Ada berbagai contoh somasi perdata yang sering kita dengar dalam istilah hukum, tidak bisa terlaksananya perjanjian dengan baik bisa menimbulkan terjadinya sengketa baik itu di dalam maupun di luar pengadilan. Jika masih asing dengan istilah somasi pada artikel ini kita akan membahas berbagai macam hal penting yang harus diketahui yang berkaitan dengan somasi itu sendiri.

Mengenal Apa Itu Somasi?

Sebelum memutuskan membuat surat somasi lebih baik ketahuan terlebih dahulu pengertian dari somasi adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada pihak calon yang tergugat yang sedang berada dalam proses hukum. Ketika berada dalam suatu yurisprudensi istilah somasi sering dipakai untuk menyebutkan sebuah perintah maupun teguran.

Fungsi dari Somasi

Somasi itu sendiri berfungsi sebagai salah satu untuk dapat menyelesaikan suatu sengketa sebelum perkara tersebut nantinya resmi akan diajukan ke pihak pengadilan. Hal ini juga sebagai pemberian kesempatan untuk pihak calon yang tergugat supaya bisa mendapatkan sebuah solusi dan bisa menghentikan perbuatan yang sedang dituntutkan oleh para pihak penggugat.

Macam – Macam Bentuk Somasi

Selain ada beberapa contoh somasi perdata, somasi ini juga mempunyai berbagai bentuk pernyataan tetapi yang paling umum ditemukan adalah :

  • Akta sejenis, merupakan sebuah akta asli yang sejenis dengan exploit juru sita.
  • Surat perintah, exploit adalah merupakan sebuah perintah lisan yang akan disampaikan kepada juru sita dan para debitur. Berarti dapat disimpulkan jika exploit ini adalah salinan dari surat peringatan.
  • Perikatan sendiri, perikatan ini akan terjadi apabila pihak menentukan lebih dahulu ketika ada kelalaian dari debitur yang ada dalam sebuah perjanjian.

Prosedur Cara Membuat Surat Somasi

Ada beberapa prosedur yang tepat jika akan membuat surat somasi diantaranya adalah :

  1. Tuliskan cop surat lembaga jika menggunakan sebuah instansi.
  2. Jelaskan dengan detail identitas calon yang akan digugat baik itu perorangan maupun instansi.
  3. Tuliskan dengan tepat beberapa poin dan jenis permasalahannya dan halal yang akan dituntut.
  4. Berikan jarak yang tepat untuk waktu yang diberikan kepada calon yang akan tergugat supaya dapat terpenuhi prestasi.
  5. Tentukan upaya dalam hukum yang akan berlanjut dan di tempuh kepada calon yang tergugat jika tidak bisa memenuhi prestasi yang dituntut.
  6. Berikan tanda tangan dan nama terang yang jelas.

Beberapa Poin yang Penting dan Harus Ada Dalam Somasi

Ada beberapa contoh somasi perdata dalam melaksanakannya dan penting yang harus dituangkan dengan jelas dalam pembuatan sebuah somasi supaya tujuan yang diinginkan bisa tercapai dengan maksimal.

  1. Somasi harus berisi menyatakan sebuah teguran maupun perintah bisa menyatakan sebuah perjanjian, ganti rugi maupun dapat mengakhiri suatu perjanjian yang sudah dibuat.
  2. Permintaan yang diinginkan harus diutarakan dengan jelas.
  3. Membuka sebuah ruang untuk melakukan negosiasi.
  4. Tentukan latar belakang permasalahan sesuai dengan fakta yang terjadi.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.