayaan hewan di Indonesia yang sudah sangat jelas akan tetapi belum berjalan maksimal membuat banyak orang Untuk berperan dalam menjaga kesejahteraan hewan peliharaan.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam komunitas yang bergerak untuk menyelamatkan hewan-hewan terlantar seperti misalnya anjing dan kucing. Banyak sekali anjing dan kucing yang tidak diperlakukan baik majikannya.

Tidak jarang ada ada anjing atau kucing yang ditemukan di jalanan dalam kondisi cacat dan kelaparan. Hal ini mengundang keprihatinan beberapa orang dan akhirnya mengambil Mereka kemudian dirawat dengan baik supaya bisa hidup dengan layak.

Jika Anda belum mampu melakukan hal tersebut maka bisa memulai dengan hal kecil terlebih dahulu. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu adalah memperlakukan hewan-hewan peliharaan di rumah dengan baik dan benar.

Selain Itu jika Anda mengetahui adanya tindakan kekerasan terhadap hewan alangkah baiknya Segera melaporkan terhadap pihak berwajib. Karena di Indonesia bukan hanya ada ancaman hukuman tentang penganiayaan hewan akan tetapi bagi orang yang mengetahui adanya penganiayaan tetapi tidak melaporkan juga bisa terjerat hukuman.

Di Indonesia sendiri masih bisa dikatakan tingkat kesejahteraan hewan peliharaan masih cukup rendah. Banyak hewan peliharaan yang ditempatkan di kandang tidak layak dan mendapatkan makanan saat adanya tanpa perlindungan kesehatan.

Jika ada rencana untuk memelihara hewan di rumah pastikan segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai melakukan eksploitasi berlebihan apalagi penganiayaan karena ancaman hukuman penganiayaan hewan sudah sangat jelas.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.