Kontrak Bisnis Harus di Review - Memiliki perjanjian atau kontrak bisnis menjadi aspek penting untuk pemilik bisnis atau pelaku usaha, namun hal yang selalu terlewatkan oleh pemilik bisnis yaitu melakukan review terhadap isi perjanjian yang dilakukan.

Kontrak bisnis merupakan hal yang menyangkut hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam isi perjanjian tersebut, sehingga diperlukan kekuatan hukum untuk menjaga keutuhan perjanjian tersebut.

Kontrak bisnis harus di review oleh seorang advokat sebagai ahli hukum untuk melihat potensi-potensi risiko yang dapat sewaktu-waktu timbul di kemudian hari.

Terdapat banyak alasan penting mengapa kontrak bisnis harus di review, terlebih dilakukan oleh seorang ahli hukum atau advokat, berikut kami rangkum 3 alasan penting mengapa kontrak bisnis harus di review terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

Mitigasi Terhadap Risiko yang Dapat Timbul

Sebagian dari pemilik bisnis atau pelaku usaha mungkin akan melakukan perjanjian atau kontrak bisnis secara sederhana, dan tentu akan terlihat baik-baik saja. Akan tetapi, sebetulnya walaupun terlihat sederhana risiko atas masalah hukum akan tetap terjadi, mengingat konflik antara manusia sangat sulit dihindarkan.

Namun, jika melibatkan bantuan Advokat, seorang Advokat tentu akan membantu mengidentifikasi terkait risiko terutama dalam masalah hukum, dan Advokat akan melihat isi dari perjanjian tersebut kemudian akan menafsirkan hukum dan implikasinya dalam praktiknya nanti.

Pandangan terkait kontrak untuk sebagian pelaku usaha hanya melihat dari sudut pandang untung rugi sebuah usaha, tanpa memikirkan klausul-klausul yang menjadi mitigasi konflik jika suatu saat nanti timbul. Hal ini yang menjadi alasan mengapa kontrak bisnis harus di review terlebih dahulu oleh seorang Advokat.

Hal yang perlu Anda ingat adalah biaya jasa pengacara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi karena perjanjian bisnis yang berat akan jauh lebih besar, dibandingkan dengan melibatkan Advokat sebelum penandatangan kontrak bisnis.

Pelaku Usaha Akan Memahami Arti Kontrak Bisnis

Peran Advokat sebagai penasihat hukum, tidak hanya mengidentifikasi risiko bisnis yang mungkin terjadi dikemudian hari. Namun memberikan pemahaman akan batasan-batasan kekayaan intelektual atas suatu pekerjaan atau jasa akibat dari suatu kontrak.

Alasan kontrak bisnis harus di review oleh Advokat, dalam hal ini untuk menjaga dan mengamankan hak kekayaan intelektual yang dimiliki, dengan memasukan klausul-klausul yang tepat.

Memastikan Kontrak Bisnis Sesuai Dengan Ketentuan Hukum

Menyusun sebuah perjanjian atau kontrak terdapat syarat sah yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Hal ini sudah diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata. Dengan demikian, dibutuhkannya ahli hukum atau Advokat untuk melakukan review kontrak bisnis dan memastikan syarat-syarat yang harus terpenuhi dalam kontrak bisnis.

Para pihak yang terlibat dalam perjanjian atau kontrak bisnis memang memiliki kebebasan dalam melakukan kesepakatan, namun hal yang perlu diingat adalah harus tetap sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan tidak boleh melanggar atau bertentangan dengan Undang-Undang.

Baca Juga: Kapan Suatu Kontrak Dinyatakan Cacat Hukum?

Solusi Untuk Anda, Dengan Mempercayakan Review Kontrak Bisnis Kepada Justika!

Justika merupakan layanan hukum berbayar yang membantu memberikan solusi dan bantuan atas permasalahan hukum Anda seputar keluarga, pidana dan laporan polisi, pertanahan dan properti, masalah ketenagakerjaan, pembuatan kontrak kerjasama dan review dokumen hukum.

Dengan mitra advokat yang sudah diseleksi dengan ketat dan berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang hukum, Justika membantu memecahkan permasalahan dan menjawab kebingungan Anda terkait hukum. Temukan pemecahannya melalui beberapa layanan Justika!

Justika juga memiliki Mitra Advokat yang mampu diandalkan dalam membantu bisnis Anda terkait dengan legalitas sebuah usaha atau bisnis. Dari mulai review dokumen hukum, hingga kebutuhan lain yang terkait legalitas dalam sebuah bisnis dapat diselesaikan melalui legal business solution Justika. Mitra Advokat Justika yang akan membantu Anda dalam me-review dokumen tersebut memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun dalam hal me-review dokumen.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum.