Apakah hutang piutang tanpa perjanjian tertulis dapat di tuntut secara hukum memang menjadi permasalahan yang harus benar – benar dipahami oleh semua kalangan masyarakat.

Untuk sebagian orang, istilah hutang piutang merupakan sesuatu hal yang kerap kali didengar sehari – hari. Pasalnya, kedua istilah ini pun lazim dipergunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dalam permasalahan perdagangan, bisnis maupun akuntansi.

Mengenal Apa Itu Hutang Piutang Secara Spesifik

Sebelum membahas hutang piutang dan perjanjiannya secara hukum, terlebih dahulu harus mengetahui penjelasan terperinci mengenai istilah tersebut.

Dari kedua istilah tersebut memang sering kali disebutkan secara bersamaan. Namun, pada kenyataannya istilah kata hutang dan piutang rupanya memiliki arti yang berbeda lho.

1. Kenali Istilah Hutang Yang Sering Digunakan

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya hutang atau utang ini ialah hak milik orang atau pun pihak lainnya yang ada di dalam dunia bisnis, baik berupa uang maupun produk atau jasa.

Hukum hutang piutang yang harus dipahami adalah bahwa Utang merupakan kewajiban yang mesti dilunasi dengan jangka waktu yang telah disepakati.

Uang mungkin bisa diberikan dalam bentuk pinjaman modal, kebutuhan sehari – hari atau pun yang lainnya. Di dalam pencatatan akuntasi, utang ini berada pada posisi kredit yang dapat mengurangi aset usaha di dalam kategori passiva.

Meskipun demikian, dalam proses penerapannya utang tidak dapat selalu dimaknai negatif dengan catatan harus bersifat produktif. Nah, yang dimaksud dengan utang produktif ini ialah mampu mendatangkan manfaat nyata pada usaha atau bisnis secara menyeluruh.

2. Istilah Piutang Memiliki Makna Berbeda

Apakah hutang piutang tanpa perjanjian tertulis dapat di tuntut selanjutnya bisa dilihat dari segi makna piutang.

Sebenarnya piutang di sini merupakan kebalikan dari utang, yang memiliki arti bahwa hak milik Anda yang masih berada di tangan orang lain, dalam bentuk uang atau pun penjualan yang belum bisa dibayar lunas.

Piutang juga dapat berupa bentuk pinjaman Anda yang diberikan kepada orang lain, bisa pula berupa tagihan yang masih belum dibayarkan dalam kurun waktu tertentu.

Nah, untuk pemberian piutang ini kepada orang lain harus dilakukan dengan adanya keterangan secara jelas dan juga terperinci, terlebih lagi tentang syarat maupun waktu jatuh temponya. Hal tersebut bermanfaat dalam proses penagihan piutang di kemudian hari.

Apakah Hutang Piutang Tanpa Perjanjian Tertulis Dapat Di Tuntut Begini Penjelasan Lengkapnya

Apakah hutang piutang tanpa perjanjian tertulis dapat di tuntut mungkin bisa dilihat dari berbagai hal dalam segi hukum. Berdasarkan pada pasal 19 ayat 2 UU nomor 39 tahun 1999, yang memberikan penjelasan mengenai tidak ada seorang pun dari putusan pengadilan yang boleh dipidana kurungan atau penjara atas alasan tidak mampu memenuhi kewajiban.

Nah, atas dasar pasal di atas maka sudah jelas bahwa seseorang yang berhutang dan tidak memiliki kesanggupan untuk membayarnya, tidak dapat dipidana penjara atau kurungan.

Bila dalam proses perjanjian hutang piutang didasari pada surat palsu atau pun keterangan palsu, maka bisa dikatakan sebagai perbuatan bohong atau pun tipu muslihat yang masuk ke dalam Pasal 378 KUHP.

Maka pihak yang melakukan tindakan tersebut bisa dilaporkan ke pihak kepolisian dan dikenakan sanksi pidana. Contoh surat perjanjian hutang piutang yang bisa dipidanakan inilah harus benar - benar Anda pahami.

Jikalau tidak segera melakukan tindakan pidana yang berdasarkan pada perjanjian utang piutang tersebut, maka mereka mesti bertanggung jawab sepenuhnya untuk segera menyelesaikan utang piutang kepada Anda secara keseluruhan.

Sementara itu, untuk bisa memintai pertanggung jawaban kepada mereka yang berhutang, Anda bisa mengambil upaya hukum berupa gugatan perdata yang berdasarkan pada cidera janji atau pun perjanjian yang hanya secara lisan saja.

Namun, dengan catatan penting hutang piutang yang menjadi masalah tersebut harus berdasarkan pada KUP Perdata pasal 1320.

Jika dilihat dari tuntutan tersebut, maka mereka yang berhutang harus bisa melampirkan adanya bukti perjanjian dan cedera janji dengan alat bukti saksi yang sesudah dengan peraturan UU. Selain adanya upaya perdata ini, Anda juga bisa langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Apakah hutang piutang tanpa perjanjian tertulis dapat di tuntut secara hukum memang berdasarkan pada asas perjanjian dari kedua belah pihak sehingga bisa ditindak lanjuti kedepannya.

Konsultasikan Masalah Hutang Piutang Tanpa Perjanjian Tertulis Pada Justika

Hutang piutang tanpa perjanjian tertulis dapat menjadi sengketa di kemudian hari. Untuk memahami lebih jauh, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni konsultasi chat, konsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka.

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.