Contoh surat keterangan kerja merupakan surat pernyataan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat bekerja. Dokumen ini digunakan sebagai tanda bukti bahwa karyawan tersebut memang pernah bekerja atau sedang berada di sebuah perusahaan tersebut.

Isi dari surat keterangan tersebut biasanya berupa keterangan jabatan atau posisi Anda saat sedang bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini umumnya akan dibuat oleh tim HR yang berwenang untuk mengeluarkannya.

Tentunya banyak fungsi yang bisa digunakan dengan surat keterangan ini. Seperti untuk melamar pekerjaan, mengajukan pinjaman, dan beberapa kepentingan lainnya yang berkaitan dengan urusan pekerjaan. Jadi penggunaan dokumennya ada banyak.

Untuk itu, ikuti pembahasan berikut mengenai fungsi dan contoh yang mungkin bisa menjadi referensi dan tambahan pengetahuan Anda baik untuk Anda yang sudah bekerja ataupun belum bekerja. Sehingga tahu manfaatnya.

Pentingnya Memahami Contoh Surat Keterangan Kerja

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa surat keterangan bekerja merupakan dokumen penting yang sekarang bisa digunakan untuk beberapa kepentingan sekaligus. Berikut ini pentingnya memahami contoh dokumen keterangan bekerja, antara lain:

  1. Surat keterangan bekerja memang umum digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang baru. Selain itu, surat ini digunakan untuk dokumen pendukung pendukung yang menyatakan riwayat pekerjaan di perusahaan bekerja sebelumnya.
  2. Surat keterangan bekerja yang masih aktif umumnya dapat digunakan untuk syarat peminjaman pada bank. Peminjaman tersebut memang biasanya diperlukan surat keterangan pekerjaan sebagai bukti pendukung bahwa peminjam mampu membayar nantinya.
  3. Dokumen keterangan pekerjaan juga biasanya diperlukan sebagai syarat untuk pengajuan beasiswa jalur profesional. Surat ini digunakan sebagai informasi terkait kinerja karyawan saat bekerja dan lama kerjanya. Sehingga informasi identitasnya jelas.
  4. Dan fungsi yang terakhir adalah untuk penarikan dana BPJS yang mana bisa dicairkan dengan melampirkan beberapa persyaratan dan salah satu persyaratannya adalah surat keterangan bekerja ini. Sehingga keberadaannya sangat penting.

Melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya memahami contohnya itu penting. Sehingga Anda tahu seperti apa fungsinya dan kenapa membutuhkan dokumen tersebut ketika sedang bekerja di perusahaan.

Ketentuan Surat Keterangan Pekerjaan yang Harus Ada

Dalam membuat surat keterangan bekerja, ada beberapa surat keterangan kerja yang harus diikuti sesuai dengan standarnya. Meskipun surat ini sedikit mirip dengan surat keterangan lainnya, namun ada beberapa perbedaan:

  1. Kop surat: Nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan
  2. Perihal
  3. Isi surat: Nama pegawai, lama bekerja, jabatan, pernyataan pegawai, dan kinerja pegawai
  4. Penutup surat
  5. Tanda tangan dan keterangan waktu dan tempat dibuatnya surat
  6. Cap perusahaan dan legalisir

Umumnya, setiap perusahaan memiliki format masing-masing. Jadi jangan heran jika ada perbedaan format dari surat keterangan Anda dengan format di atas. Untuk itu pastikan memperhatikan peraturan yang ditetapkan perusahaan Anda.

Contoh Penggunaan Dokumen Keterangan Bekerja

Contoh surat keterangan kerja yang baik dan benar adalah surat tersebut memiliki seluruh informasi data yang dibutuhkan untuk keperluan pada perusahaan tempat Anda bekerja. Jadi contohnya harus benar supaya bermanfaat.

Hal tersebut tentu sangat berpengaruh untuk kepentingan kedepannya. Pastikan juga bahwa nama atau nomor identitas Anda benar. Jika salah, mintalah perusahaan untuk memperbaikinya karena hal tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan.

Jika perusahaan enggan mengeluarkan surat keterangan bekerja untuk Anda, maka Anda bisa melaporkannya kepada pihak berwenang untuk ditindak lanjuti. Pasalnya dokumen tersebut merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

Ada aturan hukum jika perusahaan tidak memberikan surat keterangan kerja. Umumnya akan dilakukan sosialisasi bagaimana mencari jalan keluar karena dokumen tersebut merupakan dokumen penting untuk karyawan. Sehingga karyawan tidak dirugikan.

Jika tidak ada jalan keluarnya, tentunya masalah tersebut akan berlanjut ke proses yang lebih serius. Seperti musyawarah terlebih dahulu, jika masih belum maka dilakukan mediasi hubungan industrial antara karyawan perusahaan.

Jika kedua proses tersebut belum juga bisa menyelesaikan permasalahan. Maka, jalan terakhir adalah dilakukan pengajuan gugatan kepada perusahaan tersebut yang mana perusahaan tersebut bisa mendapatkan sanksi berat atas hal itu.Ingat, dokumen ini sangatlah penting. Jadi, pastikan Anda mendapatkannya setelah selesai bekerja. Itulah beberapa fungsi dan contoh surat keterangan kerja yang bisa Anda ketahui lebih rinci lagi tentang penggunaan dokumennya.

Dengan kata lain terkait surat keterangan kerja, Anda dapat juga mengetahui perihal contoh surat referensi kerja, surat rekomendasi kerja dan surat keterangan tidak bekerja.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.