Mungkin banyak yang mengira bahwa manfaat dan keuntungan mengurus SNI hanya untuk konsumen saja untuk menaikkan sisi keamanan dan kepercayaan sebuah produk. Padahal masih ada beberapa keuntungan lainnya bahkan dari sisi perusahaan hingga pemerintah dengan adanya label SNI tersebut.

Keuntungan Mengurus Label SNI Bagi Produk

1. Menjamin Standar Kesehatan

Manfaat dan keuntungan mengurus SNI untuk sebuah produk yang pertama adalah guna menjamin standar kesehatan. Produk-produk yang digunakan yang berhubungan dengan kesehatan wajib memiliki sertifikasi SNI. Misalnya tempat makan, minum, hingga alat-alat yang berhubungan dengan kesehatan lainnya.

2. Menjamin Standar Keamanan

Selain dari segi kesehatan, segi keamanan juga menjadi prioritas untuk beberapa produk agar bisa memiliki sertifikasi SNI. Salah satunya seperti produk yang digunakan untuk pembangunan yang mana wajib bersertifikat SNI dikarenakan berhubungan dengan keamanannya ketika digunakan.

3. Menjamin Standar Keselamatan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Dalam penggunaan produk, keselamatan manusia tidak hanya menjadi prioritas saja melainkan juga ada keselamatan dari hewan hingga tumbuhan yang perlu diperhatikan dari awal proses pembuatan produk tersebut hingga bisa digunakan secara luas.

4. Menjamin Standar Pelestarian Lingkungan Hidup

Guna mendapatkan sertifikasi SNI, sebuah produk perlu melalui beberapa tahapan tes dengan beberapa indikator penilaian yang digunakan. Seperti proses hingga jenis bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Tujuannya guna mengetahui apakah ada bahan baku berbahaya yang seharusnya tidak digunakan dan berkemungkinan merusak lingkungan.

5. Membuat Persaingan Usaha yang Lebih Sehat

Manfaat dan keuntungan mengurus SNI juga memungkinkan persaingan usaha yang lebih sehat terutama untuk produk dan jasa dengan bidang yang sama. Sehingga produk dengan bidang yang sama perlu memiliki label SNI sebagai syarat agar bisa diperjualbelikan. Misal produk seperti helm yang mana wajib ber-SNI.

6. Meningkatkan Daya Saing

Secara tidak langsung, adanya label SNI juga memberikan keuntungan untuk meningkatkan daya saing dari sebuah produk atau jasa. Adanya label SNI membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keamanan, kenyamanan, hingga standarisasi sebuah produk. Sehingga kemungkinan produk tersebut untuk dipilih menjadi lebih besar. Bahkan tidak kalah dengan kualitas barang-barang impor.

Baca juga: 7 Produk yang Wajib Memiliki Sertifikasi SNI

7. Sebagai Keamanan Negara

Penggunaan label SNI juga bermanfaat untuk melindungi negara dari banyaknya barang-barang asing yang masuk tanpa tahu mengenai kualitasnya. Sehingga secara tidak langsung pemerintah juga melakukan pembatasan agar tidak sembarangan barang dari luar negeri bisa masuk ke Indonesia.

8. Keperluan Perkembangan Ekonomi Nasional

Adanya penggunaan SNI juga membantu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan para produsen akan berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya guna mendapatkan sertifikat SNI.

9. Syarat Mengikuti Tender Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Perusahaan yang sudah memiliki produk dengan lisensi SNI bisa memiliki peluang untuk mengikuti tender pengadaan barang dan jasa dari pemerintah. Hal ini akan sangat bagus untuk mulai melebarkan sebuah usaha agar lebih besar dan dikenal masyarakat luas.

10. Menjaga Reputasi Perusahaan

Manfaat dan keuntungan mengurus SNI yang terakhir bagi sebuah perusahaan adalah untuk menjaga reputasi perusahaan. Perusahaan yang sudah memiliki label SNI untuk semua produknya terutama yang termasuk dalam wajib SNI, membantu menjaga reputasi perusahaan karena sudah menjamin keamanan produk yang dijual.

Baca Juga: Sanksi Hukum Memperdagangkan Barang Tidak Sesuai SNI

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.