Memang setiap bentuk kerjasama usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal ini yang memaksa para pendirinya lebih bijak dalam menentukan kerjasama dalam bentuk apa yang akan dibuat. Tak terkecuali untuk kekurangan dan kelebihan persekutuan perdata yang bisa saja merugikan, atau menguntungkan pelakunya tergantung dilihat dalam perspektif apa.

Memang dalam menjalankan sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar dan tetap membutuhkan badan usaha lain untuk aktivitas usahanya, sehingga walaupun kekurangan dan kelebihan persekutuan perdata masih tidak dalam kategori rencana bisnis Anda, akan tetapi tetap menjadi alternatif untuk dipertimbangkan. Maka simaklah yang menjadi kekurangan dan kelebihan persekutuan perdata dibawah ini.

Kekurangan dan Kelebihan Persekutuan Perdata

Burgerlijke maatschap atau persekutuan perdata ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Keuntungannya adalah sumber modalnya didapat dari para anggota untuk meningkatkan kepercayaan kreditur. Sehingga keterampilan/ keahlian bertambah dan usaha semakin berkembang dengan pesat.

Melihat dari kelebihan persekutuan perdata tersebut tentu akan memberikan keuntungan dalam aspek lain, yang mana persekutuan perdata tidak perlu mengumpulkan modal dari pihak luar, karena setiap modal akan dikumpulkan oleh anggotanya.

Dimana dalam setiap usaha modal merupakan instrumen yang sangat penting, dan pengumpulan modal juga tidak dapat dilakukan dengan mudah. Pihak yang bersepakat melakukan persekutuan perdata, mesti tahu hal ini dan tidak akan ada kesulitan lagi untuk mengumpulkan modal.

Sedangkan kekurangannya adalah dalam Burgerlijke maatschap ini setiap tanggung jawabnya bersifat tidak terbatas. Selain itu, umurnya juga terbatas dan proses pengendaliannya masih lemah. Sehingga hal tersebut masih perlu diperhatikan lagi.

Tanggung jawab bersifat tidak terbatas disini bermaksud dalam hal hutang dan kewajiban dari perusahaan persekutuan tersebut. Misalkan jika suatu perusahaan yang dibangun oleh 3 sekutu dan gagal, setelahnya memiliki utang yang sangat tinggi, kemudian 2 antara sekutu tersebut tidak memiliki harta yang cukup untuk melunasinya, maka kreditur akan menagih seluruh hutang kepada pihak 3 sekutu.

Melihat kekurangan dan kelebihan persekutuan perdata tersebut tentu dapat memberikan pertimbangan, untuk Anda jika berniat melakukan persekutuan perdata. Karena dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan persekutuan perdata mampu melihat resiko mana yang lebih besar.

Baca juga: Syarat dan Cara Pendirian Persekutuan Perdata

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.