Ternyata tidak banyak yang tahu bahwa investor malaikat adalah salah satu sarana sebuah kickstarter bisa berjalan di Indonesia. Mayoritas para pengusaha awal lalai dan acuh terhadap potensi satu ini.

Alasannya simpel banyak orang merasa takut dan menganggap bahwa angel investor tidak jauh berbeda dengan loan shark. Padahal keduanya secara etimologi adalah hal berbeda dan masing-masing fungsinya juga tidak sama.

Oleh karena itu kami di sini akan membahas secara detail sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang benar. Karena investor malaikat adalah akan sangat disayangkan jika bidang bisnis terdapat kesalahan konsep dalam fundamentalnya.

Hal tersebut tentu saja akan membuat sebuah usaha berjalan stagnan dan kurang signifikan peningkatannya. Karena tanpa mengetahui konsep yang benar tentu saja akan cukup sulit untuk bergerak maju.

Apa Itu Investor Malaikat?

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut terminologi seperti ini tidak hanya investor malaikat saja. Ada yang menyebutnya angel, investor angel, pemodal malaikat dan banyak variasi lainnya.

Namun sebenarnya semuanya memiliki arti sama, sehingga investor malaikat adalah seorang atau kelompok pemodal besar yang mampu mendorong bergeraknya sebuah ide. Kenapa kami sebut ide, karena perusahaan tersebut pada dasarnya belum berjalan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa angel investor tersebut sudah berani memberikan modal pada sebuah ide saja. Mengapa mereka berani melakukan hal tersebut alasannya simpel karena memiliki banyak uang.

Ini adalah sebuah hal yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menjalankan usaha tanpa harus meminjam ke modal ventura. Posisi mereka pada dasarnya juga berada di tengah pola keuangan awal sebuah usaha.

Jadi posisi pertama tetap dari pelaku, kedua adalah pemodal mulia, dan ketiga biasanya modal ventura. Hirarki ini tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan dari sebuah bisnis ke versi lainnya.

Sehingga kita hanya dapat menjadikannya sebagai acuan teoritis saja karena pada praktiknya mungkin akan berbeda. Pada faktanya posisi pemodal mulia lebih sering menjadi yang pertama berjalan.

Ini adalah tren saat ini dan ada baik buruknya ketika diimplementasikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Kami akan membahas investor malaikat adalah pro dan kontra tersebut pada segmen lain agar lebih koheren dan detail.

Jadi sebagai pembuka Anda sudah mengerti seperti apa pemodal mulia dan bagaimana posisinya dalam bisnis. Ini adalah sebuah langkah yang sekarang sering diambil karena ternyata relatif lebih aman.

Perbedaan Investor Malaikat dengan Investor Biasa

Banyak orang ternyata juga gagal paham membedakan mana venture capitalist dan pemodal mulia. Memang jika melihat dari permukaan saja akan relatif sulit apalagi ketika tidak menggunakan dasar hukum dan etimologi.

Kita bisa melihat perbedaannya dari beberapa aspek mulai dari jumlah modal, tahapan investasi, sampai sumber dana. Jadi akan kami bahas secara detail sehingga Anda dapat menjadikannya sebuah referensi.

1. Jumlah modal

Perlu diketahui di Indonesia skala bisnis tentu akan berbeda jadi akan cukup relatif. Pada dasarnya venture capital akan berani menggelontorkan dana jauh lebih besar dan jumlahnya juga fantastis.

Di amerika biasanya venture capital berani memberikan suntikan sampai beberapa juta dolar. Sedangkan pemodal investor malaikat adalah mulia biasanya hanya pada kisaran puluhan ribu dolar saja.

2. Tahapan investasi

Ini sangat jelas terlihat dimana pemodal mulia masuk dalam tahapan awal sebuah usaha. Sedangkan venture capital hanya akan bergerak ketika sebuah usaha sudah terlihat potensinya.

3. Sumber dana

Modal ventura akan mengumpulkan anggaran investasi dari berbagai macam sumber. Jadi perusahaan tersebut sudah memiliki jalur keuangan sendiri yang memang digunakan berinvestasi.

Sedangkan angel mengeluarkan anggaran investasi tersebut rata-rata dari uang pribadi mereka. Jadi ini investor malaikat adalah cukup mencolok perbedaannya dan jangan sampai salah dalam memilih.

Beberapa angel belum tentu bisa kita samakan dengan investor biasa atau pemodal ventura. Jadi memang harus ada kejelian dan meneliti seberapa perlu kita menggunakan keduanya dalam menjalankan bisnis.

