Contoh laporan kegiatan penanaman modal – laporan kegiatan penanaman modal atau yang biasa disebut dengan lkpm merupakan laporan wajib yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Laporan ini nantinya akan berisi mengenai bagaimana perkembangan realisasi penanaman modal hingga apakah ada masalah yang terjadi dalam perusahaan tersebut.

Contoh laporan kegiatan penanaman modal tersebut akan dilakukan atau dilaporkan secara berkala. Jangka waktu pelaporannya sendiri adalah setiap 3 bulan sekali dan dimulai pada bulan Januari sebagai masa triwulan pertama.

Aturan hukum lkpm online ini sudah diatur dengan jelas pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 (c) mengenai Penanaman Modal. Selain itu juga sudah tertuang pada Peraturan BKPM Nomor 7 Tahun 2018 Pasal 7 (c) mengenai Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa contoh laporan kegiatan penanaman modal ini harus dilakukan oleh semua pelaku usaha. Namun ada juga yang tidak harus atau tidak wajib melakukan pelaporan. Siapa yang wajib lapor lkpm adalah semua pelaku usaha kecuali:

  • Perusahaan yang izin usahanya sudah tidak aktif kembali
  • Perusahaan dengan nilai investasi kurang dari lima ratus juta rupiah
  • Perusahaan dengan bidang asuransi, jasa keuangan, sektor migas dan perbankan.

Perusahaan tersebut tidak wajib untuk melakukan lkpm. Contoh laporan kegiatan penanaman modal ini bisa Anda dapatkan ketika Anda sudah melakukan pelaporan melalui laman www.lkpmonline.bkpm.go.id

Cara Lapor LKPM Online

Sebelum perusahaan melakukan pelaporan, maka perlu mendapatkan NIB terlebih dulu melalui laman OSS. Selain itu juga memiliki hak akses lkpm online melalui laman lkpm online.

Ada dua tahapan yang bisa dipilih untuk mendapatkan contoh laporan kegiatan penanaman modal online ini, yaitu tahapan konstruksi dan tahap produksi.

1. Tahap Konstruksi

Pada tahap ini merupakan tahap membangun. Sehingga perusahaan masih belum bisa memproduksi barang komersial. Perusahaan masih proses membangun dan mempersiapkan kebutuhan fisiknya seperti:

  • Pembangunan jalan, drainase, pabrik dan lainnya.
  • Pembelian tanah
  • Pembelian mesin, suku cadang, dll.
  • Biaya untuk merekrut tenaga kerja, dan biaya lainnya yang tidak termasuk dalam ketiga biaya diatas.

2. Tahap Produksi

Sedangkan pada tahapan ini perusahaan sudah mulai berproduksi dan siap untuk menjual produk yang dihasilkan tersebut ke pasaran. Namun sebelum itu, perusahaan wajib untuk mengisi form pernyataan siap berproduksi komersial online yang ada pada laman LKPM online.

Anda perlu mengisi tahapan tersebut yang memang sesuai dengan keadaan perusahaan. Dalam hal ini masuk dalam tahapan produksi atau konstruksi. Anda perlu mengisi semua tahapan tersebut dengan baik mengikuti instruksi yang ada pada laman tersebut untuk bisa mendapatkan contoh laporan kegiatan penanaman modal.

LKPM ini juga memiliki manfaat sebagai sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan BKPM. Sehingga BKPM bisa menindaklanjuti jika ada permasalahan dalam perusahaan. Jadi adanya contoh laporan kegiatan penanaman modal ini memang penting untuk mendukung keberlangsungan perusahaan Anda.

Sebelum membuat laporan pastikan Anda sudah memiliki perjanjian bagi hasil untuk melindungi kepentingan Anda sebagai pemberi modal. Apabila penanaman modal berupa bagi hasil berikut contoh perjanjian bagi hasil yang dapat Anda gunakan untuk melindungi kepentingan Anda.

Dokumen di atas adalah contoh. Buat perjanjian yang spesifik untuk kebutuhan bisnis Anda, lebih mudah dan murah dengan template dari advokat berpengalaman.

Baca Juga: Surat Perjanjian Konsinyasi Dengan Contoh Lengkap Di Dalamnya

Saat ini, Anda Dapat Memesan Dokumen Perjanjian Investasi Bagi Hasil di Justika

Berikut sample dari draft Perjanjian Investasi Bagi Hasil Justika. Dokumen ini, merupakan dokumen resmi untuk Anda yang memiliki kepentingan dalam kegiatan investasi bagi hasil.

Kenapa Memesan Dokumen Perjanjian Investasi Bagi Hasil Di Justika?

1. Hemat Waktu dan Biaya

Buat dokumen perjanjian lebih efisien dengan template spesifik untuk bisnis.

2. Kustomisasi dengan Mudah

Sesuaikan isi perjanjian dengan kebutuhan, tanpa pengetahuan hukum sekalipun.

3. Dibuat dan Disetujui Advokat

Dapatkan proteksi hukum dengan template yang legal dan terpercaya.

4. Privasi Terjaga

Keamanan data dan privasi Anda terjaga.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Anda juga dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.