Sebuah perusahaan perlu adanya peraturan perusahaan yang membantu agar tujuan perusahaan bisa tetap berjalan dengan baik dan terus berkembang. Namun peraturan perusahaan tersebut harus dibuat secara hukum oleh instansi ketenagakerjaan. Tujuannya agar memiliki kedudukan yang kuat dimata hukum. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya peraturan perusahaan yang sah secara hukum.

Dasar Hukum

Menurut Undang-Undang Pasal 1 angka 2 mengenai Ketenagakerjaan, peraturan perusahaan adalah peraturan yang ditulis oleh pengusaha yang didalamnya berisi syarat kerja dan juga tata tertib perusahaan. 

Peraturan perusahaan tersebut wajib dibuat ketika perusahaan sudah memiliki lebih dari 10 pekerja dan mulai berlaku secara sah sejak disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan atau pejabat yang ditunjuk. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa hal tersebut tidak berlaku untuk jenis perusahaan yang sudah membuat surat perjanjian kerja bersama. 

Peraturan perusahaan tersebut sudah secara sah digunakan ketika sudah lebih dari 30 hari sejak diberikannya pengesahan peraturan perusahaan. Dalam kata lain jika sudah lebih dari 30 hari, maka peraturan perusahaan sudah dianggap sah. 

Pentingnya Peraturan Perusahaan yang Sah Secara Hukum

Ketika sebuah perusahaan sudah memiliki lebih dari 10 pekerja, maka diwajibkan untuk membuat peraturan perusahaan yang sah secara hukum. Pentingnya peraturan perusahaan ini sebagai bentuk profesionalisme sebuah perusahaan. Selain itu jika tidak membuat peraturan perusahaan, maka pengusaha bisa dikenai sanksi denda minimal Rp 5.000.000 hingga maksimal Rp 50.000.000.

Pentingnya peraturan perusahaan juga sebagai bentuk untuk menjaga keseimbangan antara kewajiban dan hak pekerja, menciptakan hubungan kerja yang harmonis, meningkatkan kesejahteraan pekerja dan juga keluarga dan beberapa hal lainnya. 

Peraturan perusahaan yang tidak disahkan juga bisa menimbulkan perselisihan kepentingan dimana yang sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 2 Tahun 2004 mengenai Penyelesaian Hubungan Industrial. Nantinya perselisihan tersebut harus diselesaikan secara bipartit, yakni perundingan yang terjadi antara pengusaha dengan pekerja atau serikat pekerja.

Kemudian bagaimana jika peraturan perusahaan tidak disahkan? Peraturan perusahaan yang tidak disahkan atau tidak diajukan pengesahannya, maka tidak memiliki kekuatan hukum atau juga tidak berlaku. Sehingga pentingnya peraturan perusahaan yang sah secara hukum agar tidak menimbulkan perselisihan kepentingan.  

Tanyakan Langsung Dengan Justika Perihal Peraturan Perusahaan

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.