Karena ini akan cukup berpengaruh dalam jangka panjang ketika diimplementasikan langsung. Apabila Anda ingin menggunakan hal seperti ini setidaknya harus mengerti dulu fundamentalnya.

Ciri Utama Investor Malaikat

Secara umum pembahasan sebelumnya mengenai perbedaan juga dapat digunakan sebagai sebuah ciri utama. Karena pada praktiknya hal tersebut juga terjadi dan digunakan para kickstarter untuk mencari.

Namun sebagai catatan lebih kita perlu melihat dari mana arus modal yang investor tersebut gunakan. Jangan salah beranggapan bahwa investor malaikat adalah hanya sebatas orang yang punya uang menganggur saja.

Tentu tidak, di Indonesia rata-rata angel dipenuhi oleh para pengusaha yang memang berniat untuk memberikan percepatan bisnis. Tentu saja mereka juga mendapatkan gain dari posisi tersebut.

Kami akan membahas dua aspek penting yang perlu dipahami dalam melihat adanya potensi dari pemodal tersebut. Jadi Anda nanti bisa lebih jeli dan spesifik ketika hendak melakukan kickstart bisnis.

1. Kemandirian modal

Kemandirian terhadap modal ini bisa diperoleh dari berbagai aspek tidak hanya anggaran individu saja. Perlu dicatat bahwa investor malaikat adalah tidak harus selalu individu dan boleh sekelompok.

Jadi pada dasarnya mereka akan mengumpulkan modal dari individual gain masing-masing. Nantinya dana tersebut akan diberikan sebagai salah satu upaya melakukan kickstart.

2. Bidang yang digeluti

Rata-rata di Indonesia sekarang para pemodal malaikat lebih menyukai model bisnis tertentu. Jadi mereka sangat pemilih dalam melakukan investasi awal dengan kalkulasi kompleks.

Dari dua ciri spesifik tersebut dapat kita gunakan juga untuk membedakan mereka dengan venture capital. Jadi jika Anda memang membutuhkannya tentu akan relatif mudah dalam menentukan opsi.

Alasan Utama Perusahaan Lebih Memilih Investor Malaikat

Statement tersebut jangan dijadikan sebagai acuan karena belum tentu sebuah kickstart mencari pemodal malaikat. Jika dikatakan utama tentu saja ini jauh dari realita karena mereka menginginkan kontrol penuh.

Memilih belum tentu namun mengandalkan ini akan lebih cocok digunakan untuk menjelaskannya. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengapa ini menjadi salah satu tujuan utama mereka.

1. Loose money

Dalam istilah bisnis selalu ada istilah loose money terutama dalam konteks kickstart. Artinya sebuah korporasi belum tentu akan berdiri dan ini memang membutuhkan sokongan dana cukup kuat.

Hanya investor malaikat adalah yang bisa memberikan underlying cukup untuk membentuk dan menjalankan sebuah korporasi. Jadi mereka juga memahami risiko jika kickstarter gagal tentu uang bisa hangus.

Ini tentu saja akan sangat berbeda ketika dibandingkan dengan venture capital di mana istilah loose money tidak berlaku. Jadi anggaran dana harus selalu tetap berputar dan kembali apapun caranya.

2. Perjanjian pembayaran lebih santai

Biasanya para investor malaikat adalah akan memberikan opsi lebih santai ketika kita bandingkan dengan venture capita. Jadi pemilik kickstart tidak selalu harus membayar cicilan setiap bulan.

Ini tentu saja dapat menjadi salah satu langkah sehat sehingga sebuah korporasi dapat tetap bergerak. Jadi untuk masalah fleksibilitas dana dan pembayaran tentu bisa menjadi sebuah pertimbangan.

Dua alasan tersebut saja sudah cukup menjadi underlying sebuah kickstart lebih mengandalkan angel. Jadi nantinya ini akan memberikan kesempatan lebih lebar dalam mengembangkan bentuk usahanya.

Sektor Industri Usaha dengan Investor Malaikat Terbanyak

Jika konteks yang kita ambil hanya di Indonesia ternyata ada tiga sektor industri paling digemari oleh pemodal malaikat. IT, p2p, dan kuliner adalah tiga sektor industri paling deras kucuran dana dari pemodal malaikat.

Mengapa ketiganya digemari karena perputaran uang dari sektor tersebut relatif cepat dan juga aman. Misalnya kita ambil contoh p2p yang sekarang sedang menjamur di dalam negeri saja.

Dalam satu bulan perputaran uang bisa naik sampai tiga puluh persen dari total modal awal. Tentu saja ini adalah godaan investor malaikat adalah yang sangat manis untuk dilewatkan seseorang dengan pengetahuan bisnis.

