Sudah mantap berpisah dan ingin tahu cara mengajukan gugatan cerai tanpa sepengetahuan suami? JIka pertanyaan tersebut belakangan sedang mengganggu diri Anda, maka berikut informasi lengkapnya.

Seperti diketahui, ada hukum istri dalam menggugat cerai suami. Adapun hukum yang mengatur permasalahan tersebut bisa dilihat melalui Pasal 20 Ayat 1 tentang Perkawinan. Dalam pasal tersebut, baik suami maupun istri secara terbuka dapat mengajukan gugatan kepada pengadilan setempat.

Cara Mengajukan Gugatan Cerai Tanpa Sepengetahuan Suami Terbaru

Seperti telah dijelaskan di Pasal 20 Ayat 1 tentang Perkawinan, lewat isinya maka istri boleh menggugat cerai suami di mana tidak memerlukan persyaratan untuk meminta izin kepada suami terlebih dahulu. Bisa dikatakan, surat cerai bisa diurus tanpa adanya persidangan.

Namun sebelum jauh membahas mengenai kasus perceraian tanpa persetujuan pasangan, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa landasan kuat untuk melakukan perceraian. Landasan kuat tersebut sendiri tertuang dalam Pasal 39 Ayat 2 UU Perkawinan.

Beberapa landasan perceraian yang dimaksud yaitu sebagai berikut. Pertama salah satu pihak terbukti telah berbuat zina atau menjadi seorang pemabok, pemadat, pemain judi, dain lainnya yang di mana sulit untuk disembuhkan.

Kedua, ada pihak yang terbukti telah meninggalkan pihak lain paling lama 2 tahun secara berturut-turut tanpa adanya izin atas pihak lain dan tanpa adanya alasan di luar kemampuannya.

Ketiga, yaitu ketika salah satu pihak tengah mendapat hukuman lima tahun atau hukuman berat setelah berlangsungnya perkawinan. Keempat, ketika salah satu pihak terbukti melakukan penganiayaan berat di mana telah membahayakan pihak lain.

Kelima, ketika ada pihak yang mendapatkan cacat pada badan atau bisa juga penyakit di mana mengakibatkan tidak terpenuhinya kewajiban atas pasangannya. Terakhir, yaitu saat terjadi perselisihan secara terus menerus antara pasangan dan tidak ada harapan untuk hidup rukun kembali.

Untuk bisa melakukan gugatan perceraian, tentu ada beberapa tata cara untuk mengurus surat gugat. Adapun cara mengajukan gugatan cerai yaitu dengan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dengan selengkap-lengkapnya.

Kemudian, fakta dan semua alasan kejadian juga wajib diceritakan sebagai bukti kuat permohonan perceraian. Tidak lupa, surat gugatan juga wajib dibuat sebaik-baiknya. Sang penggugat juga wajib menyiapkan sejumlah biaya untuk pelaksanaan perkara.

Apabila semua tata cara di atas telah dipenuhi, maka tidak ada lagi pertanyaan mengenai bisakah diam-diam menggugat cerai istri atau suami. Karena melalui beberapa tata tersebut, kalian tinggal mengikuti alur perceraian dalam proses pengadilan.

Begini Cara Mengajukan Gugatan Cerai Tanpa Sepengetahuan Suami

Secara umum, tentu bercerai menjadi sebuah mimpi buruk bagi setiap pasangan yang melangsungkan pernikahan. Namun jika berbicara soal pernikahan, memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja alasan mengapa perceraian menjadi satu-satunya jalan yang menjadi solusi.

Apabila memang kalian tengah dalam permasalahan tersebut, maka cobalah untuk memantapkan hati karena hal ini bukanlah persoalan biasa. Untuk bisa mengajukan permohonan gugat cerai, kalian juga perlu tahu bahwa ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

Paling pertama, kalian bisa mulai dengan menyiapkan dokumen dalam proses perceraian. Perlu diingat, dokumen-dokumen ini merupakan syarat pengajuan agar gugatan dapat dikabulkan oleh pihak pengadilan.

Adapun dokumen yang dibutuhkan seperti surat nikah asli, fc surat nikah sebanyak 2 lembar di mana sudah dimaterai dan dilegalisir, fc akte kelahiran anak yang sudah bermaterai, fc KTP, serta fc Kartu Keluarga.

Apabila pada proses gugatan, Anda juga berniat mengurus harta bersama, maka Anda juga wajib mempersiapkan beberapa bukti seperti surat kepemilikannya. Adapun contohnya seperti surat sertifikat tanah, BPKB, STNK serta kuitansi surat jual-beli.

Setelah semua dokumen siap, Anda bisa langsung mendaftarkan gugatan ke pengadilan. Secara langsung, permohonan tersebut bisa langsung diberikan ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri pihak tergugat.

Selanjutnya, kalian juga perlu membuat surat gugatan agar bisa memenangkan gugatan tersebut. Dalam surat tersebut, Anda perlu menjelaskan apa saja alasannya yang nanti akan diterima oleh pihak hakim. Apabila kesulitan, kalian bisa coba meminta bantuan kepada kuasa hukum atau pengacara.Terakhir, langkah yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan saksi. Dalam hal ini, Anda perlu membawa saksi untuk membuktikan bahwa alasan perceraian tersebut benar adanya. Saksi dapat berjumlah satu atau beberapa orang. Informasi tadi adalah cara mengajukan gugatan cerai tanpa sepengetahuan suami.

Permasalahan Surat Cerai Meski Tanpa Buku Nikah Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Ketika sudah ada kata-kata talak yang keluar, maka sang suami juga bisa langsung membuat surat gugatan cerai. Agar Anda bisa lebih mudah dalam proses pembuatannya, Justika memiliki layanan berupa pembuatan surat gugatan cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Anda bisa berkonsultasi tentang cara mengajukan gugatan cerai dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika.

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.