Wajib bagi Anda untuk mengetahui contoh surat pemutusan kerjasama yang baik dan benar sehingga bisa membuat yang bagus. Apalagi nantinya surat ini memiliki nilai hukum sehingga tidak bisa dibuat asal saja. Ditambah lagi surat ini sangat penting sekali dan sering digunakan dalam kegiatan bisnis ketika ingin melakukan pemutusan kerjasama.

Oleh sebab itu berikut beberapa contoh dari surat ini beserta hal-hal apa saja yang terkandung di dalamnya sehingga Anda tidak melakukan kesalahan. Sebab kesalahan sedikit saja yang dilakukan dalam pembuatan surat bisa membuatnya tidak sah dimata hukum. Hal seperti ini bisa memicu hal-hal buruk kedepannya.

Apa Itu Surat Pemutusan Kerjasama?

Tentunya surat pemutusan kerja merupakan salah satu surat yang menyatakan bahwa adanya pengaturan kontrak kerjasama dengan suatu pihak. Terdapat beberapa hal mengapa terjadinya pemutusan kerjasama ini. Biasanya Hal ini dilakukan ketika salah satu pihak melakukan kesalahan sehingga merugikan pihak yang lainnya.

Jadi surat pemutusan kerjasama ini biasanya dikeluarkan oleh petinggi di sebuah perusahaan. Apabila surat ini dikeluarkan maka bisa mengakhiri hak dan kewajiban sebuah pihak. Pastinya kehadiran surat ini ini sangat penting sekali karena bisa menjadi barang bukti apabila terjadi sebuah masalah dikarenakan surat tersebut memiliki nilai hukum.

Jadi sebagai pemilik perusahaan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis surat dan bagaimana cara membuatnya agar tidak melakukan kesalahan. Salah satu surat yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah contoh surat kontrak kerja.

Hal-Hal Yang Ada Di Dalam Surat Pemutusan Kerjasama

Berikut beberapa hal yang ada di dalam surat pemutusan kerjasama mitra. Sebenarnya apa yang terkandung di dalam surat ini biasanya sama seperti surat lainnya tetapi terdapat beberapa hal pembeda. Karena isi sebuah surat dipengaruhi dengan apa yang ingin disampaikan.

Jadi di dalam contoh surat pemutusan kerjasama ini sudah pasti harus ada kepala surat yaitu kop perusahaan yang mengeluarkannya. Kemudian ada nomor surat dan perihal, di mana perihal ini menunjukkan surat apa itu seperti surat pemutusan kerjasama. Selain itu akan ada nama orang yang dituju sehingga menghindari kesalahan pengiriman surat.

Kemudian ada isi surat yang menyatakan maksud dari surat tersebut, tidak lupa pula adanya ucapan terima kasih yang diberikan oleh orang yang mengeluarkan surat itu yaitu perusahaan. Kemudian akan ada tempat dan tanggal surat dikeluarkan dan tanda tangan dan nama orang yang mengeluarkan surat tersebut.

Oleh sebab itu inilah beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat surat ini.  Apalagi ada banyak sekali contoh surat pemutusan kerjasama bisa Anda temukan di internet sehingga bisa membuat yang bagus dengan mengikuti contoh.

Baca juga: Contoh Surat Kontrak Perjanjian Kerjasama

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.