Belum lagi IT di mana kita sendiri tahu bahwa sekarang Indonesia sedang kecanduan dengan sektor industri ini. Tidak hanya dari sains edu saja bahkan hiburan sudah masuk sektor IT misalnya penjualan personal.

Karena kecepatan perputaran uang tersebut maka para investor merasa yakin ketika hendak melakukan investasi dalam bidangnya. Ini juga memberikan rasa aman bagi para investor malaikat adalah untuk terjun langsung.

Salah satu industri paling kuno yang masih ramai peminat adalah kuliner ini karena alasan demografi saja. Di mana masyarakat Indonesia tidak pernah mudah lepas dari cita rasa sebuah makanan unik.

Syarat untuk Menjadi Investor Malaikat

Jika membahas secara teoritis akan sangat tidak masuk akal ketika diterapkan di Indonesia. Oleh karena itu kami akan memberikan syarat praktikal menjadi seorang Investor malaikat agar dapat dijadikan referensi.

1. Memiliki lose money

Di Indonesia setidaknya seseorang bisa dikatakan sebagai angel apabila memiliki loose money sebanyak 500 juta. Jadi anggaran tersebut dapat digunakan untuk memantik sebuah gerakan usaha.

Nantinya pemilik harus siap kehilangan sejumlah dana tersebut karena memang kategorinya lose money. Jadi ini adalah persyaratan mutlak yang perlu dimiliki sebelum investor malaikat adalah terjun ke sana.

2. Memiliki pengetahuan bisnis

Selain loose money pengetahuan bisnis juga dibutuhkan sehingga tidak hanya bermodalkan gila saja. Sebagai seorang malaikat Anda juga perlu mengetahui perhitungan dan peramalan prospek keuntungan.

Apabila tidak tentu akan disayangkan jika anggaran dana untuk pemantik tersebut terbakar sia-sia. Jadi ini mutlak perlu dimiliki sebelum terjun begitu saja pada sebuah bisnis.

3. Bergabung dalam sebuah asosiasi angel

Syarat ketiga ini sudah opsional karena tidak harus bergabung dalam sebuah asosiasi angel tertentu. Di Indonesia sendiri ada beberapa asosiasi investor malaikat adalah yang memang tempat berkumpul para angel.

Salah satunya adalah angin yang sudah berdiri sejak tahun 2011 sebagai salah satu pemantik usaha dari pihak non pemerintahan. Jadi ini bisa menjadi salah satu langkah tambahan.

Dengan mengetahui tiga hal tersebut artinya Anda sudah bisa bersiap dan memiliki target untuk ke sana. Namun jika lebih suka melakukan usaha mengapa harus bertindak gila seperti ini dengan menjadi angel.

Cara Menjadi Investor Malaikat di Indonesia

Ada banyak cara untuk menjadi seorang angel di Indonesia salah satunya adalah mengunjungi situs kickstarter. Ini adalah langkah modern yang sekarang populer dilakukan oleh pemodal baru.

Biasanya ketika kita mengunjungi sebuah situs pasti akan terlihat page investment atau hal berhubungan. Jika kita masuk dalam halaman tersebut pasti akan ada prosedur bagaimana menjadi salah satu pemodal.

Ini adalah langkah yang sering dilakukan para penyelenggara industri usaha IT modern dalam negeri. Sehingga investor malaikat adalah secara pasif bisa mendapatkan para pemodal yang memang tertarik untuk masuk.

Kemudian ada juga cara tradisional yaitu dengan langsung mendatangi badan usaha tertentu. Hal ini memang kedengarannya kuno namun perlu Anda tahu paling sering digunakan dalam negeri.

Jadi memang interaksi antara person to person masih sangat penting bagi para angel dalam negeri. Mereka akan lebih yakin ketika sudah datang dan langsung melihat sendiri bagaimana kondisi internal.

Pada praktiknya informasi mengenai kebutuhan investor malaikat adalah terhadap pemodal ini lebih sering dari mulut ke mulut. Jadi kami sarankan tingkatkan koneksi dalam bidang bisnis sehingga bisa mendapatkan referensi.

Kriteria Perusahaan yang Boleh Mendapatkan Investor Malaikat

Tidak ada kriteria tertentu yang diperlukan agar sebuah calon usaha mendapatkan investor malaikat. Perlu Anda ketahui bahwa sampai sekarang masih belum ada pembatasan mengenai angel investor.

Artinya negara memang membebaskan agar perkembangan bisnis dalam negeri berjalan secara optimal. Jadi investor malaikat adalah yang terjun langsung ke jalan dan cari calon kickstart yang sekiranya menjanjikan.

