Tanpa disadari, ternyata banyak diantara masyarakat yang masih menganggap jika surat perjanjian bayar hutang tidaklah terlalu penting. Padahal faktanya, keberadaan surat perjanjian ini sangatlah perlu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengenai masalah hutang piutang di kemudian hari.

Anda pasti sering melihat, banyak diantara mereka yang tidak mau membayar hutangnya saat sudah jatuh tempo. Sehingga sebagai langkah antisipasi yang aman, sebaiknya Anda membuat surat perjanjian hutang piutang jika ada yang ingin meminjam uang, meskipun sebenarnya mereka adalah teman dekat Anda.

Hal ini bertujuan semata-mata untuk menghindari perselisihan yang mungkin terjadi diantara kedua belah pihak di kemudian hari.

Surat perjanjian bayar hutang secara umum merupakan sebuah surat resmi yang berisikan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan masalah utang piutang yang akan dilakukan. Surat ini harus berisikan nama dari kedua belah pihak yang melakukan transaksi pinjam meminjam uang lengkap dengan waktu transaksi dan jumlah uang yang dipinjamkan.

Cara Membuat Surat Perjanjian Hutang

Ada beberapa hal penting yang perlu untuk diketahui dalam membuat surat perjanjian hutang, diantaranya adalah sebuah komponen penting yang harus ada di dalam surat perjanjian ini saat membuatnya.

Surat perjanjian hutang termasuk ke dalam surat formal yang mengandung berbagai informasi penting. Berisikan judul yang terletak di bagian atas surat, tanggal surat, nomor surat, serta beberapa lampiran pendukung yang dibutuhkan.

Selain itu, surat perjanjian bayar hutang juga berisikan informasi tentang hal-hal yang telah disetujui bersama antara dua belah pihak yang terkait. Untuk lebih lengkapnya, komponen-komponen yang harus ada dan tercantum di dalam surat perjanjian ini adalah sebagai berikut:

1. Data Diri Kedua Belah Pihak

Data diri dari di sini harus meliputi data diri pihak pertama dan kedua yaitu pemberi pinjaman dan peminjam. Harus meliputi informasi lengkap berupa nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta pekerjaan.

2. Jumlah dan Tujuan Pinjaman

Merupakan salah satu komponen paling penting dan harus ada di dalam surat perjanjian hutang, yaitu pernyataan mengenai jumlah dan besaran pinjaman, tujuan pinjaman serta waktu penerimaan pinjaman yang dilakukan oleh pihak berhutang.

3. Mekanisme dan Tenggang Waktu Pengembalian

Selain jumlah dan tujuan pinjaman, mekanisme dan waktu pengembalian juga merupakan salah satu komponen penting lainnya.

Informasi ini harus sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Jika diperlukan, Anda juga bisa mencantumkan tanggal waktu pengembalian pinjaman.

4. Jaminan Pinjaman

Ini diperlukan sebagai aset pinjaman yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebagai jaminan jika saja besok si peminjam tidak mengembalikan pinjamannya. Jaminan tersebut dapat berupa aset ataupun barang-barang berharga dan bernilai sesuai dengan pinjamannya.

5. Penyelesaian Perselisihan

Merupakan mekanisme penyelesaian masalah apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak pada nantinya. Itulah pembahasan mengenai surat perjanjian bayar hutang. Sebagai seorang pemberi modal, Anda sangatlah perlu mempersiapkan kelengkapan surat tersebut agar tidak ada masalah kedepannya. Sedangkan di sisi peminjam modal, hendaknya membuat kesepakatan yang sesuai sehingga tidak terasa berat saat mengembalikannya.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Bingung!

Anda bisa mengkonsultasikan perihal pembuatan surat perjanjian hutang piutang tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Anda bisa mulai bertanya melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.