Harta gono gini merupakan salah satu jenis tuntutan yang bisa Anda ajukan ketika terjadi proses perceraian. Namun perlu diketahui bahwa ternyata ada hal yang bisa menjadi penyebab gugurnya gugatan harta gono gini. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Penyebab Utama Gugurnya Gugatan Harta Gono Gini

1. Adanya pisah harta dalam perjanjian pranikah

Pertama yang menyebabkan gugurnya gugatan harta gono gini adalah ketika Anda dan pasangan sebelumnya sudah membuat perjanjian nikah yang menyatakan bahwa harta yang didapatkan oleh suami atau istri selama pernikahan bukan termasuk harta gono gini. Jika dalam perjanjian perkawinan sudah menyatakan mengenai hal tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan gugatan harta gono gini. Bahkan hakim juga tidak memiliki kuasa untuk melakukan hal tersebut.

2. Hindari menunda pembagian harta gono gini

Sebenarnya tidak ada batasan waktu kapan Anda harus mengajukan tuntutan harta gono gini. Anda bahkan bisa mengajukan hal tersebut setelah proses perceraian atau setelah resmi bercerai. Akan tetapi, memang lebih baik untuk sesegera mungkin melakukan pembagian harta gono gini. Tujuannya untuk membantu agar nantinya tidak ada permasalahan yang lainnya dikarenakan terlalu lama menundanya.

3. Adanya kasus kriminal yang cukup serius

Ketika salah satu pihak terjerat dengan kasus kriminal yang cukup serius, maka bisa saja seseorang tersebut kehilangan hak gono gininya. Misalnya teroris yang ditahan seumur hidup atau seorang pembunuh.

Dikarenakan status tahanannya yang juga menyebabkan pasangannya mengajukan gugatan cerai dan menghilangkan hak harta gono gininya. Akan tetapi hakim tetap perlu memberikan keputusan mengenai hal tersebut apakah status kriminalnya bisa menghapuskannya untuk mendapatkan harta gono gini atau tidak.

4. Dinyatakan meninggal atau menghilang

Ketika seseorang sudah dinyatakan meninggal atau menghilang secara hukum, maka sudah tidak memiliki status lagi. Pihak yang menikah dengan orang tersebut, bisa mengajukan gugatan cerai dan mengambil harta yang didapatkan selama pernikahan untuk dikelola sendiri.

Kemudian jika orang yang tadinya dinyatakan hilang atau meninggal tersebut kembali lagi, maka ia sudah tidak memiliki hak untuk meminta bagian dari harta bersama tersebut.

Faktor Yang Menentukan Besaran Harta Gono Gini

Jumlah atau besarnya persentase harta gono gini yang didapatkan bisa ditentukan dengan beberapa faktor berikut:

1. Keputusan dari hakim

Dalam menentukan besaran jumlah harta gono gini setiap pihak, keputusan hakim akan sangat membantu untuk menentukan hal tersebut. Nantinya hakim akan mempertimbangkan hal lainnya juga seperti ibu yang mendapatkan lebih banyak bagian karena hak asuh anak yang jatuh padanya sehingga membutuhkan biaya juga untuk perawatan anaknya dan beberapa hal lainnya.

2. Bukti dan saksi yang cukup kuat

Dalam gugatan harta gono gini, saksi dan bukti akan tetap dibutuhkan. Kedua hal tersebut akan dibutuhkan untuk membantu menguatkan alasan mengapa Anda berhak mendapatkan bagian harta bersama yang lebih banyak. Misalnya seperti suami yang tidak bekerja dan sering bermain judi, maka adanya saksi dan bukti tersebut akan membantu menguatkan pendapat Anda.

Kekuatan dari bukti dan saksi tersebut akan berbeda-beda tergantung dari kasusnya. Biasanya pengacara juga berperan untuk membantu menguatkan alasan Anda.

3. Status pemasukan masing-masing pihak

Seringkali suami merupakan tulang punggung keluarga sehingga dalam rumah tangga tersebut, hanya suami yang bekerja. Sehingga terkadang istri yang tidak bekerja akan lebih memiliki resiko ketika bercerai.

Status pemasukan setiap pihak bisa menjadi ukuran berapa besarnya harta gono gini yang terima. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah yang menjadi faktor utama. Keputusan hakim akan tetap digunakan untuk membantu menentukan besarannya.

4. Jatuhnya hak asuh anak

Biasanya pihak yang mendapatkan hak asuh anak, akan berpeluang untuk mendapatkan bagian harta gono gini yang lebih besar.  Hal tersebut dikarenakan pihak yang mendapatkan hak asuh anak masih membutuhkan biaya yang cukup untuk merawat dan menjaga anaknya.

5. Aturan agama atau kepercayaan adat masing-masing

Mengenai aturan yang ada di Indonesia, pembagian harta bersama akan dibagi dua dengan rata. Akan tetapi tidak selamanya aturan tersebut digunakan. Ada juga hal lainnya yang digunakan dalam menentukan besaran harta gono gini. Misalnya menggunakan aturan agama hingga ketentuan adat masing-masing yang dipercayai.

Bagaimana Pembagian Harta Gono Gini Jika Suami Selingkuh?

Seorang istri berhak untuk mengajukan gugatan cerai pada suami yang telah berselingkuh bahkan hingga berzina. Mungkin banyak yang mengira apakah suami yang berselingkuh dan digugat cerai oleh istri akan mendapatkan bagian harta bersama yang lebih kecil.

Sedangkan di Indonesia sendiri tidak ada aturan mengenai hal tersebut. Suami yang berselingkuh tetap bisa mendapatkan bagian harta gono gini dengan adil berdasarkan keputusan hakim.

Apakah Selingkuh Bisa Menjadi Penyebab Gugurnya Harta Gono Gini?

Perselingkuhan yang menyebabkan zina atau pertengkaran dalam rumah tangga dengan terus menerus memang bisa digunakan sebagai alasan dalam perceraian. Akan tetapi, di Indonesia sendiri tidak ada aturan bahwa perselingkuhan menyebabkan gugurnya harta gono gini.

Pembagian harta gono gini akan tetap dilakukan secara adil dan berdasarkan bukti yang ada sesuai keputusan hakim.

Apakah Selingkuh Mempengaruhi Besar Kecilnya Harta Gono Gini?

Jika berdasarkan Undang-Undang Perkawinan, pembagian harta gono gini akan dilakukan secara adil yaitu ½ dari keseluruhan harta bersama yang ada. Namun ketika suami berselingkuh dan tidak bisa memenuhi kewajibannya seperti memberikan nafkah, maka hakim bisa saja mempertimbangkan besaran jumlah harta gono gini yang diberikan pada suami tidak bisa dibagi rata sesuai dengan aturan UU Perkawinan.

Keputusan hakim tersebut juga harus didasarkan atas bukti yang bisa diberikan oleh istri atau penggugat bahwa suami tidak bisa memenuhi kewajibannya untuk memberikan nafkah pada istri.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.