Tidak peduli apakah itu p2p, IT, kuliner, bahkan agensi ketenagakerjaan boleh mendapatkan pemodal malaikat. Ini adalah salah satu kemudahan dan kelebihan Indonesia dibandingkan negara lainnya.

Jadi memang belum ada regulasi yang mengatur secara spesifik investor malaikat adalah yang dilakukan secara independen. Lain cerita apabila kita berbicara masalah venture capital yang jelas sudah ada aturannya.

Ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan asupan dana segar guna melangsungkan usaha. Nantinya kebijakan seperti ini belum ada tanda akan diberikan regulasi terbaru.

Cara Mendapatkan Investor Malaikat

Akan kami berikan tiga cara mendapatkan pemodal malaikat yang paling mudah di Indonesia. Karena ternyata masih cukup banyak kickstarter yang terlalu kecil dan kesulitan mendapatkannya.

1. Koneksi

Ini adalah aspek pertama dan paling sering dipraktekkan di dunia usaha dalam negeri. Semakin luas koneksi investor malaikat adalah Anda terhadap para pemodal besar maka juga mudah mendapatkan.

2. Mendatangi asosiasi

Seperti sudah sebelumnya sedikit disinggung bahwa di Indonesia terdapat sebuah asosiasi yaitu angin. Asosiasi tersebut adalah wadah dari berbagai pihak yang mau menjadi pemodal malaikat.

Jadi ketika mendatangi asosiasi tersebut kita bisa menawarkan portofolio kickstarter sebagai pembuka. Apabila ada yang tertarik tentu saja mereka akan langsung menawarkan bantuan.

3. Promosi

Ini juga langkah yang sering diambil untuk mendapatkan investor malaikat adalah baru dalam sebuah bisnis. Langkah promosi kickstart ini sekarang juga mulai marak dengan banyaknya bazar kickstart di dalam negeri.

Tiga cara tersebut merupakan langkah paling mudah, cepat, dan masuk akal dilakukan di Indonesia. Jadi memang sedikit berbeda ketika disamakan dengan luar negeri karena regulasi disini masih sangat bebas.

Untung Rugi Investor Malaikat untuk Perusahaan

Beberapa keuntungan sudah kami singgung pada segmen alasan penggunaan pemodal malaikat. Namun disini ada beberapa poin spesifik yang perlu diketahui sebelum kita menggunakannya.

1. Keuntungan

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah dapat belajar langsung dari orang lebih berpengalaman. Ini karena rata-rata angel investor dalam negeri juga seorang pengusaha.
Jadi sebagai pelaku kickstart akan sangat bagus jika kita bisa sekaligus belajar langsung dari ahlinya. Pemilihan apa dan siapa yang masuk sebagai investor malaikat adalah hal penting untuk dilihat.

2. Kerugian

Ini yang masih belum banyak diketahui oleh para calon entrepreneur dalam negeri. Salah satu kekurangannya adalah kemungkinan mereka bisa melakukan akuisisi pada bisnis Anda.

Mengapa itu bisa terjadi, alasannya apabila dana mereka terlalu menonjol tentu saja secara hukum dapat dilakukan alih kepemilikan. Jadi akan cukup berisiko tergantung siapa yang kita ajak kerja sama.

Jadi dengan pertimbangan untung rugi tersebut Anda dapat melihat kembali bagaimana ketika nanti diimplementasikan. Apakah memang ini sifatnya urgent atau justru bisa lebih longgar.

Apakah WNA dapat Menjadi Investor Malaikat di Indonesia?

Tentu saja, sampai saat ini masih belum ada regulasi yang membatasi kewarganegaraan sebagai penghambat investasi independen. Jadi Anda boleh saja mengambil pemodal malaikat dari luar negeri.

Justru pada praktiknya ini sekarang lebih marak terjadi pada sektor industri IT dan teknologi mobile. Artinya Indonesia memang sengaja membebaskan para pengusaha baru untuk melakukan pengembangan.

Dengan masuknya modal secara masif dari berbagai sektor ini tentu akan mudah dan cepat memperoleh hasil. Jadi jika ada orang berkata bahwa pemodal independen asing merugikan tentu belum sepenuhnya benar.

Apabila memang merugikan bukankah negara akan memberlakukan dan membuat regulasi tertentu. Pada kenyataannya sampai sekarang angel investor masih bebas dari siapa saja yang berminat.

Dengan semua aspek tersebut tentu sekarang mata Anda akan menjadi lebih terbuka pada kasus ini. Bahwa investor malaikat adalah salah satu jalan mudah melakukan pengembangan usaha cepat, aman, dan fleksibel.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Uji Tuntas Korporat

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.