Perihal peraturan perizinan usaha pemerintah melakukan pembaharuan terkait pendaftaran setiap kegiatan usaha mengenai pendaftaran OSS (Online Single Submission Risk Based Approach). Hal ini dilakukan demi menyesuaikan Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020, dengan dilakukannya pembaharuan sistem perizinan ini maka setiap badan usaha akan dikategorikan berdasarkan risiko dan skala kegiatan usahanya, dan salah satunya harus memiliki sertifikat standar OSS. Lalu bagaimana manfaat sertifikat standar OSS dalam kegiatan usaha ini?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat sertifikat standar OSS dalam kegiatan usaha, Anda sebaiknya memahami aturan hukum mengenai standar OSS tersebut. Setelah mengetahui aturan hukumnya, Anda akan sedikit memahami manfaat diadakannya pembaharuan sistem ini.

Aturan Hukum Mengenai Sertifikat Standar OSS

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 setiap kegiatan usaha dibagi menjadi empat kategori usaha, yaitu kegiatan usaha berisiko rendah, kegiatan usaha berisiko menengah, menengah rendah & menengah tinggi dan kegiatan usaha berisiko tinggi pada perizinannya harus memuat sertifikat standar OSS.

Berdasarkan peraturan tersebut tingkat risiko kegiatan usaha selain diharuskan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), maka harus memiliki juga sertifikat standar. Mengapa demikian? Karena sertifikat standar akan digunakan untuk menilai apakah pelaku usaha telah memenuhi standar yang telah ditetapkan dan sebagai bentuk legalitas usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya.

Peraturan tersebut diatur dalam Pasal 1 Angka 13 dan Pasal 13 Ayat 2 Peraturan Pemerintah No.5 2021.

Jenis Analisis Resiko Menurut Pasal 8 PP No. 5 tahun 2021

Mengenai peraturan OSS Risk Based Approached (OSS-RBA) yang telah disebutkan diatas, sudah dijelaskan bahwa setiap kegiatan usaha akan dikategorikan berdasarkan tingkat risiko kegiatannya. Kemudian berdasarkan Pasal 8 PP No.5 Tahun 2021 terdapat beberapa jenis analisis yang dilakukan diantaranya:

  • Identifikasi kegiatan usaha;
  • Tingkat bahaya usaha;
  • Potensi terjadinya bahaya;
  • Tingkat Risiko, dan peringkat skala usaha; dan
  • Jenis perizinan berusaha

Jenis Tingkat Risiko Usaha

Berdasarkan dari analisis yang dilakukan diatas berdasarkan ketentuan dalam Pasal 8 PP No. 5 Tahun 2021, maka tingkat risiko tersebut dibagi menjadi:

  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko rendah;
  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah rendah;
  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah tinggi; dan
  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko tinggi

Manfaat Sertifikat Standar OSS

Pemberlakuan dokumen perizinan tambahan mengenai beberapa kategori kegiatan usaha tentu saja akan memberikan manfaat khusus bagi pelakunya, terdapat dua manfaat utama terkait sertifikat standar oss dalam kegiatan usaha, diantaranya:

1. Menilai apakah pelaku usaha telah memenuhi standar yang ditetapkan

Penetapan standar kegiatan usaha dilakukan pemerintah, untuk memaksimalkan setiap pelaku usaha dalam hal aktivitas bisnisnya.

2. Bentuk legalitas pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha

Sebagai dokumen legalitas tambahan yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha, demi menunjang kegiatan bisnisnya.

3. Menjamin keberlangsungan usaha

Terakhir sebagai penjamin keberlangsungan usaha karena standar kegiatan usahanya telah ditetapkan berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah.

Demikian penjelasan mengenai manfaat sertifikat standar dalam kegiatan usaha, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Cara Mendapatkan Sertifikat Standar

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.