Pada saat perceraian atau sudah terjadi perceraian, Anda berhak untuk mengajukan gugatan harta gono gini. Pengajuan gugatan harta gono gini bisa dilakukan sendiri atau juga bisa menggunakan bantuan pengacara harta gono gini.

Alasan Penting Menggunakan Pengacara Harta Gono Gini

Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa Anda perlu menggunakan pengacara harta gono gini.

1. Kurang Paham Akan Hukum Terkait Harta Gono Gini

Masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum benar-benar paham dengan hukum. Salah satunya ketika mengurus tuntutan harta gono gini. Oleh karenanya, pengacara harta gono gini akan membantu segala hal yang berhubungan dengan tuntutan tersebut mulai awal hingga selesai persidangan.

2. Tidak Dapat Hadir Dalam Proses Sidang

Selain membantu selama proses tuntutan gono gini berlangsung, pengacara harta gono gini juga bisa membantu Anda ketika tidak bisa hadir sidang. Ketika pihak tergugat atau penggugat tidak bisa hadir sidang, maka proses persidangan tidak bisa diselesaikan atau dihentikan begitu saja.

Pengadilan akan mengirimkan surat panggilan sidang kembali agar Anda bisa menghadiri sidang. Kasus yang tidak bisa dihadiri oleh salah satu pihak biasanya justru akan memudahkan salah satu pihak untuk memenangkan kasus tersebut.

Oleh karenanya, pengacara tersebut akan membantu atau mewakilkan Anda ketika tidak bisa hadir dalam persidangan.

3. Membantu dalam pembuatan perjanjian

Terkadang ada beberapa kasus yang mana kedua belah pihak sudah saling sepakat mengenai beberapa hal seperti warisan dan harta gono gini. Biasanya kesepakatan tersebut akan dituliskan dalam perjanjian tertulis. Adanya pengacara harta gono gini akan membantu mendampingi Anda sehingga Anda juga lebih yakin mengenai isi dari kesepakatan tersebut.

Sehingga diharapkan isi dari kesepakatan tidak merugikan Anda. Selain itu, adanya pengacara juga akan membantu agar perjanjian tersebut tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku.

4. Penghubung komunikasi

Ketika terjadi perceraian, kemungkinan komunikasi antara suami dan istri menjadi terhambat. Terutama ketika Anda sudah resmi bercerai dan ingin mengajukan tuntutan harta gono gini. Sehingga adanya pengacara tersebut akan berguna sebagai penghubung komunikasi antara kedua belah pihak.

Tips Memilih Pengacara Harta Gono gini Yang Terbaik

1. Sesuai dengan bidang keahlian

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengacara bisa mengatasi semua kasus yang berhubungan dengan hukum. Sebagian pengacara memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Misalnya untuk kebutuhan gugatan harta gono gini, akan lebih baik menggunakan pengacara yang memang berpengalaman di bidang tersebut. Dengan begitu, pengacara Anda juga lebih bisa memberikan informasi dan panduan yang lebih baik mengenai harta gono gini.

2. Berpengalaman dan kompeten

Penting untuk memilih pengacara yang memiliki banyak pengalaman dan juga kompeten. Terutama memilih pengacara yang berpengalaman untuk mengatasi kasus yang serupa, yaitu tuntutan harta gono gini.

Pengacara yang berpengalaman dalam kasus yang sesuai permasalahan Anda juga akan lebih mudah dalam menangani kasusnya. Selain itu pengacara tersebut juga bisa memberikan saran hingga konsekuensi yang bisa terjadi dari langkah hukum yang dilakukan tersebut.

3. Profesional

Tips yang selanjutnya ketika Anda ingin menggunakan pengacara harta gono gini adalah carilah pengacara yang profesional. Profesional yang dimaksudkan disini adalah pengacara tersebut bisa bekerja sesuai dengan porsi pekerjaannya.

Misalnya hindari pengacara yang justru tidak bisa membantu permasalahan hukum Anda atau pengacara yang terlalu ikut campur pada permasalahan pribadi Anda.

Berapa Estimasi Biaya Yang Mesti Dikeluarkan Dalam Menyewa Pengacara Harta Gono Gini

Setiap pengacara pastinya akan memiliki rentang harga yang berbeda-beda. Selain itu, harga yang diberikan tersebut juga akan bergantung dengan tingkat kesulitan kasus yang ditangani. Oleh karenanya, tidak ada estimasi yang tepat mengenai biaya pengacara harta gono gini.

Ketika Anda ingin mengajukan gugatan harta gono gini dengan bantuan pengacara, akan lebih baik mencari informasi mengenai rentang harganya terlebih dulu pada kantor pengacara atau juga bisa bertanya pada pengacara yang bersangkutan terlebih dulu.

Berapa Lama Proses Persidangan Sengketa Harta Gono Gini Dapat Berlangsung

Gugatan harta gono gini bisa diajukan dengan dua cara yaitu bersamaan dengan mengajukan gugatan cerai atau menunggu putusan cerai dari pengadilan. Jika Anda menggunakan cara yang pertama, biasanya mulai dari sidang perceraian, tuntutan harta gono gini, hingga putusan pengadilan membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan.

Jika persidangan berjalan dengan lancar, kemungkinan akan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Namun perlu diketahui bahwa estimasi lama tidaknya proses persidangan sengketa harta gono gini berdasarkan beberapa hal. Seperti tingkat kesulitan setiap kasus hingga prosedur dari pengadilan sendiri.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.