Selama ini, masih banyak pegawai yang belum paham mengenai aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan. Sebagai seorang karyawan, cuti merupakan hak yang wajib diambil agar tidak terkena sanksi.

Melihat pegawai selalu diberikan jatah cuti setiap tahun apabila sudah bekerja secara penuh dalam 12 bulan terakhir. Pemberian cuti tahunan sudah berlaku di setiap perusahaan asal Indonesia sesuai peraturan pemerintah.

Adanya aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan membuat pegawai harus mematuhi tata tertib tersebut. Selain patuh terhadap peraturan cuti, karyawan diwajibkan untuk mengikuti peraturan dari pihak perusahaan.

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan sendiri yang harus diikuti oleh semua karyawan di dalamnya. Pemberian cuti bisa dimanfaatkan untuk berlibur dalam waktu 12 hari kerja dan tetap diberikan upah penuh.

Bagi pengusaha, sanksi hukum perusahaan tidak memberikan cuti tahunan juga menjadi aturan yang wajib ditaati. Tanpa menunggu lama, inilah aturan lengkap jika cuti tahunan tidak digunakan oleh setiap karyawan.

Aturan Hukum Jika Cuti Tahunan Tidak Digunakan

Cuti tahunan menjadi hak yang bisa digunakan kapan saja menyesuaikan kebutuhan masing-masing karyawan. Dalam pekerjaan, sebelum mengambil cuti sebaiknya segera merencanakan jadwal untuk libur tahunan minimal 12 hari kerja.

Aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan bagi seorang karyawan tentu saja wajib diketahui agar terhindar dari kerugian. Ketika cuti tahunan belum digunakan sepenuhnya, karyawan tidak bisa menggantinya dengan uang.

Pasalnya pihak perusahaan dilarang memotong jumlah cuti, mengurangi upah, atau bahkan mengganti pakai bayaran sebagai bentuk kompensasi. Selama cuti belum diambil secara penuh, maka tidak bisa diganti pakai uang.

Bahkan aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan sesuai batas waktu akan hangus secara otomatis. Tetapi ada juga perusahaan yang memberikan sisa cuti untuk tahun berikutnya agar tidak terbuang sia-sia.

Misalkan ada jatah cuti 12-18 hari kerja, namun Anda hanya menggunakan 12 hari saja, otomatis masih menyimpan 6 kali cuti. 6 hari kerja sisa cuti tahunan bisa dipakai periode selanjutnya.

Cuti Tahunan Diganti dengan Uang

Aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan bagi perusahaan tertentu bisa diganti pakai uang. Hal ini berlaku untuk seluruh karyawan yang perusahaannya menerapkan pergantian uang ketika cuti tidak diambil.

Apabila karyawan masih memiliki sisa cuti tahunan, maka bisa diganti uang dengan jumlah dan perhitungan pakai rumus. Rumus pergantian uang adalah, sisa jatah libur dibagi dengan jumlah kerja bulan terakhir.

Setelah dibagi, kemudian dikali dengan gaji sebulan penuh, jika perusahaan melarang menggunakan cuti secara otomatis ada sanksinya. Kami berikan contoh misalkan Anda memiliki gaji 5 juta per bulan.

Misal menyisakan cuti sebanyak 3 hari, kemudian jumlah hari kerja sebulan terakhir cuma 21 hari, maka memuat rumus:

3 hari : 21 hari x Rp5.000.000 = Rp714.000,-

Aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan bisa diganti uang dengan rumus di atas. adapun pentingnya cuti tahunan yang dijadikan sebagai hak setiap karyawan ketika sedang bekerja di perusahaan apapun.

Manfaat Cuti Tahunan Bagi Karyawan

Selama ini, mungkin banyak orang yang mengambil cuti karena demi memenuhi kewajiban agar terhindar dari sanksi perusahaan. Tidak hanya itu saja lho, ternyata ada banyak manfaat cuti bagi seorang pegawai.

1. Menjernihkan Pikiran

Aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan sudah kami jelaskan di atas, sedangkan untuk manfaat cuti bisa menjernihkan pikiran. Setiap karyawan memiliki tanggung jawab besar, sehingga perlu refreshing disaat-saat tertentu.

2. Meningkatkan Semangat

Selain menjernihkan pikiran, cuti tahunan bermanfaat bagi pegawai demi meningkatkan semangat kerja. Karena pada saat cuti diambil bisa digunakan untuk berlibur dalam jangka waktu 12 hari kerja per tahun.

3. Mengurangi Stres

Stres juga bisa dihindari dengan menentukan kapan cuti tahunan bisa digunakan sesuai keinginan pekerja. Anda bisa melakukan liburan ke mana saja selama jatah cuti digunakan sebelum kembali masuk kerja.

4. Meningkatkan Kerjasama

Terakhir kerjasama akan meningkat sesudah Anda mengambil cuti tahunan di perusahaan tertentu. Beristirahat sejenak membuat pikiran dan kemampuan kerjasama dengan organisasi dijamin meningkat jauh semakin baik ke depannya.Jika ingin menggunakan cuti tahunan, Anda harus tahu aturan hukum saat tidak mengambilnya. Ada aturan hukum jika cuti tahunan tidak digunakan bisa dikenakan sanksi, hangus, atau ditukar dengan uang.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.