Banyak orang yang kurang tahu bahwa dalam perceraian ada istilah duplik perceraian. Duplik ini menjadi hal yang penting khususnya pada saat sidang cerai. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai duplik perceraian hingga contoh duplik perceraian.

Apa Itu Duplik?

Urutan dalam sidang perdata yang dalam hal ini juga termasuk perceraian adalah pembacaan gugatan, jawaban, replik dan terakhir ada duplik. Setelah gugatan dibacakan penggugat, selanjutnya tergugat akan membuat jawaban atas gugatan yang sudah disampaikan sebelumnya.

Kemudian penggugat akan memberikan jawaban yang tadi sudah disampaikan oleh tergugat. Terakhir tergugat akan memberikan tanggapan atas jawaban tersebut atau yang disebut dengan duplik.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa yang dimaksudkan dengan duplik adalah jawaban dari tergugat atas replik yang disampaikan penggugat. Duplik dalam perceraian tersebut nantinya akan berisi mengenai hal-hal yang bisa menguatkan jawaban tergugat.

Apa Itu Sidang Agenda Duplik?

Sidang agenda duplik berarti pembacaan duplik yang merupakan jawaban atas replik yang dilakukan oleh penggugat yang mana hal tersebut menjadi hak Anda memberikan tanggapan pada penggugat.

Unsur Yang Wajib Terdapat Dalam Duplik Perceraian

Dalam membuat duplik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Tanggal Pengajuan

Hal pertama yang penting ketika Anda ingin membuat duplik perceraian adalah tanggal kapan contoh duplik perceraian tersebut diserahkan ke pengadilan. Hal tersebut penting untuk membantu memudahkan dalam mendata perkara perceraian yang sedang terjadi.

2. Pihak yang Dituju

Ketika membuat duplik atau jawaban dari tergugat, juga perlu mencantumkan pihak atau kepada jawaban tersebut diberikan, dimana pengadilan tempat mengajukan sidang cerai dan nomor perkara juga perlu dimasukkan.

Tujuannya untuk membantu majelis hakim memeriksa dan mengetahui berkas perkara yang nantinya akan disidangkan.

3. Judul

Untuk judul pada contoh duplik perceraian, maka tertulis duplik tergugat.

4. Pengantar Duplik

Duplik perceraian tersebut dibuat dan ditujukan pada Majelis Hakim yang nantinya akan memeriksa dan mengadili perkara perceraian Anda. Selain itu, yang juga penting adalah tujuan dari pengantar tersebut juga harus jelas.

5. Isi Duplik

Hal yang penting ada dalam contoh duplik perceraian adalah isi duplik. Jika dalam isi replik terdapat poin eksepsi, maka Anda bisa menyanggah jawaban penggugat dalam repliknya tersebut.

Pada duplik, ada beberapa hal yang bisa dituliskan yaitu sanggahan pada eksepsi dan sanggahan pada pokok perkara.

6. Petitum

Petitum dalam contoh duplik perceraian akan berisi mengenai ringkasan jawaban yang sudah Anda berikan dalam isi duplik. Dalam petitum akan berisi mengenai 4 poin yang diminta oleh tergugat, yaitu meminta eksepsi dikabulkan, meminta gugatan penggugat ditolak sepenuhnya, menerima eksepsi rekonvensi yang diajukan, dan mengabulkan gugatan rekonvensi yang sudah Anda ajukan.

7. Cantumkan Tanda Tangan

Unsur terakhir yang ada dalam contoh duplik perceraian adalah tanda tangan sebagai bentuk bukti sah bahwa Anda sudah membuat dokumen tersebut.

Baca juga: Urutan Sidang Perceraian yang Diatur di Pengadilan Agama

Contoh Duplik Perceraian

Berikut adalah contoh duplik perceraian terbaik yang bisa Anda jadikan referensi

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.