Masalah ketenagakerjaan di Indonesia dan solusinya merupakan satu topik menarik yang banyak didiskusikan oleh para akademisi ekonomi saat ini.

Sebab hal ini menjadi salah satu penyebab kemunduran ekonomi negara, dan yang pasti tidak bisa menyaingi struktur ekonomi negara-negara maju dan berkembang di dunia.

Saat ini kami berkesempatan mengajak anda untuk mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan solusi penyelesaian masalah ketenagakerjaan.

Inilah 5 Catatan Penting dari Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Solusinya

Adapun tujuan penulisan artikel ini, antara lain yaitu untuk membahas 5 solusi dalam memecahkan masalah ketenagakerjaan.

Penasaran bagaimana solusinya? Yuk kita bahas langsung penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini ya. 

1. Rajin Sekolah, Tingkatkan Mutu Pendidikan

Jika akhir-akhir ini banyak pengaduan masalah ketenagakerjaan di setiap daerah yang ada di Indonesia, maka kunci jawaban yang paling jitu dari kami untuk menjawab solusi masalah berikut dengan cara rajin sekolah, serta meningkatkan mutu pendidikan.

Dengan begitu, anda bisa membuat satu alternatif dan lolos dari tantangan “sulit mencari pekerjaan tahun 2021”. Sebab jika anda dahulu rajin sekolah ya saat ini bisalah bekerja dengan baik.

2. Mengubah Pola Hidup Malas menjadi Rajin

Kunci terciptanya kemacetan mencari kerja yaitu banyaknya pola hidup malas yang tertanam sejak dini. Kami menyarankan untuk terhindar dari pola hidup malas dan mengubahnya menjadi sikap yang rajin ya.

Sebab dengan begini anda juga sudah membantu pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan, dan yang pasti tidak membiarkan masalah ketenagakerjaan semakin berkembang biak bukan?

3. Ulet dan Tingkatkan Etos Kerja

Cara ketiga untuk menuntaskan masalah ketenagakerjaan yaitu dengan teknik ulet dan meningkatkan etos kerja. 

Memiliki etos kerja yang tinggi tentu menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi anda kelak dikemudian hari. 

Mungkin anda sekarang belum bisa bekerja karena kurang meningkatkan etos kerja, coba deh sekali-kali anda lakukan peningkatan semangat untuk bekerja, dan ambil peluang-peluang pekerjaan di sekitar anda ya.

4. Menerima Segala Bentuk Pekerjaan Asalkan (Hallal)

Cara keempat juga sangat strategis loh buat anda yang belum punya pekerjaan hingga saat ini, karena memilih-milih jenis pekerjaan.

Menurut kami sih kerja apa saja yang penting menghasilkan uang, dan yang pasti bisa menafkahi keluarga dengan hasil kerja keras yang halal.

Coba deh, jika anda melakukan cara ini, pasti akan terasa lebih menikmati pekerjaan, dan yang penting telah menikmati prosesnya yang bisa membuat kita bersyukur tiada henti.

5. Jangan Tergiur dengan Pendapatan yang Tinggi, Namun Belum Pasti

Kebanyakan orang sekarang menganggur karena memilih-milih jenis pekerjaan dengan kualitas pembayaran yang menggiurkan.

Tapi hati-hati loh dengan cara berpikir seperti ini, jangan sampai anda terhipnotis dengan gaji yang besar namun belum pasti dibayar. Ingat penipuan sekarang merajalela dimana-mana.Nah itulah beberapa uraian dari masalah ketenagakerjaan dan solusinya berdasarkan versi terbaru dari kami. Semoga 5 uraian ini bisa jadi bahan pembelajaran bagi anda ya.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.