Banyak orang penasaran apakah benar hak karyawan kontrak yang tidak diperpanjang berhak diperoleh secara gratis? Mengingat kebanyakan pekerja sekarang mengikuti perusahaan yang dikontrak dengan jangka waktu tertentu tanpa melanggar aturan.

Keberadaan perusahaan dalam memberikan kontrak berjangka pada karyawan memang telah menjadi hal umum. Khususnya di Indonesia, hampir semua perusahaan selalu mencari pekerja yang mau dikontrak dalam beberapa waktu tertentu.

Aturan depnaker karyawan kontrak mengatur pekerja bisa menjalani kontrak dengan perusahaan selama 5 tahun maksimal. Setelah diselesaikan, otomatis akan muncul pekerjaan baru jika pengusaha tertarik dengan kemampuan Anda.

Ketentuan kontrak pekerja berlangsung selama 5 tahun dan bisa memperpanjang kontraknya hingga 5 tahun kembali. Pekerjaan panjang sangat membantu karyawan dari seluruh penjuru Indonesia, apalagi sekarang baru pandemi covid-19.

Dalam perjanjian kontrak antara pengusaha dan karyawan, tentu terdapat hak yang harus diberikan kepada pekerja setelah diputus kontrak. Apa saja hak dari karyawan? Yuk simak penjelasan sekarang hingga selesai.

Hak Karyawan Kontrak yang Tidak Diperpanjang Dapat Uang

Seperti pada pertanyaan yang kerap dipikirkan banyak orang, apakah pekerja hanya keluar begitu saja dari perusahaan? Jawabannya tidak. Berdasarkan peraturan perundang-undangan, hak karyawan harus dipenuhi setelah keluar dari perusahaan tertentu.

Jika tidak pernah melakukan berapa kali perpanjangan kontrak kerja bisa dibilang PHK terikat janji terhadap perusahaan. Kalau PHK bisa diartikan pemutusan kerjasama sepihak dari pengusaha terhadap karyawan yang dituju.

Namun jika karyawan tidak diperpanjang kontrak, tentu bisa diketahui banyak faktornya karena apa. Pada umumnya kontrak berjalan berhenti setelah perjanjian selesai akibat penurunan kerja dan masih banyak lagi lainnya.

Hak para karyawan yang kontraknya tidak diperpanjang dapat dikatakan sebagai pekerja yang menyelesaikan masa kerjanya. Karena bukan PHK, karyawan juga tidak diberikan uang pesangon oleh pihak pengusaha, sehingga harus dipahami dulu.

Pekerja berhak menerima hak uang penggantian yang termasuk dalam 4 komponen utama berikut. Pertama terdapat uang pengganti cuti saat belum diambil liburannya tapi masih berlaku sampai akhirnya masa pekerjaan selesai.

Diberikannya uang penggantian cuti harus sama persis dengan jumlah hari libur yang belum pernah diambil. Perusahaan harus memiliki kebijakan cuti agar pekerja dapat terpenuhi seluruh haknya selama menjalani pekerjaan dirinya.

Bukan hanya itu, biaya penggantian juga diberikan uang untuk pulang ke tempat keluarga atau pekerjaan baru. Hal ini membuat pekerja bisa mendapatkan tiket gratis guna menemui keluarga sesuai kebijakan perusahaan.

Lalu biaya perumahan dan kesehatan diberikan senilai 15% dari pesangon tetap untuk seorang karyawan. Terakhir ada perjanjian yang diatur pada peraturan perusahaan, sehingga tidak mungkin terjadi kesalahan dalam pemberian uang.

Uang Pisah Diberikan untuk Karyawan

Dalam memberikan hak karyawan kontrak yang tidak diperpanjang, perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar hak uang pisah kepada seluruh pekerja ketika di stop perpanjang kontraknya pada instansi tertentu baik swasta maupun BUMN.

Apabila Anda masih awam dan baru mendengar istilah ini sekali, tentu uang pisah diberikan sebagai bentuk imbalan. Perusahaan akan menghargai jasa yang telah diberikan selama pekerjaan berlangsung dengan uang pisah.

Maksimal jangka waktu PKWT berbeda-beda tergantung aturan perusahaan dengan karyawan terkait. Pemberian uang imbalan bisa lebih besar atau kecil tergantung dari kerjasama yang diberikan terhadap perusahaan dalam mencapai keuntungan melimpah.

Sehingga setiap karyawan memiliki kesempatan meraih imbalan uang pisah setelah melaksanakan pekerjaan dengan baik. Jika Anda belum merasakan uang imbalan saat kerjaan berhenti, tentu saja perusahaan tidak mengikuti aturan berlaku.

Padahal pemberian uang imbalan sangat penting khususnya bagi pekerja yang masih berjuang melawan virus covid-19. Jangan sampai Anda melewatkan pemberian uang pisah selama kontrak kerja selesai lebih baik diklaim.

Tips mendapatkan uang pisah dengan jumlah besar adalah menyelesaikan pekerjaan secara benar dan tepat waktu. Setelah itu, karyawan juga harus pandai mendekatkan hubungan bersama pemilik usaha agar lebih kenal.

Dengan bekerja secara maksimal tanpa pernah mengeluh, saat masa kerja selesai pasti diberikan uang pisah secara langsung. Kedua jenis uang bukan pesangon telah menjadi hak bagi setiap pekerja stop kontrak.

Anda tidak perlu khawatir ketika masa kontrak kerja sudah habis tetap memperoleh keuntungan adanya hak-hak uang. Hak karyawan kontrak yang tidak diperpanjang akan diuntungkan dan harus diberikan kesadaran.

Layanan Justika Untuk Membantu Persoalan Hak Karyawan Kontrak yang Tidak Diperpanjang

Sebagai karyawan kontrak yang tidak diperpanjang, Anda tetap mendapatkan beberapa hak seperti uang saku. Untuk itu Anda bisa bertanya pada mitra advokat Justika yang berpengalaman lebih dari 5 tahun mengenai permasalahan seputar ketenagakerjaan melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan konsultasi via telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 saja selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Dengan biaya tersebut, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.