Cara menyelesaikan sengketa rahasia dagang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal ini sudah disesuaikan dengan peraturan kementerian hukum dan ham. Agar mudah memahaminya, akan kami berikan ilustrasinya.

Misalnya, dalam kasus rahasia dagang, dimana Restoran Adi Jaya mempunyai sebuah resep makanan bernama Tahu gulung. Seiring berjalannya waktu, Restoran berkah juga mempunyai menu hampir sama.

Diberi nama Tahu bundar, dimana dari segi penampilan memang berbeda, tetapi rasa sangat autentik termasuk kondimen didalamnya. Jika, nanti dibedah sekitar 90% hampir mirip. Hal ini memunculkan indikasi meniru.

Karena, keduanya tidak terlibat dalam perjanjian lisensi mengenai resep tersebut. Dari kasus diatas penyelesaiannya bisa dilakukan dengan langkah seperti di bawah ini. Sesuai dengan UU yang sudah ditetapkan.

Cara Menyelesaikan Sengketa Rahasia Dagang Tahap Awal

Poin pertama dilihat terlebih dulu, apakah resep tahu tersebut merupakan bagian dari rahasia dagang. Sebelum menjelaskan lebih jauh, Anda harus paham terlebih dulu apa yang dimaksud dengan konsep diatas.

Menurut UU Rahasia dagang merupakan informasi yang tidak boleh diketahui oleh siapa saja, kecuali karyawan sendiri. Biasanya hanya orang tertentu saja baik itu secara teknologi atau bisnis lain.

Artinya, produk ini cukup perusahaan tersebut saja yang tahu, dalam kasus diatas adalah Restoran Adi Jaya. Karena, memiliki nilai ekonomi yang tidak sedikit, dan informasinya benar-benar ditutup rapat.

Agar tidak ada yang meniru, dalam persaingan bisnis memang sudah biasa dan wajar adanya. Untuk produk semacam ini biasanya jangka waktunya tidak terbatas, walaupun sudah banyak yang membuat tetap rahasia.

Seperti yang disampaikan keduannya sejak awal tidak memiliki perjanjian lisensi. Maka, bisa diindikasikan sebagai pelanggaran hukum karena, sudah meniru tanpa izin. Cara penyelesaian sengketa secara rahasia dagang dengan menggugat.

Biasanya, mereka meminta ganti rugi karena, apa yang dilakukan tersebut sudah termasuk merugikan. Bisa melalui pengadilan dengan melayangkan surat secara resmi dan memberikan berbagai petunjuk atau semua kegiatan dihentikan.

Artinya, Restoran berkah tidak diperkenankan kembali untuk membuat tahu bulat tersebut. Andai saja mereka memang terbukti bersalah karena, sudah mencuri resep secara sengaja. Untuk prosesnya cukup panjang.

Proses Penyelesaian Sengketa Rahasia Dagang 

Pihak pengadilan tidak akan percaya begitu saja, tetapi mereka akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai hasil laporan serta berbagai bukti tersebut. Dimana, petugas mencoba memeriksa secara lengkap.

Apa saja bahan yang digunakan, kemudian cara mengolahnya bagaimana, termasuk dari sisi waktu. Misalnya, merebus tahu terlebih dulu selama 15 menit nanti hasilnya akan sekian. Hingga, langkah terakhir penyajian.

Jika, dirasa autentik sekitar 80% semua hampir sama, bisa dipastikan konsepnya meniru, kecuali bila Restoran berkah mempunyai bukti bahwa, resep itu sudah lebih dulu dibuat dibandingkan Restoran Adi jaya membuatnya.

Misalnya, sudah ditulis turun-temurun, walaupun tidak mencantumkan tahun, namun pihak berwajib tahu bahwa, usia kertas dan tulisan dibuat pada tahun berapa. Kalau sudah begini, mereka bisa lepas dari tuntutan.

Bahkan, bisa menuntut balik sebagai pencemaran nama baik. Tetapi, jika semua itu benar maka, hukuman berat sudah siap dilayangkan. Antara ganti rugi sekian ratus juta atau kegiatannya dibekukan untuk sementara.

Untuk dendanya sesuai dengan ketentuan UU kurang lebih selama 2 tahun dan ganti rugi berupa uang sebesar Rp300 juta. Tidak hanya pengadilan negeri, Restoran Adi Jaya juga bisa mengajukan arbitrase.

Cara Menyelesaikan Sengketa Rahasia Dagang Tahap Dua

Pemecahan sengketa dengan proses arbitrase ini merupakan langkah duduk berdua dan berdiskusi untuk mencapai kata sepakat. Jadi, konflik tersebut dapat diselesaikan tanpa harus berurusan dengan polisi atau peradilan umum.

Biasanya melalui kuasa hukum Restoran Adi Jaya akan melayangkan surat kepada restoran berkah untuk klarifikasi mengenai dugaan melakukan pencurian resep. Bila dalam tiga kali surat tidak ada respons bisa somasi.

Jika, memang mereka diam begitu saja setelah surat somasi datang tiga kali, baru kuasa hukum akan mengajukannya ke pengadilan. Pada proses abitrase ini keduanya harus mencapai kata sepakat terlebih dulu.

Dua langkah ini bisa dilakukan dan secara hukum sah. Cara menyelesaikan sengketa rahasia dagang memang butuh waktu, tetapi setidaknya permasalahan dapat selesai secara kekeluargaan atau di pengadilan.

Saat ini Anda dapat membuat dokumen dengan Mitra Advokat terkait Template Perjanjian, terutama perihal Non Disclosure Agreement. Dengan menggunakan Layanan All Template Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.