Meminjam uang tanpa syarat yang ribet memang enak, tetapi saat Anda tidak bisa membayar akan ada resiko pahit yang diterima. Salah satu resiko paling sensitif adalah rasa tekanan terhadap penagih yang terus menghubungi Anda karena penagihan pinjaman online yang ilegal.

Ketahuilah bagaimana cara kerja pinjol resmi

Pinjol resmi terdaftar di lembaga OJK, dengan nomor pendirian tercantum di OJK. Pinjol biasanya akan memberikan tawaran lewat aplikasi yang bisa Anda unduh lewat appstore. Dengan melihat rincian uang yang akan Anda pinjam tinggal klik dan masukkan identitas. Uang akan cair dengan waktu singkat karena Anda memiliki nomor rekening.

Pihak pinjol mendapatkan identitas dari KK, KTP yang telah ada di database pusat. Jadi, hati-hati dengan bunga ringan yang ditawarkan.

Cara petugas menagih

Untuk pinjol legal tidak diijinkan melakukan penagihan pinjol dengan metode kasar, sadis dan menekan. Namun, berbeda kasus pinjaman online yang ilegal akan melakukan penagihan yang tidak sopan. Penagihan kasar tersebut dengan meneror penghutang, menyebarkan foto penghutang, mendatangi sambil berbicara kasar dan sebagainya.

Dengan merebaknya kasus cara penagihan pinjaman online yang demikian membuat penghutang menjadi trauma dan ketakutan bahkan ada yang menjadi stress karena dikejar-kejar penagih. Sebaiknya, baik penagih pinjol legal atau ilegal jangan sampai masuk ke kehidupan Anda. Jika ingin meminjam uang mungkin ke kerabat dekat yang lebih dipercaya. Kondisi yang terjepit dan mengharuskan Anda berhutang adalah resiko keputusan. Jika Anda telah mengetahui resikonya sebaiknya taati membayar cicilan bulanan agar penagih tidak menjadi beban Anda ketika datang ke rumah.

Pinjol ilegal mulanya menawarkan bunga kecil dengan metode yang manis, setelah Anda lunas pihak pinjol ilegal akan menawarkan pinjaman lagi dengan jumlah dan bunga yang lebih tinggi. Jika Anda telat membayar 1 hari penagih akan datang ke rumah atau menghubungi Anda. Bunga harian akan terus berjalan hingga Anda sanggup membayar semua tagihan hutang. Semakin Anda menunda pembayaran, penagihan pinjaman online akan semakin sadis dalam menekan.

Baca juga: Waspada Terhadap Penipuan Pinjaman Online yang Memakai Foto

Cara terbaik tidak terpikat pinjol ilegal

Jika Anda dalam keadaan kepepet dalam hal keuangan sebaiknya meminjam uang di rekan, kemudian mengatur pengeluaran serta menahan apa yang harus dibeli dan tidak. Tekan perasaan keinginan membeli sesuatu jika Anda butuh bersabarlah dulu. Utamakan kebutuhan pokok, dan sisihkan keinginan yang tidak pokok.

Pinjol akan terus menawarkan rayuan pinjaman untuk Anda jika sekali saja Anda menggunakan aplikasi tersebut. Penolakan terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi pinjol dan mengganti nomor telepon dengan catatan Anda tidak memiliki hutang. Jika Anda masih terlilit hutang pinjol penagihan pinjaman online akan terus datang dengan cara yang tidak sopan.

Berpikir dahulu sebelum Anda melakukan pinjol.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.