Untuk membuat surat somasi yang berhubungan dengan penggunaan lahan secara ilegal, berikut ini adalah contoh somasi penyerobotan tanah yang bisa kami berikan. 

Pembuatan Identitas Surat 

Pertama untuk cara membuat surat somasi, buat identitas surat dahulu. Identitas surat ini bisa berisi mengenai nomor surat, jumlah lampiran dan jenis somasinya, dalam perihal ini, somasi dalam bentuk peringatan.

Alamat surat 

Dalam bagian ini, berisi mengenai kepada siapa surat tersebut akan disampaikan, misalnya untuk tetangga yang bernama Bapak Carlo. Selain namanya, alamat surat ini juga berisi mengenai alamat tempat tinggal pihak kedua yang mendapatkan teguran dan peringatan somasi ini. 

Bagian pembuka surat 

Pada bagian pembuka, surat didahului dengan salam, setelah itu, bentuk penghormatan dan juga nama-nama advokat yang mendapatkan tugas pembuatan surat somasi ini. Contohnya adalah:

Assalamaualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan hormat,

Lilith Mardianty, S.H

Miranda Yustafa, S.H

Dalam contoh somasi penyerobotan tanah, setelah di mulai dengan hal di atas, dalam surat pembuka akan dibuat penjelasan mengenai siapa yang terlibat dalam kasus ini baik pihak 1 sebagai pelayang somasi, pihak 2 sebagai orang yang mendapatkan somasi dan pihak pengacara. Penulisan pihak ini diikuti dengan alamat serta tanggal surat somasi. 

Contoh: 

Kuasa hukum di Firma Hukum Sofyan, beralamat di Jalan Mangkunegara 2, Kartosiswo. Berdasarkan Surat Kuasa Khusus tanggal 18 September 2021 bertindak untuk dan atas nama serta mewakili kepentingan Linda Nirmawala, beralamat di Jalan Winara, Kartosiswo dengan ini menyampaikan Perintah (somasi) kepada saudara , sebagai berikut:

Bagian latar belakang 

Dalam bagian ini, dijelaskan mengenai latar belakang terjadinya somasi. Latar belakang tersebut harus di jelaskan dengan rinci.

Bahwa berdasarkan keterangan Linda Nirmawala dan bukti-bukti yang telah di kumpulkan, saudara Carlo telah menyerobot sebidang sebidang tanah yang menjadi hak milik Linda Nirmawala yang berlokasi di Jalan Winara, Kartosiswa dan dibuktikan berdasarkan akta tanah yang dimiliki oleh Linda Nirmawala. 

Bagian solusi 

Contoh dari bagian solusi surat somasi:

Bahwa hingga surat peringatan (somasi) ini dikeluarkan, Saudara Carlo diharapkan untuk segera membebaskan tanah saudara Linda Nirmawala yang digunakan untuk membangun pagar tanpa persetujuan terlebih dahulu. Saudara Carlo diberikan waktu hingga tanggal 30 September untuk memulai pekerjaan pembebasan lahan. 

Bagian sanksi 

Bagian terakhir adalah bagian sanksi yang menjelaskan jika peringatan dari pihak 1 tidak segera diindahkan. 

Contoh: 

Jika dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, Saudara Carlo tidak segera melaksanakan kewajibannya, maka hal ini akan dibawa dan diselesaikan dengan jalur hukum berdasarkan undang-undang mengenai penyerobotan tanah yaitu undang-undang Pasal 385 KUHP.

Bagian penutup 

Terakhir bagian penutup dari contoh somasi penyerobotan tanah berisi himbauan agar pihak 2 segera melakukan kewajibannya dan ucapan terima kasih. Bagian ini di lanjutkan dengan salam penutup, waktu dan tempat pembuatan surat somasi serta tanda tangan dan nama terang dari pihak kuasa hukum yang terlibat dalam pembuatan surat somasi.

Layanan Justika Untuk Membantu Permasalahan yang Berkaitan Dengan Somasi

Tanah yang sudah jelas menjadi hak kepemilikan Anda bisa saja diserobot atau digunakan oleh orang lain yang bukan haknya. Untuk itu diperlukan somasi sebagai bentuk peringatan. Anda bisa menanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan somasi pada tiga layanan Justika berikut:

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan konsultasi via telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

konsultasi via telpon

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.