Pastinya anda pernah mengalami kesulitan dalam menagih hutang kepada pihak yang berkewajiban, dengan alasan ini itu anda merasa kesal padahal sudah berjanji akan melunasi atau melakukan pembayaran hutang pada tanggal tertentu tetapi malah menghilang, susah dihubungi bahkan lebih parahnya marah-marah dan biasanya memaki-maki, untuk itu jika anda tidak ingin kejadian seperti ini terus menerus anda bisa membuat surat perjanjian hutang piutang jadi jika ditagih pihak yang berkewajiban tidak akan bisa mengelak.

Surat pernyataan adalah surat perjanjian antar kedua belah pihak untuk menyelesaikan sengketa hutang, sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan.

Jenis Surat dan Contoh Pernyataan Pembayaran Hutang Piutang

Contoh Surat Hutang Piutang Individu Pdf dan Doc

Artinya anda tidak menggunakan syarat jaminan tertentu.

Contoh Surat Hutang Piutang Individu
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Hutang Piutang Berbatas Waktu Pdf dan Doc

Artinya anda menggunakan batas waktu tertentu contohnya dengan menggunakan tanggal pembayaran , yang berkewajiban membayar harus wajib membayar pada tanggal yang telah ditentukan.

Contoh Surat Hutang Piutang Berbatas Waktu
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Hutang Piutang Menggunakan Jaminan Tanah Pdf dan Doc

Artinya anda menggunakan jaminan tanah sebagai persyaratan, tetapi surat ini biasanya digunakan jika yang dihutang jumlahnya besar seperti puluhan sampai ratusan.

Contoh Surat Hutang Piutang Menggunakan Jaminan Tanah
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Hutang Piutang Menggunakan Cicilan Pdf dan Doc

Artinya  jika pihak yang berkewajiban membayar hutang dengan cara dicicil/ diangsur biasanya ada yang 6-24 Bulan, tetapi tergantung hutang dan nanti cicilan yang diambil.

Contoh Surat Hutang Piutang Menggunakan Cicilan
Download PDF Download DOC

Faktor yang Mempengaruhi Pembuatan Surat Pernyataan Pembayaran Hutang

Jika anda ingin meminjam di bank atau layanan apapun, anda harus tau beberapa faktor yang mempengaruhi agar nantinya saat ingin meminjam tidak ada kegagalan karena adanya masalah tertentu, rata-rata peminjam  memberikan persyaratan seperti :

  1. Fotokopi identitas Kartu Tanda penduduk (KTP),SIM , Paspor, NPWP
  2. Jika anda seorang pengusaha biasanya anda harus menyertakan fotokopi akta pendirian usaha, surat perizinan usaha , ataupun laporan keuangan yang anda miliki.
  3. Biasanya anda juga akan dicek apakah ada riwayat pinjaman atau pinjaman yang lain belum lunas sehingga anda gagal untuk diproses
  4. Kondisi yang sedang anda alami apakah nantinya sanggup melunasi hutang atau tidak
  5. Jaminan aset, jika anda tidak melunasi hutang anda maka aset yang anda cantumkan sebagai persyaratan akan disita oleh pihak peminjam

Saat ini juga sudah banyak di media sosial yang menawari hutang piutang dengan bunga cicilan rendah tanpa perlu menyita aset apapun ,tetapi anda tetap harus berhati-hati karena banyak modus yang menawarkan seperti itu tetapi anda bisa kena tipu biasanya anda tiba-tiba harus membayar  biaya administrasi terlebih dahulu atau identitas anda seperti NIK  nomor kartu tanda penduduk disalah gunakan. Resikonya anda tidak pernah menerima uang tetapi anda harus membayar cicilan bahkan terkadang sampai berjuta-juta.

Layanan Justika untuk Membantu Permasalahan Hutang Piutang

Permasalahan hutang piutang memang bisa menjadi masalah yang serius, bahkan juga bisa menyangkut dengan hukum. Anda tidak perlu khawatir karena  Justika menyediakan beragam layanan untuk membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut melalui tiga layanan ini:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Caranya dengan mengunjungi laman ini. Selanjutnya, ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Lalu, lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia. Dan hanya dalam 5 menit system akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsutasi via Telepon

Jika diperlukan Tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan Layanan Konsultasi via Telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda berkesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat Layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.