Aplikasi pinjaman online ilegal masih menjadi hantu yang kerap membayangi sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa korban kasus pinjaman online ini harus menanggung hutang hingga ratusan juta rupiah serta ancaman serius terhadap keselamatan keluarga atau kerabat dekatnya. yang dipaksakan secara sepihak oleh sang pemberi pinjaman online tersebut.

Sebenarnya pinjaman online ilegal ini terbilang mudah untuk dikenali. meskipun begitu, masih saja banyak orang yang masih menjadi korban dari penipuan berkedok pinjaman online ini. Di bawah ini kami menyajikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari penipuan jenis baru ini. Simak terus artikel ini.

Ciri – Ciri Pinjaman Online Ilegal

Adapun ciri pinjaman online ilegal adalah

  • Tidak terdaftar dan tidak memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Menetapkan bunga yang tinggi tanpa penjelasan yang spesifik dalam surat perjanjian pinjaman
  • Menggunakan Debt Collector yang tidak memiliki sertifikat penagihan yang resmi. dan biasanya menagih dengan cara yang kasar disertai ancaman.
  • Lokasi kantor tidak jelas dan biasanya hanya disebut – sebut saja.

Baca juga: 3 Cara Cek Aplikasi Pinjaman Online Pada Situs Resmi Otoritas Jasa Keuangan

Cara Menghindari Penipuan Berkedok Pinjaman Online

Setelah mengetahui ciri – cirinya, selanjutnya adalah 6 cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari jerat aplikasi pinjaman online ilegal ini.

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online adalah cek nama perusahaan pemberi pinjaman pada Otoritas Jasa Keuangan. jika memang tidak terdaftar, sebaiknya urungkan niat anda meskipun penawaran yang diberikan sangat baik.
  2. Cara kedua adalah mengecek semua dokumen legalitas perusahaan pinjol tersebut. anda bisa meminta foto/hasil scan dari dokumen itu lalu bandingkan kecocokan identitas perusahaan antara satu dengan yang lain.
  3. Selanjutnya anda bisa menelusuri jejak digital perusahaan pinjol tersebut. sekecil – kecilnya perusahaan pinjaman online, mereka pasti selalu memiliki jejak digital. baik itu berupa berita ataupun sekedar artikel.
  4. Jika pinjaman yang ditawarkan memiliki bunga dan biaya yang besar tanpa disertai penjelasan yang spesifik. maka bisa dipastikan itu adalah penipuan. karna dari ketidak jelasan peruntukan biaya itulah yang menjadi motif mereka untuk melipatgandakan utang anda di kemudian hari jika anda tidak segera melunasinya.
  5. Cek aplikasi pinjaman online di google play store atau sejenisnya. biasanya para penipu pinjaman online tidak memiliki aplikasi yang terdaftar di play store dan hanya mengirim link aplikasi melalui SMS atau WA saja.
  6. Periksa dengan teliti syarat dan ketentuan yang di ajukan. jika banyak membutuhkan data pribadi yang tidak berhubungan dengan pinjaman, anda bisa sesegera mungkin menghindarinya dari awal dengan memblok kontaknya dari hp anda.

Nah, itulah pembahasan kita tentang 6 cara yang bisa anda lakukan agar bisa terhindar dari penipuan aplikasi pinjaman online ilegal. semoga bermanfaat.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.