Surat keterangan cerai mati perlu dimiliki oleh pria maupun wanita menikah yang cerai dari pasangannya karena meninggal dunia. Surat tersebut biasanya menjadi salah satu persyaratan ketika duda atau janda akan menikah lagi. 

Perbedaan Cerai Mati dan Cerai Talak

Surat keterangan cerai mati menunjukkan bahwa yang bersangkutan sudah tidak lagi terikat dalam perkawinan karena dipisahkan oleh maut (duda mati atau janda mati). Seseorang dinyatakan duda atau janda mati dibuktikan dengan surat keterangan kematian pasangan meninggal. Selain mengurus dokumen tersebut, Anda juga perlu mengurus status perkawinan di Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Janda atau duda karena cerai mati berbeda dengan duda janda cerai talak. Untuk kasus cerai talak, yang menjadi bukti seseorang dikataka single adalah adanya akta perceraian yang diterbitkan Pengadilan Agama.

Fungsi Akta Kematian 

Akta kematian suami/istri menjadi dokumen yang sering digunakan untuk mengurus beberapa keperluan, di antaranya adalah:

  • Pengurusan penetapan ahli waris
  • Pengajuan klaim asuransi
  • Mengurus pensiun duda/janda
  • Salah satu persyaratan untuk menikah kembali

Syarat Untuk Pengajuan Surat Keterangan Cerai Mati

Persyaratan untuk mendapatkan surat keterangan cerai mati sebenarnya sama dengan pengajuan surat keterangan cerai hidup. Berikut ini adalah beberapa persyaratannya:

  • Membawa surat pengantar dari RT/RW setempat
  • Membawa salinan Kartu Keluarga
  • Membawa salinan Kartu Tanda Penduduk
  • Membawa dokumen asli dan salinan akte cerai
  • Membawa dokumen asli dan salinan surat keterangan kematian dari istri/suami
  • Membawa Salinan bukti pelunasan PBB di tahun berjalan.

Mekanisme Pengajuan Surat Keterangan Cerai Mati

Untuk mendapatkan surat keterangan cerai mati dari desa, pemohon perlu mengikuti langkah-langkah sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan yaitu sebagai berikut

  • Pihak pemohon mendatangi kelurahan setempat dan menemui petugas pelayanan dengan membawa dokumen dan berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.
  • Selanjutnya petugas pelayanan akan mengecek berkas-berkas tersebut memeriksa kelengkapannya. Jika berkas sudah lengkap, pemohon akan diarahkan ke loket pelayanan
  • Di Layar Pelayanan terdapat beberapa pilihan layanan yang disediakan oleh kelurahan tersebut, Pilihlah layanan sesuai kebutuhan dan serahkan berkas yang dibawa tadi ke bagian operator.
  • Operator akan memproses layanan Anda dan mendistribusikan berkas yang dikumpulkan tersebut kepada pejabat terkait untuk ditandatangani dan dilegalisasi.
  • Kemudian pemohon akan mendapatkan dokumen surat keterangan cerai yang sudah dilegalisasi oleh kelurahan. Jika berhalangan untuk mengambil sendiri, pemohon dapat meminta orang lain untuk mengambilnya dengan melampirkan surat kuasa pengambilan akta cerai.

Untuk mendapatkan dokumen tersebut, pemohon tidak memerlukan waktu yang lama. Waktu penyelesaian surat keterangan cerai mati dari kepala desa biasanya hanya sekitar 15 menit setelah diproses oleh operator. Pemrosesan layanan tersebut mulai dari pemeriksaan kelengkapan berkas, pemrosesan layanan dengan aplikasi, hingga tanda tangan atau legalisasi. Selain itu untuk mendapatkan dokumen tersebut Anda juga tidak akan dikenakan tarif alias gratis.Demikian sedikit informasi mengenai fungsi dan cara pengajuan surat keterangan cerai mati. Dengan mengurus dokumen tersebut, berbagai urusan janda/duda mati nantinya akan menjadi lebih mudah.

Konsultasi Terkait Hukum Kini Lebih Mudah, Dengan Layanan di Justika

Anda bisa mengkonsultasikan perihal surat keterangan cerai mati tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Untuk itu, konsultasikan kebingungan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.